Home / Pemerintah / Serba Serbi

Sabtu, 23 September 2023 - 16:36 WIB

Kukar Land Festival 2023 Terapkan Konser Ramah Lingkungan, Hingga Sediakan Area Khusus Penyandang Disabilitas

Wakil Bupati Rendi Solihin saat berkeliling di lokasi Kukar Land Festival 2023

Wakil Bupati Rendi Solihin saat berkeliling di lokasi Kukar Land Festival 2023

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Kukar Land Festival 2023  yang digelar di Stadion Aji Imbut Tenggarong seberang, tak hanya menorehkan sejarah baru bagi Kutai Kartanegara (Kukar). Event musik ini juga menerapkan konsep konser yang ramah lingkungan.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin mengatakan, bahwa konser ramah lingkungan bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.  Hal tersebut diwujudkan dengan meminimalisir penggunaan plastik, kemudian mengganti wadah makanan maupun minuman dengan menggunakan gelas atau piring kertas.

“Kukar Land Festival 2023 sangat spesial karena banyak sekali mengadopsi kultur budaya dan kami berkomitmen untuk meminimalisir sampah plastik saat berlangsungnya konser,” ujar Rendi Solihin.

Baca Juga :  Ketua DPRD Mengungkapkan Adanya Potensi PAD Baru untuk Kaltim Mencapai Rp15 MIliar

Selain itu, pengunjung Kukar Land Festival 2023 juga mendapat edukasi mengenai pemilahan sesuai dengan dua jenis sampah. Yakni, organik, dan sampah daur ulang.

Menurut Rendi Solihin, hal tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dalam menjaga lingkungan bersih dan sehat.

Pihak panitia Kukar Land Festival 2023 pun telah menyediakan tempat sampah di sejumlah titik agar pengunjung konser mudah mengakses lokasi pembuangan barang tak terpakai.

“Kami mencoba menunjukkan bahwa menjadi bersih dan hijau (ramah lingkungan) adalah sebuah bentuk komitmen yang baik,” jelasnya.

Kukar Land Festival 2023 mengusung konser yang ramah lingkungan dengan menerapkan konsep inklusifitas dan keberlanjutan.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kukar Sampaikan Aspirasi Masyarakat Terkait Keterlibatan SDM Lokal di IKN kepada Anggota DPR-RI

Dalam konsep inklusifitas, gelaran Kukar Land Festival 2023 dapat diakses oleh semua orang. Panitia telah menawarkan juru bahasa isyarat lokal serta peralatan untuk teman tuli dan sulit mendengar.

Selain itu, Kukar Land Festival 2023 juga menyediakan area khusus bagi penyandang disabilitas, orang tua, ibu hamil hingga orang cedera di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang.

Fasilitas khusus bagi difabel menjadi terobosan yang dilakukan Pemkab Kukar, bahkan digadang-gadang menjadi pelopor di sekitar wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). (fdl)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pemkab Kukar akan Berikan Bantuan Sebesar Rp3 Juta Untuk 1.900 Penyandang Disabilitas

Advertorial

Bantu Perangi Narkoba, Pemkab Kukar Siapkan Lahan Hibah Untuk BNN

Advertorial

Diperindag Kukar dan Kubar Perpanjang Kerjasama Bidang Layanan Kemetrologian dan Pengawasan Timbangan

Advertorial

Dinas PU Kukar Mengerjakan Pembangunan Jalan Desa Embalut

Advertorial

Komisi IV DPRD Kaltim Minta Pemprov Tingkatkan Kualitas SLB

Advertorial

Festival Sebulu 2023 Hadirkan D’Bagindas, Wabup Rendi Solihin Membuka Acara Secara Resmi

Advertorial

Malam Puncak Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 Berlangsung Mariah

Advertorial

Serapan Anggaran 2023 di Dinas PU Kukar Ditargetkan Capai 90 Persen