Home / Pemerintah / Serba Serbi

Senin, 30 Januari 2023 - 08:19 WIB

Pengurus Ikentim Kubar Periode 2023-2028 Dikukuhkan

Pengurus Ikentim Kubar saat berfoto bersama Bupati Kubar FX Yapan

Pengurus Ikentim Kubar saat berfoto bersama Bupati Kubar FX Yapan

KUTAI BARAT, eksposisi.com – Bupati Kutai Barat FX Yapan menghadiri pengukuhan pengurus Ikatan Keluarga Nusa Tenggara Timur (Ikentim) Kutai Barat di Taman Budaya Sendawar, Kecamatan Barong Tongkok, pada Sabtu (28/1/2023).

Dewan sepuh Ikentim Ambrosius Ndopo melantik Ketua Ikentim Antonius masa bhakti 2023-2028 Dengan tema acara : Semangat kekeluargaan  untuk pembaharuan Ikatan Keluaraga Nusa Tenggara Timur di Bumi Tanaa Purai Ngeriman menuju hari esok yang lebih baik dan disaksikan langsung Bupati Kubar FX Yapan.

Dalam sambutannya FX Yapan meminta pengurus Ikentim menjalankan organisasi sekaligus membina kerukunan serta menjaga harmonisasi antar etnis di Kutai Barat. Sebab di kabupaten Kutai Barat terdapat berbagai suku, budaya dan agama yang berbeda-beda.

Apa lagi saat ini dalam catatan pemerintah ada sekitar 24.000 warga NTT yang tinggal menetap maupun bekerja di Kutai Barat.

“Dengan jumlah 24.000 orang ini menjadi aset dan pelaku pembangunan di Kutai Barat. Dalam mejaga kondusifitas yang telah tercipta di Kutai Barat maka saya mengharapkan Ikentim bersama mewujudkan harmonisasi sosial dalam masyarakat multikultural, menerapkan sikap toleransi dan saling menghargai,” kata Bupati FX Yapan.

Yapan berharap Ikentim jadi wadah bagi semua warga NTT di Kutai Barat untuk bersilaturahmi dan saling mendukung dalam pembangunan. Ia juga meminta pengurus dan anggota serta seluruh warga NTT tidak mengkotak-kotakan antarsesama.

“Seorang pemimpin harus bisa memanfaatkan potensi yang ada untuk bekerja dengan baik dan jangan mengkotak-kotak. Mudah-mudahan Ikentim ini bisa menjadi contoh paguyuban lain di Kutai Barat,” ucap Yapan

Baca Juga :  Kopka Azmiadi, Tentara Viral di Samarinda Mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Orang nomor satu di Kubar ini mengatakan, semua warga Kutai Barat termasuk warga asal NTT memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan pemerintah.

Baik layanan pendidikan, kesehatan, kesempatan kerja maupun mendaftar sebagai anggota TNI-Polri. Namun yang terpenting harus memiliki KTP dan Kartu Keluarga di Kutai Barat.

“Paling utama saya minta pengurus Ikentim tolong bantu warganya mengurus KTP dan KK Kutai Barat di Capil (Catatan Sipil). Bagaimana kita bisa mendapat beasiswa, atau masuk TNI-Polri kalau KTP dan KK tidak ada di Kutai Barat. Ini PR Ikentim yang paling utama,” ujarnya.

Ia juga memotivasi warga NTT dan semua warga Kubar untuk memanfaatkan potensi yang ada, terutama membangun kemandirian ekonomi keluarga.

“Ayo Warga Ikentim Bisa? Ucap Yapan penuh semangat dan disambut ‘BISA’ oleh semua hadirin.

“Ayo, bangkit. Tanah Purai Ngeriman, tanah yang subur. Kita harus berbuat, barang siapa yang tidak berbuat dia akan ketinggalan,” tutup Yapan memberi semangat.

Sementara itu ketua Ikentim Kubar Antonius Ukat mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah yang sudah banyak memberikan peluang dan kemudahan bagi warga NTT di Kubar.

Menurutnya banyak warga NTT yang merantau atau mencari kehidupan yang lebih baik di Kabupaten Kutai Barat yang terkenal kaya akan sumber daya alam.

“Kebudayaan masyarakat Kabupaten Kutai Barat yang terbuka, banyak proyek pembangunan, juga adanya program-program pemerintah baik berupa transmigrasi maupun tugas kedinasan dan juga potensi bisnis memberikan peluang besar bagi orang-orang Nusa Tenggara Timur turut serta berperan aktif dalam mengambil bagian di Kabupaten Kutai Barat tercinta ini, sebab itu kita datang dan berkarya,” jelas Anton Ukat.

Baca Juga :  Kukar Juara Umum MTQ Kaltim Lima Kali Berturut-turut, Piala Diarak Keliling Sebagai Bentuk Euforia

Ia menyebut organisasi Ikentim sudah 13 tahun berdiri di Kutai Barat dan sudah 3 kali mengalami pergantian pimpinan.

Para pimpinan terdahulu juga selalu bersinergi dengan pemerintah sehingga paguyuban NTT mendapat perhatian.

Salah satunya tanah untuk pemakaman umum bagi warga NTT yang dibantu oleh Pemkab Kubar. Selain itu pemerintah daerah juga sudah memfasilitasi warga berbagai daerah di NTT untuk mendapatkan KTP Kubar.

“Bapak bupati sebagai orangtua kami. Terima kasih bapak bupati dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang sudah membantu menerima kami sebagai warga masyarakat Kabupaten Kutai Barat dengan cara memfasilitasi dan mempermudah dalam proses administrasi kependudukan serta menjadikan kami saudara di tanaa purai ngeriman yang tercinta ini,” kata Anton.

Anton mengharapkan bantuan pemerintah, baik dalam mengurus administrasi kependudukan maupun kesempatan untuk berkarya di berbagai bidang, termasuk mendirikan rumah singgah.

“Dengan segala kerendahan hati bermohon bapak Bupati Kutai Barat selaku orang tua kami, agar membantu kami mendirikan rumah sainggah dan mendirikan badan usaha koperasi di Kutai Barat,” pungkasnya. (kbr)

Share :

Baca Juga

Advertorial

DPRD Kutim Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Kecamatan Sangatta Selatan

Advertorial

Pemkab Kukar Berencana Berikan Tunjangan ASN Dalam Bentuk Beras

Advertorial

Wabup Kukar Datangi Lokasi Kebakaran di Desa Sumber Sari, Berikan Bantuan Kapada Korban

Advertorial

Dinas PU Kukar Menggelar Apel Peringatan Hari Bakti PU ke-78

Advertorial

Disdikbud Kukar Harapkan Sekolah Lainnya Bisa Meraih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

Pemerintah

Layanan Bağı Tenaga Kesehatan Pada Mal Pelayanan Publik Telah Disempurnakan

Advertorial

Hasil Kopi Luwak Desa Perangat Baru Diminati Pengusaha dari Bali dengan Harga yang Tinggi

Advertorial

DPRD Kutim Menggelar Sosialisasi Perda Tentang Perlindungan Anak di Kecamatan Sangatta Selatan