Home / Ekonomi / Politik / Serba Serbi

Senin, 29 Mei 2023 - 12:12 WIB

Dampak Positif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi dan Politik

Ilustrasi perkembangan teknologi

Ilustrasi perkembangan teknologi

KALIMANTAN TIMUR, eksposisi.com – Salah satu faktor yang menentukan maju atau tidaknya suatu bangsa adalah penguasaannya atas ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Wawasan IPTEK ini berpengaruh dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk sektor ekonomi dan politik.

Berikut ini dampak positif IPTEK pada kedua bidang tersebut di Indonesia. Secara definitif, IPTEK adalah sumber informasi untuk meningkatkan wawasan di sektor teknologi, baik itu penemuan terbaru atau perkembangan mutakhir di bidang pengetahuan.

Dengan digalakkannya IPTEK, harapannya, kemampuan berbagai lapisan masyarakat Indonesia dapat meningkat, sumber daya manusia menjadi optimal, serta potensi-potensinya dapat tercapai.

Tujuan umum hadirnya IPTEK adalah untuk mempermudah berbagai bidang pekerjaan manusia, membantu menyelesaikan masalah sehari-hari, komunikasi menjadi lebih efisien dan efektif, serta menjaga keberlangsungan hidup manusia ke depannya.

Baca Juga :  Pemkab Kukar Berikan Perhatian Lebih kepada 4 Atlet yang Berprestasi di SEA Games Kamboja

Selain tujuan praktis, IPTEK juga berperan mengubah pola pikir menjadi lebih terbuka. Seiring kemajuan teknologi dan derasnya arus globalisasi, orang-orang kian sadar terhadap partisipasi politik dan demokrasi di Indonesia.

Tidak hanya itu, kehidupan perekonomian juga kian berkembang dan tingkat pendapatan masyarakat sedikit demi sedikit mulai meningkat. Lapangan kerja makin meluas dan produktivitas masyarakat juga kian menjanjikan.

Berikut ini dampak positif perkembangan IPTEK bagi NKRI dalam bidang ekonomi, sebagaimana dikutip dari Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (2020) yang ditulis Evy Pajriani. Kemajuan ekonomi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) termasuk semua daerah-daerah.

Industrialisasi yang terus meningkat sehingga menciptakan lapangan lapangan kerja untuk masyarakat. Produktivitas industri yang terus meningkat. Tingginya persaingan kemampuan dan pengetahuan pekerja. Peningkatan kreativitas masyarakat dalam memproduksi hasil unggulan daerah.

Baca Juga :  Festival Samboja Expo Nusantara jadi Ruang Bagi Seniman Sekaligus Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Kemudian pada bidang politik, Yusnawan Lubis dan Mohamad Sodeli dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2018) menuliskan sejumlah dampak positif IPTEK di bidang politik sebagai berikut: Adanya keterbukaan antarmasyarakat untuk mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme. Munculnya pemerintah yang demokratis akan meningkatkan kualitas dan kuantitas rakyat dalam penentuan kebijakan publik oleh pemerintah.

Adanya kebebasan akan meningkatkan kualitas dan kreativitas diri. Meningkatnya partisipasi generasi muda untuk berpartisipasi aktif di bidang politik, misalnya bergabung di partai atau organisasi politik lainnya. (adm)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Ketua DPRD Sambut Baik Rencana KPK yang Akan Sosialisasi ke Kutim

Advertorial

Anggarkan Rp200 Juta Perbaiki Jembatan Rebaq Rinding, Anggota DPRD Kukar Harap Pemkab Bantu Selesaikan Sisanya

Advertorial

Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Saat kemarau, Anggota DPRD Kaltim Dorong Pemda Gelar Operasi Pasar Murah

Advertorial

Fraksi Partai Nasdem Kutim, Soroti Keadilan Sosial dan Aksesbilitas Ekonomi Pedesaan dalam Rancangan APBD 2024

Advertorial

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Minta Pemprov Membuat Juknis DOD untuk Menaungi Cabor Rekreasi

Advertorial

DPRD Kaltim Menggelar Rapat Paripurna Membahas Raperda Pengarusutamaan Gender

Advertorial

Kabupaten Kutim Meraih Penghargaan Kota Layak Anak, Anggota DPRD Minta Tetap Perhatikan Hak Anak-anak

Pemerintah

Pemkab dan DPRD Kukar Sepakati Tiga Raperda Menjadi Perda