Home / Pemerintah

Rabu, 23 Februari 2022 - 21:08 WIB

Kukuhkan Kepala Adat di Tabang,Bupati Kukar Dukung Kelestarian Adat dan Budaya

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah kukuhkan M Daleq Jempung Liu sebagai Kepala Adat Besar Pemangku Adat Besar Dayak wilayah Kecamatan Tabang ditandai dengan pemasangan bluko (topi mahkota-red) di Desa Long Lalang Kecamatan Tabang, Selasa (22/2/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan turut dihadiri Dandim 0906 KKR Letkol Inf Jeffry Satria, Wabup Kukar Rendi Solihin, Anggota DPRD Kukar Betaria Magdalena, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar Rinda Desianti, Camat Tabang Paisyal, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Tabang.

Atas nama Pemkab Kukar, Bupati Edi Damansyah mengucapkan selamat kepada kepala adat besar Dayak wilayah Tabang yang baru saja dikukuhkan. Bupati berharap semoga apa yang telah dilakukan tersebut menjadi amal ibadah dan memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya yang berada di Kecamatan Tabang.

Baca Juga :  Dukung IKN di Kaltim, Ahli Waris Tiga Pilar Kesultanan Kutai Bawa Air dan Tanah untuk Kendi Nusantara

Kedepan dibawah kepemimpinan Muhammad Daleq, tradisi, seni dan budaya leluhur yang ada di Kecamatan Tabang mampu dipertahankan, ditingkatkan dan dapat diperkenalkan secara lebih luas lagi, bukan hanya di Kukar namun juga hingga tingkat nasional, sehingga tradisi, seni dan budaya leluhur yang ada tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kukar.

Lebih lanjut, Bupati Edi Damansyah mengapresiasi serta memberikan penghargaan dan terima kasih kepada masyarakat adat Tabang yang sudah berkontribusi dalam melestarikan adat istiadat, budaya serta tradisi luhur yang ada. Dan dalam menjaga kondisi kantibmas diwilayah Kecamatan Tabang berjalan dengan baik selama ini.

Bupati Edi Damansyah meminta dengan telah dikukuhkannya kepala adat besar wilayah Tabang, kedepan apa yang menjadi titik lemah dari sistem kinerja terdahulu agar segera ditutup, dan membuka lembaran baru dengan sistem kerja bersama (Kerja kolaborasi-red).

Baca Juga :  Kejati Kaltim Gelar Duta Pelajar Sadar Hukum Tuna Daksa di Kukar

“Saya optimis dengan tangan dingin saudara saya ini akan bisa membawa perubahan, akan bisa membawa peningkatan khususnya untuk menjaga tradisi, seni dan budaya serta bisa berkontribusi dalam mendukung mensukseskan program pembangunan daerah khususnya yang ada di Kecamatan Tabang,” ungkap Bupati Edi Damansyah.

Edi Damansyah juga berharap keberadaan lembaga kepala adat besar tersebut bisa membangun komunikasi dan koordinasi yang harmonis baik dengan pemerintah daerah maupun dengan mitra pemerintah daerah seperti dunia usaha yang merupakan salah satu pilar penting pembangunan yang ada di daerah.

“Saya berharap keberadaan investasi yang ada di Kukar khususnya Kecamatan Tabang ini bisa dijaga, bisa dikawal oleh masyarakat bersama-sama dengan masyarakat adat dan lembaga adat yang dibawahi Kepala Adat Besar Dayak Kecamatan Tabang,” ungkap Edi Damansyah.

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Bupati Kukar Melapas 167 Jemaah Haji dari Kloter 5

Pemerintah

Ngapeh Hambat : Birokrasi dan ASN Kunci Keberhasilan “Kukar IDAMAN”
Istimewa

Advertorial

Sekkab Kukar Harapkan Pemuda Memahami dan Mengimplementasikan Nilai Pancasila

Advertorial

Program Kukar Kaya Festival dan Kukar Berbudaya, Diharapkan Bisa Membawa Manfaat untuk Masyarakat

Infrastruktur

Pembangunan Landmark Ikon Baru di Kukar Sudah 40 Persen

Pemerintah

Kemendagri RI Siapkan Sistem KTP Digital

Pemerintah

Gelar Rakerda, PKS Kukar Optimis Rebut Sembilan Kursi Legislatif

Pemerintah

Komisi IV DPRD Kukar Gelar RDP, Terkait Sarana Pra Sarana Sekolah di Samboja