Home / Advertorial / Pemerintah / Politik

Minggu, 16 Juni 2024 - 12:30 WIB

Fraksi Demokrat Kutim: Peningkatan Pendapatan Daerah Harus Diikuti Kesejahteraan Masyarakat

M. Amin - Anggota DPRD Kutai Timur

M. Amin - Anggota DPRD Kutai Timur

KUTAI TIMUR, eksposisi.com – Perwakilan Fraksi Partai Demokrat dalam Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), M. Amin, menyampaikan apresiasi terhadap peningkatan pendapatan daerah Kutai Timur dalam sidang paripurna ke-27 masa persidangan ke III tahun sidang 2023/2024. Sidang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kutim, Jonni, di saksikan Bupati Kutim, Ardiansyah sulaiman dalam hal ini di wakili Asisten III, Sudirman Latif, hadir juga 21 anggota dewan dan sejumlah tamu undangan lainnya. Di ruang sidang utama DPRD Kutim, pada Kamis (13/06/2024).

“Fraksi Partai Demokrat mengapresiasi terjadinya peningkatan pendapatan daerah tersebut dan mendorong agar realisasi belanja daerah ke depan harus lebih besar atau meningkat lebih besar lagi,” ujar M. Amin dalam sidang tersebut.

Amin juga menekankan pentingnya peningkatan pendapatan dan belanja daerah agar berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi di Kabupaten Kutai Timur secara signifikan dalam seluruh sektor kehidupan.

Baca Juga :  Utamakan Keselamatan, MHU Berhasil Capai 85 Juta Jam Kerja Tanpa Kecelakaan

“Kami berharap peningkatan realisasi pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2023 ini berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Pada tahun anggaran 2023, realisasi belanja daerah mencapai Rp7,54 triliun atau 84,18% dari anggaran belanja sebesar Rp8,96 triliun.  Ia menegaskan dengan meningkatnya realisasi pendapatan dan belanja daerah, pelayanan pemerintah kabupaten dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

“Peningkatan pelayanan pemerintah sangat penting, terutama dalam kaitannya dengan berbagai pelaksanaan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Kutai Timur,” teganya.

Dalam hal belanja daerah, pemerintah kabupaten Kutai Timur mencatatkan presentase yang baik terkait belanja transfer kepada pemerintah desa dengan realisasi sebesar Rp811,45 miliar atau 98,36% dari anggaran transfer sebesar Rp824,94 miliar.

Baca Juga :  Terus Berprogres, Landmark Kukar Selesai Tahun 2023

Menurutnya, angka ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung pembangunan desa.

“Dengan angka ini, kami berharap pemerintah Kutai Timur bisa menggenjot laju pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di desa, mengingat ibu kota Nusantara semakin nyata,” tuturnya.

Ia juga menekankan pentingnya mempertajam kebijakan pemerintah dalam menghadapi perubahan dan perkembangan masyarakat yang dinamis.

Dirinya beranggapan, sidang paripurna tersebut merupakan bagian dari upaya DPRD Kutim untuk memastikan bahwa peningkatan pendapatan dan belanja daerah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

“Kami akan terus mengawasi dan mendukung program-program pemerintah yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (adv/dprd/kutim/108)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pemkab Kukar Anggarkan Rp4,5 Miliar untuk Program 1.000 Guru Sarjana

Advertorial

Pemkab Kukar Kerjasama Membersihkan Stadion Aji Imbut, Dalam Rangka Bulan Bhakti Gotong Royong

Advertorial

Wabup Kukar Tinjau Patung Soekarno Saat Safari Ramadan di Kecamatan Sangasanga

Advertorial

Jalan Poros Kota Bangun-Tabang Ditargetkan Mulus di Tahun 2025 Mendatang

Advertorial

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Perbaikan Sistem Rujukan Terpadu

Advertorial

Bupati Kukar Edi Damansyah Luncurkan Buku Kedua Berjudul Mengayuh Waktu Membangun Kukar

Advertorial

Wabup Rendi Solihin Resmikan Lokasi Budidaya Air Tawar Sekaligus Berikan Bibit Ikan kepada Masyarakat Sangasanga

Advertorial

Bupati Kukar Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, Pemkab Terus Dukung Keberadaan Ponpes