Home / Serba Serbi

Jumat, 22 April 2022 - 21:10 WIB

Ribuan Peserta Mengaji Bersama di Tepian Sungai Mahakam

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com –  Gerakan Etam Mengaji Al-Qur’an (Gema) yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) di Taman Kota Raja dan sepanjang turap tepian Mahakam, Jum’at (22/4/2022) sore diikuti ribuan pelajar, mahasiswa dan masyarakat Tenggarong. 

Acara yang diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an surah Al-Baqarah oleh Bupati Edi Damansyah kemudian dilanjutkan oleh semua peserta ngaji secara bersama-sama. 

Bupati Edi Damansyah mengatakan kegiatan mengaji Al-quran bersama ini merupakan ide bersama para ustaz, ustazah, dimana Pemkab Kukar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memfasilitasi dan mewujudkan atas gagasan dan ide tersebut, sehingga terlaksanalah kegiatan mengaji massal ini. 

Baca Juga :  Kejari Kukar Musnahkan 250 Ton Batu Bara Hasil Tambang Ilegal

“Jadi kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen Pemkab Kukar dalam melaksanakan program keagamaan yang salah satunya program Gerakan Etam Mengaji (Gema),” kata Edi. 

Edi Damansyah, menjelaskan, Gema Kukar akan menjadi agenda rutin. Terlebih telah resmi dimasukan dalam  Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2021, sehingga bisa berlanjut di 193 desa, 44 kelurahan yang ada di 18 kecamatan di seluruh Kukar.

“Terimakasih kepada Ketua dan Anggota DPRD Kukar yang telah mendukung program-program Pemkab Kukar, salah satunya program Gerakan Etam Mengaji yang telah diperdakan ini” jelasnya. 

Baca Juga :  Jabat Kapolres Kukar, AKBP Hari Rosena Sampaikan Program Kerja

Menurutnya momentum mengaji Al-Qur’an bersama merupakan rangkaian peringatan Nuzulul Qur’an agar dapat menjadi motivasi dan penyemangat untuk mempelajari Al-Qur’an lebih mendalam. 

Edi berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini sebagai wujud kerja bersama agar generasi muda Kukar menjadi generasi yang Qur’ani.  Selain itu program Gema yang sudah berjalan di sekolah-sekolah, di satuan-satuan pendidikan, di instansi pemerintah, di tengah-tengah masyarakat bisa berjalan dengan baik. 

“Kita berdoa mudah-mudahan apa yang kita kerjakan sore hari ini adalah bagian dari kontribusi dari seluruh warga masyarakat untuk mensukseskan gerakan etam mengaji di Kabupaten Kutai Kartanegara” ucapnya.

Share :

Baca Juga

Serba Serbi

Keluarga Bubuhan Banjar Se-Dunia Gelar Pra Kongres di Balikpapan

Serba Serbi

Inovasi Pengusaha Muda Hasilkan Uang di Tengah Gempuran Pandemi Covid-19

Serba Serbi

Pimpin KBBKT Safari Ramadan di Paser, Irianto Lambrie Sebut Sambutan Begitu Hangat

Advertorial

PT MKI – MHU Bersama Polresta Samarinda Bantu Musdalifah Agar Terus Sekolah

Serba Serbi

Warga Kelurahan Loa Ipuh Gotong Royong Bersihkan Sampah di Sungai

Pemerintah

Dewan Masjid Memiliki Website dengan Fitur Pemetaan Kemiskinan Wilayah

Serba Serbi

“BMX For Fun” Sukses Digelar di Kukar, Diharapkan Jadi Event Berkelanjutan

Serba Serbi

KORMI Kukar Gelar Turnament Olahraga Tradisional untuk Kesiapan Atlet di Fornas 2022