Home / Pemerintah

Jumat, 3 Juni 2022 - 13:50 WIB

TIFAF 2022 akan Digelar Juli, Didukung Langsung Kemeparekraf RI

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) pada bulan Juli mendatang. Festival yang biasanya digelar bersamaan dengan Erau ini digelar lebih cepat dan terpisah. Event ini rencananya digelar selama lima hari, yakni tanggal 20-24 Juli 2022.

Dispar Kukar akan berkoordinasi dan mengelar rapat dengan instansi lainnya seperti Satgas Covid-19, Polres Kukar, Kodim 0906/KKR, komunitas dan pengiat usaha. Hal ini dilakukan agar semua lembaga saling singkron. Sehingga, jika mendapat izin dari Satgas Covid-19, tidak ada lembaga lain membatasi ruang gerak atau membubarkan kegiatan.

Baca Juga :  Berbekal Pengalaman Sebagai Aktivis Lingkungan, Anggota DPRD Kutim Jadi Pematari Dalam Seminar Kehutanan

“Kita tetap komitmen dengan protokol kesehatan, tetapi jangan sampai nanti menjadi ganjalan. Disatu sisi kita mendapatkan izin tetapi ada yang membatasi gerak sehingga tujuan dan sasaran yang ingin dicapai tidak bisa maksimal,” kata Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadirahardjo.

TIFAF mendapat dukungan langsung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, sehingga menjadi salah satu event yang masuk dalam Karisma Event Nusantara.

Direncanakan, Menteri Parekraf  bakal hadir dalam penilaian Desa Pela yang masuk 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Maka jadwal TIFAF dan penilain ADWI Desa Pela disamakan.

Baca Juga :  Bupati Kutim Menyampaikan Nota Penjelasan Rancangan APBD 2024 Pada Sidang Paripurna DPRD

“TIFAF belum final, untuk kirab budaya di kedaton, untuk pembukaan di taman kota raja, untuk alurnya tetap di rondong demang,” jelasnya.

Kemudian Slamet menjelaskan, pihaknya akan melibatkan 6 negara namun karena kondisi pandemi sehingga rekomendasi tidak dikeluarkan. Jadi dibuat hybrid, ada offline dan online. Sedangkan kesenian dari berbagai provinsi di Indonesia melalui siaran tapping yang ditujukan untuk Tifaf.

“Penggantinya jadi kesenian nusantara. Ada beberapa provinsi yang sudah di undang untuk mengisi festival tifaf. 18 kecamatan di Kukar juga kita undang,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Bupati Kutim Melakukan Ground Breaking Pembangunan Empat Sistem Drainase

Advertorial

Ikuti Donor Darah, Diskominfo Kukar Berpartisipasi Sukseskan PMI Idaman

Advertorial

Bantu Perangi Narkoba, Pemkab Kukar Siapkan Lahan Hibah Untuk BNN

Advertorial

Wabup Rendi Solihin Bersama Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan di Dua Kecamatan

Advertorial

Maksimalkan Potensi Lokal, Pembentukan Kepengurusan Kekraf Kecamatan Terus Dikebut

Advertorial

BPBD Kukar Usulkan Armada Pemadam Kebakaran Khusus yang Bisa Beroperasi di Perairan

Advertorial

Anggota DPRD Kaltim Imbau Masyarakat Hadapi Pemilu 2024 Secara Bijak

Advertorial

Silaturahmi Bersama Kepala BNNP Kaltim, Bupati Ingin Kantor BNNK Bisa Dibangun di Kukar