Home / Pemerintah / Serba Serbi

Kamis, 1 September 2022 - 11:34 WIB

Festival Samboja Expo Nusantara jadi Ruang Bagi Seniman Sekaligus Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

KUTAI KARTANEGARA , eksposisi.com – Festival Samboja Expo Nusantara yang berlangsung di kawasan Pasar Rakyat Kuala Samboja resmi ditutup Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin pada Rubu (31/08/2022).

 

Festival yang dilaksanakan selama 12 hari  ini bertujuan untuk memberikan ruang untuk berkreasi dan beraktivitas bagi generasi muda dalam menciptakan peluang usaha dan menggerakkan perekonomian daerah.

 

Rendi Solihin mengungkapakan Samboja Expo merupakan wujud dari Program Kukar Kaya Festival (K3F) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

 

“Banyak efek positif yang bisa dirasakan masyarakat secara langsung di dalam Program Kukar Kaya Festival, terutama peningkatan ekonomi khususnya di wilayah sekitar dilaksanakannya Samboja Expo ini,” ujar Rendi Solihin.

Baca Juga :  Permudah Proses Pendaftaran BPJS Kesehatan, Dinsos Kukar Terbitkan Juknis Baru

 

Menurutnya peningkatan perekonomian masyarakat melalui K3F ini bisa dilihat dari ramainya pedagang dan pembeli di kawasan Expo Samboja.. Ia mengungkapkan para pedagang di sekitar lokasi event bisa meraup omzet hingga Rp 20 juta setiap harinya. Sehingga perputaran ekonomi di sekitar penyelenggaraan Expo Samboja tersebut sangat berefek bagi masyarakat sekitar.

 

“Artinya perputaran ekonomi di wilayah penyelenggaraan Expo ini sangat mempengaruhi peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

 

Selain mempengaruhi perputaran ekonomi, event ini juga dirasakan bagi pelaku seni dan budaya lokal. Dengan adanya Expo Samboja pelaku seni diberi ruang untuk menampilkan bakatnya dihadapan ribuan pengunjung yang hadir.

Baca Juga :  Dinas PU Kukar Melakukan Perbaikan Jalan Antar Desa di Kecamatan Tenggarong Seberang

 

“Musisi sekarang khususnya di wilayah Samboja sudah bangkit kembali. Anak-anak kita yang latihan menari setiap hari bisa ditampilkan di panggung semegah Samboja Expo ini,” ucapnya.

 

Pada penutupan Expo Samboja penyelenggara event menghadirkan penyanyi terkenal Denny Caknan, yang berhasil membuat ribuan penonton menyanyi bersama. Saat Denny Caknan membawakan lagu andalannya yang berjudul Los Dol, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin pun ikut berjoget di atas panggung bersama jajaran pejabat diikuti ribuan masyarakat untuk menikmati lantunan musik dangdut tersebut.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Ingatkan Pentingnya Implementasi Perda Perlindungan Anak

Advertorial

Disdikbud Kukar Beri Apresiasi dan Dukungan Atas Terselenggaranya Festival Topeng Nusantara

Advertorial

Pantai Tanah Merah Penyumbang PAD Terbesar Sektor Pariwisata di Kukar

Advertorial

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Ungkap Kendala Pembangunan Infrastruktur Sekolah di Daerah 3T

Advertorial

Festival Seni Budaya Nusantara di Muara Badak Hadirkan Jamrud, Wabup Kukar Ajak Masyarakat Meramaikan Event

Advertorial

Tujuh Pokdarwis Bakal Mendapat Bantuan Sarpras dari Dispar Kukar

Infrastruktur

Peningkatan Gang Mushollah Selesai Berkat Anggota DPRD Kutim, Warga Menggelar Syukuran di Jalanan

Advertorial

Wabup Tegaskan Atlet Peraih Medali yang Harumkan Nama Kutim Harus Diberikan Bonus