Home / Serba Serbi

Senin, 12 Juni 2023 - 11:30 WIB

Mahasiswa KKN Institut Teknologi Kalimantan Membantu Pemberdayaan Wisata Hutan Meranti di Balikpapan

Karya tulis Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata KKN Institut Teknologi Kalimantan, Kelompok 1N dengan tema Pemberdayaan Wisata Hutan Meranti di Kampung Semarang Mandiri, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.

BALIKPAPAN, eksposisi.com – Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan yang tergabung dalam Kelompok 1N melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada masyarakat di lingkungan RT 27, Kampung Semarang Mandiri, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara.

Salah satu fokus yang dilaksanakan kelompok 1N, yakni Pengembangan Kawasan Pariwisata Wana Wisata Hutan Meranti. Kegiatan ini akan merujuk pada kegiatan pengembangan terhadap potensi-potensi yang ada pada Wana Wisata Hutan Meranti yang belum dikelola secara maksimal.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam rangka menerapkan program kerja, sesuai dengan rumpun ilmu yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan, khususnya Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan.

Implementasi dari ilmu ini untuk melaksanakan peran mahasiswa dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu bagian pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini merupakan salah satu proses dalam pembelajaran yang diwajibkan oleh pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Kalimantan.

Pengabdian mahasiswa tersebut disambut baik oleh Ketua RT 27 Kampung Semarang Mandiri, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara. Kegiatan KKN ini berlangsung kurang lebih selama tiga bulan dengan di awali pembukaan yang diselenggarakan pada tanggal (3/4/2023).

Baca Juga :  Hari Pers Nasional 2023, Bupati Kubar Ingatkan Wartawan Untuk Bertanggung Jawab dan Menjunjung Keberimbangan

Kemudian dilanjutkan perkenalan anggota Kelompok 1N yang beranggotakan 9 orang dan diketuai oleh Sulestyaning Hastuti dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.

Kelompok ini dibimbing langsung oleh dosen aktif program studi Desain Komunikasi Visual yaitu Sasferi Yendra S.Pd., M. Sn. dan dosen aktif program studi Arsitektur yaitu Nadia Almira Jordan, S. T., M. T. Setelah perkenalan anggota kelompok KKN dilanjutkan dengan penyampaian program kerja yang dilaksanakan di RT 27 Kampung Semarang Mandiri, Kelurahan Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara.

Program kerja pertama yang dilakukan yakni Workshop Souvenir. Dalam kegiatan ini, kelompok 1N melakukan kegiatan workshop membatik kepada masyarakat menggunakan serat alam berjenis Ecoprint.

Ecoprint termasuk seni membuat atau mencetak bahan alam dalam sebuah media. Pada kegiatan ini maka akan dilakukan tahap Ecoprint menggunakan bahan dasar kain dengan daun sebagai media cetak dari motif kain tersebut.

Pada program kerja kedua, kelompok ini melakukan pembuatan signage atau papan tanda yang menjadi petunjuk arah keberadaan area-area tertentu pada  Wana Wisata Hutan Meranti. Pembuatan signage ini menggunakan dasar pohon ulin (eusideroxylon zwageri) yang merupakan salah satu pohon yang terkenal dari hutan Kalimantan Timur dengan ciri kayu yang keras dan kuat, warna gelap, dan tahan terhadap air laut.

Baca Juga :  86 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak 2022 di Kukar Dilantik Bupati

Program kerja terakhir, yakni workshop rancangan yang dibuat dengan memperhatikan aspirasi masyarakat. Dalam kegiatan ini dilakukan sesi diskusi atau tanya jawab antara kelompok dan masyarakat RT 27 untuk mendukung pembuatan rancangan Kawasan Pariwisata Wana Wisata Hutan Meranti  sesuai dengan yang diinginkan masyarakat.

Hasil rancangan dari workshop rancangan ini selanjutnya akan ditampilkan secara 3D model VR dengan panorama 360 derajat, sehingga seolah-olah orang yang menyaksikan masuk dalam rancangan kawasan pariwisata tersebut.

Kegiatan penutupan dilaksanakan pada Sabtu (10/6/2023), ini merupakan pertanda berakhirnya kegiatan kuliah kerja nyata yang dilakukan oleh kelompok 1N Institut Teknologi Kalimantan. Kegiatan ini dilaksanakan di kediaman Ketua RT 27 dengan menghadirkan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan kuliah kerja nyata.

Pada acara penutupan, dilakukan penyerahan plakat tanda terimakasih serta hasil program kerja selama tiga bulan secara simbolis, dari perwakilan kelompok 1N kepada Ketua RT 27.

Dengan terlaksananya kegiatan kuliah kerja nyata di RT 27 Kampung Semarang Mandiri, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, kelompok 1N berharap ilmu yang telah diberikan bisa berdampak baik terhadap perkembangan Kawasan Pariwisata Wana Wisata Hutan Meranti sehingga dapat membangkitkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Penulis : Kelompok 1N Mahasiswa KKN Institut Teknologi Balikpapan

Share :

Baca Juga

Politik

5 Dampak Positif Perkembangan Globalisasi di Bidang Politik

Serba Serbi

Utamakan Keselamatan, MHU Berhasil Capai 85 Juta Jam Kerja Tanpa Kecelakaan

Pemerintah

Erau Adat Pelas Benua 2023 Resmi Dibuka, Usung Tema Semangat IKN Nusantara Menjaga Adat Dan Tradisi Budaya

Ekonomi

Sejumlah Paguyuban dan Sanggar Tari Ramaikan Kirab Kukar Festival Budaya Nusantara 2023

Bisnis

PT MHU Raih Peringkat PROPER Hijau Pada Anugerah Lingkungan 2023

Advertorial

Kembangkan Tanaman Kakao, Masyarakat Desa Lung Anai Bisa Produksi Coklat Batangan

Advertorial

Pemdes Perian Berupaya Mengembangkan Wisata Air Terjun, Diharapkan Bisa Menambah PADes

Advertorial

Ketua DPRD Kaltim Menghadiri Penutupan MTQ Tingkat Provinsi