Home / Hukum - Kriminal / Pemerintah

Selasa, 12 Juli 2022 - 14:04 WIB

Kejati Kaltim Gelar Duta Pelajar Sadar Hukum Tuna Daksa di Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim bersam Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim sukses menggelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) di Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (12/7/2022) pukul 09.00 Wita.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula lantai 2 Hotel Grand Elty Tenggarong. Di ikuti puluhan pelajar yang siap berkontestasi pada ajang Duta Pelajar Sadar Hukum tahun 2022.

Acara tersebut di buka langsung oleh Asisten Bidang Intelijen Kejati Kaltim, Muhammad Sumartono di dampingi Kepala Kejari Kukar. Hadir pula Kadisdik Kaltim, Anwar Sanusi di wakilkan oleh Sekretaris Disdikbud Kaltim, Sofia Rahmi.

Asisten Bidang Intelijen Kejati Kaltim, Muhammad Sumartono menambahkan, penanaman sadar hukum harus dapat di edukasikan sedini mungkin. Hal tersebut agar menghindarkan para pelajar dari bahayanya narkoba dan tindak kriminal lainnya.

Baca Juga :  Bansos yang Sempat Terkendala, akan Segera Tersalurkan

“Tujuan utamanya adalah para siswa/i ini kedepannya sudah mengerti akan hukum. Mengenal sejak dini tentang hukum dan mengetahui mana perbuatan yang melanggar tentang hukum,” kata Asisten Bidang Intelijen Kejati Kaltim, Muhammad Sumartono usai kegiatan.

Pemilihan duta pelajar sadar hukum ini merupakan kali ketiga di Provinsi Kaltim. Dengan harapan, kegiatan tersebut bisa terus berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya.

Sekaligus bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan tentang hukum. Serta bisa mengimplementasikan ke lingkungan sekolah, masyarakat dan keluarga.

“Kami berharap para duta pelajar ini bisa mengimplementasikan dan menyebarluaskan pengetahuan mengenai hukum dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga pelajar maupun masyarakat bisa mengenali hukumnya untuk menjauhi hukumannya,” tambahnya.

Baca Juga :  Ngapeh Hambat Pemkab Kukar Bahas Persiapan Kegiatan Tahun 2022

Adapun untuk 3 perwakilan yang mendapat posisi teratas nantinya juga akan di bantu dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kukar. Agar bisa mempersiapkan diri dalam ajang yang sama atau grand final bersama perwakilan dari kabupaten/kota lain di Kaltim.

Yang rencananya akan terlaksana di Samarinda atau Balikpapan pada akhir bulan Oktober atau awal bulan November mendatang. Sembari melihat perkembangan kondisi pandemi yang masih ada sampai sekarang.

“Di tingkat provinsi nanti, peringkat 1,2 dan 3 akan berkesempatan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di universitas. Namun dengan universitas yang sudah terakreditasi A dan juga jalurnya di bidang hukum. Selain itu juga akan mendapatkan piagam penghargaan, piala serta uang pembinaan,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Hukum - Kriminal

Ganggu Pengguna Jalan, Lomba Sepeda dan Lari Liar Diminta Pindah Lokasi

Pemerintah

Penanaman Padi Perdana Varietas Mikongga Menggunakan Mesin Rice Transplater

Pemerintah

Bupati Harap Jembatan Long Penjalin Bisa Digunakan Sebelum Akhir Tahun

Hukum - Kriminal

Pengedar Narkoba di Tenggarong Dibekuk Polisi, 9 Poket Sabu Diamankan

Pemerintah

Disperindag Kukar Datangkan Puluhan Ribu Liter Minyak Goreng untuk Didistribusikan ke Masyarakat

Pemerintah

Gelar Rakerda, PKS Kukar Optimis Rebut Sembilan Kursi Legislatif

Pemerintah

Dewan Masjid Memiliki Website dengan Fitur Pemetaan Kemiskinan Wilayah

Pemerintah

TIFAF 2022 akan Digelar Juli, Didukung Langsung Kemeparekraf RI