Home / Pemerintah / Serba Serbi

Kamis, 9 Februari 2023 - 22:40 WIB

Hari Pers Nasional 2023, Bupati Kubar Ingatkan Wartawan Untuk Bertanggung Jawab dan Menjunjung Keberimbangan

Bupati Kubar FX Yapan usai diwawancara wartawan

Bupati Kubar FX Yapan usai diwawancara wartawan

KUTAI BARAT, eksposisi.com – Hari Pers Nasional (HPN) diperngati tanggal 9 Februari setiap tahunnya. Berkaitan dengan hal itu, Bupati Kutai Barat FX Yapan ikut memberikan ucapan selamat kepada semua insan pers di Indonesia, secara khusus di Bumi Tanaa Purai Ngerimaan.

“Pertama saya ucapkan selamat ulang tahun Pers Nasional, mudah-mudahan melalui momen Hari Pers Nasional ini, para insan pers bisa menyajikan berita-berita yang berkualitas. Khususnya di Kutai Barat,” kata FX Yapan saat menghadiri acara Festival Durian di Alun-alun Itho Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, pada Kamis (09/02/2023).

Yapan menilai peran pers sangat penting dalam penyampaian berita dan informasi kepada masyarakat. Salah satunya yakni membantu informasi pembangunan yang berkelanjutan khususnya di Kutai Barat.

Baca Juga :  Kebangpol Kukar Hadiri Sosialisasi Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

Namun Yapan tetap mengingatkan para wartawan soal berita yang bertanggung jawab. Yaitu berita yang ditulis berdasarkan fakta serta menjunjung tinggi asas keberimbangan.

“Sebelum menyajikan berita, harus dipastikan dulu kebenarannya supaya tidak menyesatkan warga kita. Jadi dikoordinasikan dulu dengan siapapun itu, jangan ada informasi langsung dimuat di media, tapi setelah dicek ke lapangan jauh bedanya, itu yang bahaya. Nah ini yang saya minta berita yang berkualitas,” katanya

Yapan berharap semua wartawan memegang teguh Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam menjalani profesi sebagai wartawan, sehinga hasil karya jurnalistik yang disajikan bisa memberikan pencerahan bagi masyarakat.

Baca Juga :  Tentara Bangun 89 Titik Air di Kukar Melalui Program TNI Manunggal

Keberadaan pers di Kutai Barat menurutnya sangat membantu pemerintah, terutama dalam penyajian informasi terkait pembangunan kepada masyarakat.

“Baik di sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, termasuk bidang politik. Ini peran pers sangat membantu pemerintah dalam menyampaikan informasi ke masyarakat,” ungkapnya

Orang nomor satu di Kubar ini juga mengingatkan pers, khususnya mengenai perkembangan politik sebagai pilar demokrasi ke-empat di Indonesia.

“Karena Indonesia akan menghadapi Pemilu serentak tahun 2024, dan peran pers sangat penting dalam mengedukasi pemilih maupun peserta pemilu,” jelasnya. (kbr)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Disdikbud Kukar Dorong Pengembangan Kegiatan P5 untuk Hasilkan Karya Kreativitas

Advertorial

Pantai Tanah Merah Penyumbang PAD Terbesar Sektor Pariwisata di Kukar

Advertorial

Kasus Covid-19 Melonjak di Kukar, Dinkes Imbau Masyarakat Terapkan Prokes

Advertorial

Wakil Ketua DPRD Kaltim Apresiasi Pencapaian Petani Milenial yang Memiliki Penghasilan Fantastis

Serba Serbi

Desa Pela Meraih Dua Penghargaan Sekaligus pada Ajang TEMA 2023

Ekonomi

Kunjungi Kota Samarinda, Presiden Jokowi Tinjau Kebutuhan Pokok di Pasar Merdeka

Advertorial

Manfaatkan Potensi Sumber Daya Alam, Desa Muara Wis Kembangkan Objek Wisata Danau 10 Nusa

Advertorial

Puncak Festival Islami di Kukar Hadirkan Haddad Alwi dan Habib Alwi Assegaf