Home / Advertorial / Pemerintah

Kamis, 16 Maret 2023 - 13:44 WIB

RT Bisa Usulkan Pengadaan HP Android Melalui Program Rp50 Juta

Ariyanto - Kepala DPMD Kukar

Ariyanto - Kepala DPMD Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Untuk mendukung tugas fungsi Rukun Tetangga (RT), agar melakukan penguatan pendataan kependudukan, maka RT bisa mengadakan fasilitas HP Android melalui program 50 juta per RT pada tahun 2023 ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto mengatakan, pengadaan fasilitas berupa HP android kepada RT se Kukar tidak semerta-merta diberikan begitu saja, pengadaan tersebut diusulkan melalui program 50 juta per RT, dengan tujuan memudahkan pendataan pada tingkat RT.

“Baik data kependudukan, kemiskinan, sebab tugas dan fungsi RT yang kita tugaskan untuk memvalidasi data kemiskinan yang berada pada DTKS, dan ini termasuk program Rumah Besar Pengentasan Kemiskinan (RBPK) juga. Jadi HP itu terdapat aplikasi RPBK dan kependudukan,” kata Arianto.

Baca Juga :  SMPN 1 Muara Wis Terapkan Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Tingkatkan Motovasi Siswa

Sehingga RT bisa menyampaikan data-data tersebut, langsung terhubung kepada pemerintah kelurahan, desa dan kecamatan, maupun kabupaten. Agar program pemerintah bisa tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Adapun spesifikasi HP yang diusulkan melalui program 50 juta per RT ialah, HP yang senilai sekitar Rp, 2,5 juta, memiliki Random Access Memory (RAM) 4 GB, paling tidak bisa menginstal 2 aplikasi tersebut, untuk penguatan pendataan,” jelasnya.

Sementara bagi RT yang tidak mau mengusulkan HP juga tidak jadi masalah, namun ketika diberi tugas dan mengalami kendala pada teknologi jangan mengeluh, atau bahkan beralasan memori penyimpanan penuh, dan mengakibatkan tidak maksimalnya penguatan pendataan.

Baca Juga :  Kukar Bersholawat Jilid 2 Dipadati Ribuan Jemaah, Bupati Ajak Masyarakat Jadikan Sholawat Amalan Sehari-hari

“Yang memegang HP tersebut tidak harus Ketua RT, jika Ketua RT-nya gaptek bisa pengurus RT yang mengoperasikan HP tersebut, ada sekretaris dan bendahara RT, sebelum mengoperasikannya akan kita berikan bimtek terlebih dahulu,” katanya.

Ia juga menyebutkan, aset tersebut merupakan aset pemerintah desa maupun pemerintah Kelurahan, sehingga perlu dijaga dengan baik. Terkait paket data, anggarannya juga bisa diambilkan dari program 50 juta per RT.

“Program tersebut bukan bantuan, tapi berbentuk program untuk mendukung kegiatan RT,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

BPBD Kukar Usulkan Armada Pemadam Kebakaran Khusus yang Bisa Beroperasi di Perairan

Pemerintah

Komisi IV DPRD Kukar Menggelar RDP, Membahas Penerimaan PPPK Tenaga Pendidikan dan Kesehatan

Advertorial

Bupati Kukar Serahkan Bantuan Bagi Masyarakat Pra Sejahtera di Kecamatan Sebulu

Advertorial

Ketua DPRD Kaltim Buka Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Menuju UMKM Kompetitif di Balikpapan

Advertorial

Sekda Kukar Intruksikan Seluruh Kecamatan Harus Menggelar MTQ

Advertorial

Bupati Kukar Resmikan Bus Idamanku, Upaya Berikan Pelayanan Angkutan Umum Berstandar

Advertorial

Wabup Kukar Jadikan Momentum Idul Fitri Menyapa Masyarakat Pesisir

Advertorial

PAD yang Dihasilkan Dispora Kukar dari Pengelolaan Fasilitas Olahraga Melampaui Target Tahun 2023