Home / Advertorial / Pemerintah / Politik

Jumat, 7 Juni 2024 - 13:52 WIB

Anggota DPRD Tegaskan Pentingnya Pembentukan Desa Baru di Kutim untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Siang Geah - Anggota DPRD Kutai Timur

Siang Geah - Anggota DPRD Kutai Timur

KUTAI TIMUR, eksposisi.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur, Siang Geah, menegaskan pentingnya pembentukan desa-desa baru di wilayah tersebut guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Siang saat ditemui rekan media di DPRD Kutim belum lama ini.

Siang Geah menjelaskan bahwa penambahan desa baru bukanlah tentang memberikan keistimewaan kepada wilayah tertentu, melainkan untuk memastikan bahwa layanan publik lebih mudah diakses oleh warga.

“Saya kira semua desa sama, tidak ada yang istimewa. Tetapi karena kita hanya ingin mendekatkan pelayanan saja, saya kira itu penting. Coba kita lihat di beberapa wilayah, urusan administratif saja membutuhkan waktu dan usaha yang besar,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa pembentukan desa baru harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti jumlah penduduk dan luas wilayah.

Baca Juga :  Sekda Ingin Angka Penurunan Stunting di Kukar Sesuai Target yang Ditetapkan

“Jumlah penduduk, jumlah kepala keluarga, dan luas wilayah itu kan menentukan. Kutai Timur ini cukup luas, dan kita harus menambah desa untuk memudahkan pelayanan,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu alasan utama penambahan desa adalah untuk memperbaiki pelayanan di daerah perbatasan.

“Di perbatasan, kita harus menunjukkan pelayanan kita kepada masyarakat. Ini bukan soal kelebihan apa, tetapi tentang memastikan bahwa masyarakat di perbatasan juga mendapatkan pelayanan yang layak,” tegasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) itu juga mengungkapkan, bahwa banyak masyarakat di daerah perbatasan yang merasa kesulitan dalam mengurus kebutuhan administratif karena jarak yang jauh ke pusat layanan.

Baca Juga :  Disdikbud Kukar Dorong Para Guru Ikuti Pendaftaran PGP

“Kita ingin mengurangi beban masyarakat yang harus menempuh jarak jauh hanya untuk mengurus hal-hal administratif. Dengan adanya desa baru, pelayanan bisa lebih dekat dan cepat,” tambahnya.

Pembentukan desa baru ini, menurutnya akan membantu dalam pemerataan pembangunan dan pengembangan wilayah.

“Dengan desa baru, kita bisa merencanakan pembangunan yang lebih terfokus dan terarah, sehingga semua wilayah di Kutai Timur bisa berkembang secara merata,” ungkapnya.

Pihaknya berharap bahwa dengan adanya desa-desa baru, pelayanan publik dapat lebih mudah diakses oleh seluruh masyarakat, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil.

“Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa setiap warga negara mendapatkan haknya untuk pelayanan publik yang layak dan memadai,” harapnya. (adv/dprd/kutim/075)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Komisi III DPRD Kukar Soroti Serapan Anggaran di Setiap OPD

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Tanggapi Perda Tentang Peningkatan PAD

Advertorial

Diskominfo Kukar Menggelar Rakor Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Pemerintah

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Angkat Bicara Terkait Penghapusan Skripsi Bagi Mahasiswa

Advertorial

Bupati Kukar Berikan Bantuan di Pondok Pesantren Kecamatan Samboja Barat

Advertorial

Wabup Kukar Rendi Solihin Salurkan Bantuan kepada Petani di Muara Kaman

Advertorial

Perbaikan Drainase di Kawasan Stadion Rondong Demang, Diharapkan Atasi Masalah Pertanian di Kelurahan Maluhu

Ekonomi

Tokoh Pemuda Kubar Frederick Edwin Menyalurkan 6,7 Ton Beras Kepada Warga di Kecamatan Mook Manar Bulatn