Home / Advertorial / Pemerintah / Politik

Sabtu, 11 November 2023 - 10:28 WIB

Fraksi Golkar DPRD Kutim Apresiasi Kenaikan Proyeksi PAD Tertinggi Dalam 5 Tahun Terakhir

Adi Sutianto - Anggota DPRD Kutim

Adi Sutianto - Anggota DPRD Kutim

KUTAI TIMUR, eksposisi.com – Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim) Adi Sutianto, perwakilan Fraksi Partai Golkar memberikan masukan dan saran konstruktif terhadap Nota Penjelasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna ke-11 Masa Persidangan ke-1 Tahun Anggaran 2023/2024, di ruang Sidang Utama DPRD kutim, Sangatta Utara, pada Kamis (09/11/2023).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kutim, Joni, didampingi Wakil Ketua I DPRD Kutim, Asti Mazar. Hadir juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Rizali Hadi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ( Pemkesra), Poniso Suryo Renggono, dan 21 anggota DPRD serta unsur Forum Koordinasi Perangkat Daerah ( Forkopimda ), dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca Juga :  Perbaikan Jalan di 4 Kecamatan Dilakukan Melalui Anggaran Bankeu

Dalam pandangan umumnya, Fraksi Golkar mengapresiasi kenaikan proyeksi Pendapatan Asli Daerah (PAD)  tertinggi dalam 5 tahun terakhir, mengalami peningkatan signifikan dari Rp245,256 miliar menjadi Rp754,108 miliar.

Fraksi Golkar meminta penjelasan terkait sumber atau objek PAD yang mengalami kenaikan, beserta alokasi anggaran untuk membiayai program-program pada APBD Tahun 2024.

“Kita perlu mendorong percepatan regulasi perpajakan dan retribusi daerah, yang sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2023,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan, bahwa pendidikan dan kesehatan harus dijadikan prioritas dalam alokasi pengaggaran di tahun 2024.

Baca Juga :  Disdikbud Diimbau Respon Cepat dan Positif Program PGP

“Urusan wajib pemerintah daerah, terutama pada bidang pendidikan dan kesehatan, harus menjadi skala prioritas alokasi anggaran sesuai ketentuan perundang-undangan,” katanya.

Fraksi Golkar juga menekankan pentingnya dukungan terhadap penyelesaian pembangunan pelabuhan kenyamukan dan penyesuaian belanja modal dengan kemampuan keuangan daerah.

Di tempat itu juga, dirnya mengaku siap melanjutkan pembahasan terhadap rancangan APBD tahun anggaran 2024 demi keberlanjutan kesejahteraan masyarakat Kutim.

“Kami menyatakan siap melanjutkan pembahasan terhadap Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024 demi keberlanjutan pembangunan yang pro-rakyat dan kesejahteraan masyarakat Kutai Timur. Suara Golkar suara rakyat,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Bupati Berikan Bantuan Dana Pembangunan Masjid Ad Da.wah di Desa Loa Duri Ilir

Advertorial

Panggung Budaya Akan Dibangun di Tepi Danau Semayang Kawasan Desa Pela

Advertorial

Ketua DPRD Kukar Hadiri Peresmian Kampung Bebas Narkoba

Advertorial

Bapemperda DPRD Kukar Optimis Empat Rancangan Perda Lagi Bisa Disahkan Tahun 2023

Advertorial

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Perbaikan Sistem Rujukan Terpadu

Advertorial

Kelurahan Baru Fokus Prioritaskan Program Peningkatan Infrastruktur Jalan

Advertorial

Sekda Kukar Membuka Survei Akreditasi RSUD AM Parikesit

Advertorial

Pemkab Kukar Melepas 275 Atlet untuk Mengikuti POPDA Kaltim di Paser