Home / Advertorial / Pemerintah

Rabu, 17 Mei 2023 - 17:21 WIB

Desa Cipari Makmur dan Panca Jaya Bekerjasama Kembangkan Wisata Alam

Ketua Pokdarwis Demong Sora - Masdar

Ketua Pokdarwis Demong Sora - Masdar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com –  Desa Cipari Makmur dan Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar) sedang bekerjasama untuk mengembangkan potensi wisata alam yang ada di kawasan desa tersebut.

Salah satunya, wisata alam yang dibangun dengan konsep taman wisata. Di dalam taman wisata tersebut rencananya akan dibangun tempat pemancingan, kolam renang hingga pelestarian hutan Muara Kaman. Bahkan, didalamnya juga terdapat air terjun yang indah

Selain itu, di kawasan taman wisata juga terdapat sebuah gunung yang biasa disebut warga dengan sebutan gunung malang. Bila malam hari, para pengunjung disuguhkan pemandangan cahaya kelap kelipnya lampu Jembatan Kutai Kartanegara serta penerangan cahaya lampu-lampu warga Kecamatan Sebulu dan Muara Kaman.

Baca Juga :  Pemkab Kukar Resmi Meluncurkan Program Komunitas Belajar Kukar Idaman

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Demong Sora Masdar mengatakan, proses pembangunan taman wisata itu terus berjalan dan sejauh ini prosesnya masih dalam tahap pembuatan jalan menuju lokasi air terjun dan puncak gunung malang.

“Sementara ini masih kita buatkan jalan. Karena masih sering hujan, jadi belum bisa dikelola secara maksimal,” kata Masdar.

Dalam pengembangannya, Pokdarwis yang tergabung dari dua desa tersebut juga telah mengajukan bantuan pembangunan fasilitas penunjang wisata melalui anggaran dana desa. Perusahaan yang beroperasi di sekitaran desa juga turut disasar. Bahkan, dari pihak perusahaan juga memberikan respon positif dan akan membantu perbaikan akses jalan wisata.

Baca Juga :  Puluhan Penyuluh Pertanian Menerima Kendaraan Operasional Lapangan Dari Bupati Kukar

“Sudah ada persetujuan dari perusahaan dan sudah ditinjau. Apabila cuaca agak panas, jalan akan diperbaiki,” sebut Masdar.

Terkait pelestarian hutan, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), melalui Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Santan. Sedangkan untuk pembangunan wahana pemancingan dan kolam renang dibangun oleh Pokdarwis secara swadaya.

“Kami secara swadaya membangun pemancingan dan kolam renang khusus anak kecil, usia SD sampai dengan SMP,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

RSUD Kudungga Borong Penghargaan Pada Ajang Akuntansi Award 2023

Advertorial

DKP Kukar Salurkan Bantuan 50 Ribu Bibit Ikan dan Pakan ke Poktan Tenggarong Seberang

Advertorial

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Universitas Segera Bersiap Sambut Kehadiran IKN

Advertorial

Dinas PU Kukar Bangun Jembatan di Desa Teluk Bingkai, Progresnya Sudah 84 Persen

Pemerintah

Bupati Kukar Bagikan Alat Tangkap Ikan dan Mesin Ketinting di Desa Melintang

Advertorial

RSUD AM Parikesit Meraih Penghargaan PPKM Award 2023, Karena Penanganan Covid-19 Terbaik

Advertorial

Bupati Buka Rakor dan Evaluasi Pembangunan Kawasan Pertanian Wujudkan Kukar Sebagai Lumbung Pangan Kaltim

Advertorial

Benahi Sistem, Kepala Dinas PU Kukar Targetkan 2024 Kegiatan Berjalan Mulai Awal Tahun