Home / Pemerintah

Minggu, 30 Juli 2023 - 14:18 WIB

Wabup Rendi Solihin Ajak Warga Meriahkan Lingkungan Melalui Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih

Wakil Bupati Rendi Solihin serahkan bendera Merah Putih kepada camat dan kepala OPD

Wakil Bupati Rendi Solihin serahkan bendera Merah Putih kepada camat dan kepala OPD

KUTAI KARTANEGARA, ekspsosisi.com – Gerakan 10 Juta bendera Merah Putih dilakukan serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Gerakan itu diawali dengan pembagian, hingga pemasangan bendera Merah Putih.

Pembagian bendera Merah Putih dilakukan mulai Minggu (30/7/2023) pukul 06.00 WITA, dilanjutkan dengan pemasangan bendera di depan rumah masing-masing masyarakat, fasilitas publik, fasilitas pendidikan, pinggir jalan, termasuk memasang bendera di kendaraan masing-masing.

Setelah itu bakal digelar konvoi kemerdekaan menggunakan kendaraan roda dua menuju Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang.

Rute konvoi kemerdekaan dimulai dari rumah jabatan Bupati Kukar menyusuri jalan protokol, mulai Jalan Diponegoro, bundaran jembatan Bongkok hingga Taman Kota Raja, dan dilanjutkan menuju Desa Bukit Pariaman. Sedangkan aksi pemasangan bendera Merah Putih berakhir pada 31 Agustus 2023.

Baca Juga :  TIFAF 2022 akan Digelar Juli, Didukung Langsung Kemeparekraf RI

Selama aksi Gerakan 10 Juta bendera Merah Putih, setiap kecamatan diminta untuk mendokumentasikan serta dipublikasikan serta dilaporkan kepada bupati melalui akun resmi media sosial Pemkab Kukar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, serta bagian protokol.

Terkait dengan agenda tersebut, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin meminta seluruh masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi sebagai bentuk memupuk rasa nasionalisme dan gotong royong.

“Kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan rasa cinta tanah air terhadap bangsa dan negara,” ucapnya.

Baca Juga :  BPS Kukar Sedang Melakukan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi Masyarakat

Lanjut ia menjelaskan, bendera Merah Putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa, yang seyogyanya dapat diimplementasikan oleh setiap warga negara.

“Jadi, apa salahnya untuk ikut serta, bagi yang tidak bisa ikut konvoi kemerdekaan, silahkan pasang bendera di rumah masing-masing, ramaikan lingkungan tempat tinggal masing-masing dengan pernak-pernik Merah Putih,” ajak Rendi Solihin.

Sebagaimana diketahui, gerakan 10 Juta bendera Merah Putih merupakan gerakan nasional, sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 400.10.1.1/1965/SJ Tanggal 7 April 2023 perihal: Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023. (fdl)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Disdikbud Kukar akan Bangun 5 Unit Rumah Adat Kutai

Advertorial

Pemkab Kukar dan Kementerian PUPR Bahas Tindak Lanjut Bendungan Marangkayu

Advertorial

Pesisir Bersholawat Digelar di Kacamatan Samboja, Wabup Ajak Masyarakat Doakan Kukar

Advertorial

Program Karya Bhakti Progresnya Telah Mencapai 75 Persen

Advertorial

Sekda Ungkap Pendanaan Pilkada Kukar 2024 Sudah Dirumuskan dan Dihitung

Advertorial

Disdikbud Kukar Ajak Lestarikan Budaya Daerah Menggunakan Ciri Khas Pada Setiap event

Advertorial

DPMD Kukar Gelar Tes Tertulis Rekrutmen Pendekar Idaman

Advertorial

Komisi III DPR RI Kunjungi Kukar, Bupati Paparkan Strategi Dalam Percepatan Pembangunan Wilayah