Home / Pemerintah

Sabtu, 11 Desember 2021 - 15:39 WIB

Bupati Kukar Serahkan Alsintan kepada Petani Tenggarong Seberang

EKSPOSISI.COM, KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah kembali menyerahkan secara simbolis sejumlah Alsintan di Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang, Bertempat di Taman Teknologi Pertanian Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Sabtu (11/12/21).

Didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar Muslik, Kepala Dinas Migrasi dan Tenaga Kerja Kukar Hardi Dwi Putra, Camat Tenggarong Seberang Sugiarto,Kades Bangun Rejo Suprapto, dan Tim Penyuluh Pertanian Tenggarong Sebarang, Edi Damansyah menyerahkan alsintan kepada Kelompok tani penerima bantuan.

Edi Damansyah mengatakan penyerahan bantuan alsintan adalah pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat petani yang memerlukan peralatan pertanian agar pertanian dan semua permasalahan tentang pertanian berlahan bisa terselesaikan dengan baik.

“Jangan sampai dalam penyampaian ini salah pelaksanaannya dimana yang menjadi kebutuhan petani harus tepat sasaran, kita Pemkab Kukar melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, Camat, Kades Petani dan Kelompok tani adalah suatu kesatuan dimana kita harus saling bekerjasama  untuk fokus pada pertanian, karena Tenggarong Seberang adalah tempat menjadi fokus kita untuk memajukan pertanian diKukar,” ungkapnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kaltim Pertanyakan Status Sejumlah Kecamatan di Kukar yang Masuk IKN Kepada Pj Gubernur

Edi meminta Camat dan Kades jangan hanya diam dibelakang meja, namun harus sering kelapangan membaur dengan masyarakat petani.

“Tahun 2022  adalah tahun titik awal kita menlaksanakan program Kukar Idaman yang sudah ditetapkan dalam Perda nomor 6 Tahun 2021 yang salah satunya adalah pembangunan pertanian berbasis kawasan, tidak boleh keliru lagi nanti dalam pelaksanaannya,” pintanya.

Ia mengingatkan agar jangan salah meletakkan titik lokasi  dalam program 120 embung dan 120 kilo jalan usaha tani dan persoalan pertanian di Kukar tahun 2022 bisa terselesaikan dengan baik.

Baca Juga :  Dinas PU Kukar Akan Membangun Kantor Camat Kota Bangun Darat

“Ini adalah sejarah bagi kita dimana anggaran untuk saluran irigasi, embung dan jalan usaha tani kita anggarkan sebanyak 46 Milyar, hal ini merupakan komitmen kita untuk memajukan pertanian di Kukar dan menjadi unggulan agar bisa tumbuh dan berkembang melalui petani milineal, untuk itu seringlah dalam promosi petani milenial  agar bisa menumbuhkan semangat para pemuda dalam menggeluti bidang pertanian kedepannya,” harap Edi.

Adapun Alsintan yang diserahkan melalui APBD-P 2021 adalah Hand Traktor, Hand Sprayer Elektrik, Cultivator, Power Theresher Multiguna, pengadaan Pompa Air, Pupuk NPK 20 10 10, Hidroponik, Benih jagung R7,Kayabas, Fungsida Zole, Insektisida Fenit. Sedangkan  melalui dana APBN 2021 Tractor roda 4, Rice Transplanter, Cultivator, Power Tresher dan Sapi Indukan.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Disdikbud Gelar FGD yang Mengusung Tema Cita-cita, Capaian dan Harapan Pendidikan di Kukar

Advertorial

Bupati Kutim Resmikan Galeri Oke Akang di Kecamatan Kaliorang

Advertorial

Dispar Menggelar FGD Pengembangan Pariwisata di Kukar

Ekonomi

Anggaran Sejumlah Kementerian Sebesar 50 Triliun Diblokir Kemenkeu

Pemerintah

Dewan Apresiasi Dispora Kukar Dalam Optimalisasi Aset Olah Raga

Advertorial

Atlet Kutim Yang Akan Berlaga Di POR Paralympic Tingkat Provinsi Kaltim Mendapat Apresiasi Bupati

Advertorial

Pemkab Kukar Menggelar Rakordal Evaluasi RKPD 2022 untuk Memastikan Kegiatan Pembangunan Sesuai Target

Advertorial

Bupati Edi Damansyah Minta OPD di Kukar Perbaiki Proses Administrasi