Home / Advertorial / Pemerintah

Kamis, 26 Oktober 2023 - 22:17 WIB

Permudah Monitoring dan Evaluasi Data Perkebunan, Disbun Kukar Ciptakan Pekebun Online

Samsiar - Kepala Bidang Usaha dan Penyuluhan Dinas Perkebunan Kukar

Samsiar - Kepala Bidang Usaha dan Penyuluhan Dinas Perkebunan Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Kepala Bidang Usaha dan Penyuluhan Dinas Perkebunan (Disbun) Kutai Kartanegara (Kukar) Samsiar, membuat aksi perubahan yang diberi nama Pekebun Online (Pelaporan Perkembangan Perkebunan Online), pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tahun 2023 di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Puslatbang KDOD) Samarinda.

Samsiar mengatakan, Disbun Kukar mempunyai fungsi monitoring dan evaluasi berdasarkan data perkembangan pembangunan perkebunan. Sehingga, aksi perubahan ini adalah upaya lebih cepat untuk mengatasi keterbatasan data dan validasi data perkembangan dan kemajuan usaha perkebunan, peningkatan pelayanan, kemudahan bagi stakeholder/Perusahaan Besar Swasta (PBS) untuk menyampaikan data. Pembaharuan cara pelaporan dari metode pembuatan dan penyampaian laporan semester perkembangan usaha perkebunan oleh perusahaan yang selama ini secara manual, akan diubah menjadi pembuatan dan penyampaian laporan berbasis Teknologi Informasi (TI) secara online.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kukar Sayangkan Pemadaman Listrik Berjam-jam di Kaltim

“Tujuan aplikasi ini adalah, minimalisir biaya, meringankan pekerjaan dalam menyusun laporan semester, menyampaikan dan memaanfaatkan laporan PBS,” ujar Samsiar.

Ia menjelaskan, aplikasi ini dipakai oleh PBS, dengan mengisi data untuk laporan kepada Pemda melalui Disbun, yang berisi profil, rencana dan realisasi pembangunan kebun inti, plasma, kemitraan, hambatan, kegiatan sosial lainnya.

“Data ini dimanfaatkan oleh Pemda untuk evaluasi dan monitoring kegiatan Persusahaan Perkebunan,” terangnya.

Baca Juga :  Ketika Para Profesor Sepakat Edi Damansyah Bisa Maju Pilkada Kukar 2024, Edi Pilih Fokus Kerja di Sisa Masa Jabatan

Adapun ruang lingkup dari aksi perubahan yang akan dilaksanakan adalah Identifikasi dan konsultasi tema aksi perubahan ke mentor, Merumuskan tema, judul dan menyusun rancangan aksi perubahan.

Kemudian membentuk tim efektif, menyusun rencana aksi perubahan, merancang pengembangan aplikasi, membuat aplikasi oleh programmer Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomfo) Kukar, lalu uji coba pengembangan aplikasi, dan pengisian/implementasi aksi.

“Aplikasi ini telah selesai dibuat oleh Programmer Diskominfo Kutai Kartanegara, dan diuji coba pada tanggal 21 Oktober 2023 di Kantor Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Disperindag Kukar Mengikuti Gerakan Pangan Murah, Berbagai Macam Bahan Pokok Disiapkan

Advertorial

Keberadaan RPB di Desa Jonggon Dinilai Bisa Meningkatkan Penghasilan Petani Jahe

Advertorial

Komisi I DPRD Kaltim Menggelar RDP Terkait Klaim Kepemilikan Lahan di GOR Kadrie Oening

Advertorial

Disdikbud Kukar Menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengawas Tingkat PAUD, SD dan SMP

Advertorial

KONI Kukar Terus Berupaya Menjaring Atlet Potensial di Pelosok Kecamatan

Advertorial

Bupati Cup Bola Voli Kutim Resmi Dibuka Bupati Kutim

Advertorial

Bupati Kukar Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, Pemkab Terus Dukung Keberadaan Ponpes

Advertorial

Pemkab Kukar Tengah Melakukan Persiapan Penetapan Nilai UMK Tahun 2023