Home / Bisnis / Ekonomi / Energi / Serba Serbi

Senin, 8 Juli 2024 - 13:38 WIB

Peringati Hari Lingkungan Hidup 2024, PT GBU Gelar Seminar Pertambangan Berwawasan Lingkungan

eminar Pertambangan Berwawasan Lingkungan

eminar Pertambangan Berwawasan Lingkungan

KUTAI BARAT, eksposisi.com – Memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2024, PT Gunung Bara Utama (GBU) menggelar seminar di Ballroom Hotel Grand Family Barong Tongkok, Kutai Barat, akhir pekan lalu.
Mengusung tema ”Implementasi Kegiatan Operasi Pertambangan yang berwawasan Lingkungan,” seminar ini menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya: Inspektur Tambang Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Andi Luthfi; Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Ery Sulastyo; serta Pejabat Sementara Kepala Teknik Tambang GBU, Adi Rachmani.
Seminar ini mengulas penerapan pengelolaan lingkungan pada kegiatan operasional penambangan sesuai kaidah penambangan yang baik (Good Mining Practice) merujuk Keputusan Menteri ESDM No. 1827 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) No. 22 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Adi menyampaikan bahwa tata kelola penambangan yang baik harus memperhatikan lingkungan hidup di sekitar. “Kami yakin bahwa dengan komitmen dan kerjasama dari seluruh pihak, kita dapat mewujudkan pengelolaan lingkungan lestari dan berkelanjutan di masa depan,” tegas Adi.
Kegiatan seminar ini diikuti oleh karyawan dan jajaran manajemen GBU beserta perwakilan mitra kerja di wilayah operasi GBU. Dialog Interaktif dan tanya jawab seputar masalah lingkungan dalam dunia pertambangan menjadi kesempatan bagi seluruh peserta seminar yang hadir guna menambah pengetahuan untuk dapat diaplikasikan oleh semua pihak.
Seminar ini merupakan agenda akhir dari beberapa rangkaian kegiatan yang mengusung slogan “Tanah Kita, Masa depan kita, Kami adalah #GenerationRestoration” yang sejalan dengan tema global “Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan Terhadap Kekeringan”.
Peringatan HLH GBU 2024 diawali dengan upacara pembukaan di Sekolah Dasar Negeri 002 Kecamatan Damai, Kutai Barat, penanaman pohon, serta beberapa perlombaan mulai dari lomba badminton, lomba foto dan konten kreatif tentang lingkungan, lomba cerdas cermat lingkungan, serta Improvement Green GBU untuk menjaring inovasi yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan. (fdl)

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Pengunjung Kukar Land Festival 2023 Torehkan Rekor MURI, 7 Ribu Orang Gunakan Pesapu Ikat Kepala Khas Kutai

Bisnis

Pemerintah Didorong Hadirkan Kepabeanan di Muara Jawa untuk Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Advertorial

Pemdes Perian Berupaya Mengembangkan Wisata Air Terjun, Diharapkan Bisa Menambah PADes

Bisnis

Perusahaan Pengelola Sirkuit Mandalika Merugi Rp100 Miliar, Kementerian BUMN Anggap Wajar

Pemerintah

Pengurus Ikentim Kubar Periode 2023-2028 Dikukuhkan

Pemerintah

Erau Adat Pelas Benua 2023 Resmi Dibuka, Usung Tema Semangat IKN Nusantara Menjaga Adat Dan Tradisi Budaya

Bisnis

PHM Pecahkan Rekor Pemboran Sumur Tercepat

Serba Serbi

Gerakan Sedekah Rombongan Kukar Sediakan Warung Makan Gratis