Home / Pemerintah

Selasa, 7 Desember 2021 - 14:37 WIB

Wabup Kukar Minta OPD Mulai Persiapkan Kelengkapan Lelang

EKSPOSISI.COM, KUTAI KARTANEGARA – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin menghadiri acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2022 di Ballroom Hotel Mercure Samarinda pada Senin (6/12/21).

Diketahui, penyampaian DIPA dan TKDD ini diserahkan lebih awal. Ini merupakan komitmen pemerintah untuk melakukan akselerasi pemulihan dan transformasi ekonomi lebih cepat.

Pada acara tersebut, Satker ataupun lembaga, dan pemerintah daerah dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik pada Tahun Anggaran 2021 menerima penghargaan. Dengan kategori kinerja pengelolaan belanja barang dan belanja modal terbaik, kategori kinerja rekonsiliasi laporan keuangan tingkat Satker, kategori kinerja rekonsiliasi laporan keuangan tingkat wilayah, dan kategori penyusunan laporan keuangan tingkat wilayah Semester Pertama.

Baca Juga :  Kiprahnya Diapresiasi, Dua Warga Diangkat jadi Tokoh Besar Kecamatan Tabang

Kinerja terbaik dalam hal pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik diberikan kepada kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), kinerja terbaik dalam hal Pengelolaan Dana Desa terbaik diraih oleh Kabupaten Berau. Penghargaan juga diberikan kepada seluruh Kabupaten/Kota agar termotivasi memberikan kinerja terbaik dalam pelaksanaan anggaran di masa-masa mendatang

Gubernur Kaltim Isran Noor dalam sambutannya mengatakan, serah terima DIPA dan TKDD 2022 diharapkan dapat digunakan dengan efektif dan akuntabel untuk mengakselerasi pembangunan serta pemerataannya di seluruh wilayah Kalimantan Timur.

“Setiap Satker dan OPD pengelola dana APBD harus betul-betul manfaatkan alokasi dana yang telah diberikan dalam rangka percepatan, pertumbuhan dan pemerataan pembangunan di Kaltim,” ungkapnya.

Isran juga menekankan pentingnya mewujudkan belanja pemerintah yang berkualitas, agar output dan outcome-nya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Baca Juga :  Penanaman Padi Perdana Varietas Mikongga Menggunakan Mesin Rice Transplater

Wabup Kukar Rendi Solihin berharap, DIPA dan Alokasi Dana TKDD Tahun 2022 bisa lebih fleksibel penggunaannya mengingat saat ini masih belum pulih sepenuhnya dari pandemi Covid-19. Untuk menyambut tahun 2022 banyak yang perlu diperhatikan dan disiapkan untuk pemulihan ekonomi.

“Saya minta seluruh OPD untuk segera mempersiapkan kelengkapan lelang dan bagi penggunaan anggaran bisa lebih diperhatikan dan lebih fleksibel dalam penggunaanya, tak usah terlalu kaku tapi sesuai dengan aturan,” kata Rendi.

Seluruh OPD sudah bisa mulai menyiapkan proses lelang pada akhir Desember atau awal Januari, sehingga kegiatan sudah bisa terealisasi di bulan Februari atau Maret tahun 2022.

“Dengan begitu, perputaran uang di Kukar juga bisa berjalan dengan lebih baik,” ucapnya.

 

 

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Kukuhkan Kepala Adat di Tabang,Bupati Kukar Dukung Kelestarian Adat dan Budaya

Pemerintah

Bupati Kukar Bagikan Alat Tangkap Ikan dan Mesin Ketinting di Desa Melintang

Pemerintah

Bupati Kukar Mengajak Seluruh Lapisan Terus Melakukan Budaya Gotong Royong

Pemerintah

Bupati Kukar Ingin Kawasan Pertanian Menggunakan Konsep Mekanisasi Penuh

Pemerintah

Hingga Januari Capaian Vaksinasi di Kukar 70 Persen Lebih

Pemerintah

Bupati Kukar Apresiasi Kerja Keras Petani dan Nelayan

Pemerintah

Hadiri Musrenbang di Kecamatan Muara Kaman, Dewan Beber Keluhan Warga

Pemerintah

Kukar Juara Umum MTQ Kaltim Lima Kali Berturut-turut, Piala Diarak Keliling Sebagai Bentuk Euforia