Home / Serba Serbi

Jumat, 22 April 2022 - 21:10 WIB

Ribuan Peserta Mengaji Bersama di Tepian Sungai Mahakam

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com –  Gerakan Etam Mengaji Al-Qur’an (Gema) yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) di Taman Kota Raja dan sepanjang turap tepian Mahakam, Jum’at (22/4/2022) sore diikuti ribuan pelajar, mahasiswa dan masyarakat Tenggarong. 

Acara yang diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an surah Al-Baqarah oleh Bupati Edi Damansyah kemudian dilanjutkan oleh semua peserta ngaji secara bersama-sama. 

Bupati Edi Damansyah mengatakan kegiatan mengaji Al-quran bersama ini merupakan ide bersama para ustaz, ustazah, dimana Pemkab Kukar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memfasilitasi dan mewujudkan atas gagasan dan ide tersebut, sehingga terlaksanalah kegiatan mengaji massal ini. 

Baca Juga :  Bupati Edi Damansyah Melakukan Pelepasan Atlet Kukar untuk Mengikuti Porprov ke- VII di Berau

“Jadi kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen Pemkab Kukar dalam melaksanakan program keagamaan yang salah satunya program Gerakan Etam Mengaji (Gema),” kata Edi. 

Edi Damansyah, menjelaskan, Gema Kukar akan menjadi agenda rutin. Terlebih telah resmi dimasukan dalam  Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2021, sehingga bisa berlanjut di 193 desa, 44 kelurahan yang ada di 18 kecamatan di seluruh Kukar.

“Terimakasih kepada Ketua dan Anggota DPRD Kukar yang telah mendukung program-program Pemkab Kukar, salah satunya program Gerakan Etam Mengaji yang telah diperdakan ini” jelasnya. 

Menurutnya momentum mengaji Al-Qur’an bersama merupakan rangkaian peringatan Nuzulul Qur’an agar dapat menjadi motivasi dan penyemangat untuk mempelajari Al-Qur’an lebih mendalam. 

Baca Juga :  Respon Cepat Pemkab Kukar Atasi Kelangkaan Pupuk, Wabup Rendi Berikan Bantuan 217 Ton Pupuk kepada Petani

Edi berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini sebagai wujud kerja bersama agar generasi muda Kukar menjadi generasi yang Qur’ani.  Selain itu program Gema yang sudah berjalan di sekolah-sekolah, di satuan-satuan pendidikan, di instansi pemerintah, di tengah-tengah masyarakat bisa berjalan dengan baik. 

“Kita berdoa mudah-mudahan apa yang kita kerjakan sore hari ini adalah bagian dari kontribusi dari seluruh warga masyarakat untuk mensukseskan gerakan etam mengaji di Kabupaten Kutai Kartanegara” ucapnya.

Share :

Baca Juga

Bisnis

Pemprov Kaltim Berikan Emas PROPER kepada 14 Perusahaan Saat Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Bisnis

Aulia Rahman Basri Ajak Mahasiswa FT Unmul Siapkan Diri Sambut IKN Melalui Kolaborasi Inovasi Industri

Pemerintah

Kejari Kukar dan Puskesmas Rapak Mahang Menjalin Kerjasama Dalam Pencegahan Stunting

Politik

Frederick Edwin Menyalurkan 1,5 Ton Beras Kepada Warga di Kecamatan Penyinggahan, Bantuan Terus Berlanjut Merata di 16 Kecamatan

Advertorial

PT MKI – MHU Bersama Polresta Samarinda Bantu Musdalifah Agar Terus Sekolah

Advertorial

Wahana Waterboom Sedang Dibangun di Pulau Kumala, Pembenahan Objek Wisata Andalan Ini Terus Dilakukan

Hukum - Kriminal

Penghitungan Surat Suara Ulang untuk 43 TPS di Kukar Menggunakan Tiga Panel

Serba Serbi

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, KBB Kukar Turut Berbagi di Panti Asuhan