Home / Advertorial / Pemerintah

Jumat, 11 November 2022 - 15:52 WIB

Pemkab Kukar Berikan Bantuan kepada Kelompok Nelayan di Muara Wis

Bupati Kukar Edi Damansyah memberikan bantuan mesin ces kepada sejumlah kelompok nelayan di Muara Wis (Istimewa)

Bupati Kukar Edi Damansyah memberikan bantuan mesin ces kepada sejumlah kelompok nelayan di Muara Wis (Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, ekspsosisi.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berkomitmen terhadap realisasi Program “Kukar Idaman”, salah satunya memberikan bantuan sarana prasarana nelayan ramah lingkungan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) ditandai dengan penyerahan 246 unit mesin ces bagi kelompok nelayan di empat desa kecamatan Muara Wis, tepatnya di Desa Melintang, pada Kamis (10/11/2022).

Kelompok penerima manfaat bantuan mesin ces dari DKP secara simbolis diserahkan Bupati Edi Damansyah kepada masing-masing perwakilan Ketua Kelompok Nelayan (KN) di Kecamatan Muara Wis yakni KN Cahaya Indah dari Desa Melintang, dengan jenis bantuan mesin ces 9 HP sebanyak 20 unit. KN. Karya Etam Bersama Desa Melintang, berupamesin ces  9HP 20 Unit. KUB Muda Karya  Desa Pela Lama mesin ces 13HP 15 Unit. KUB Bina Nelayan  Desa Melintang mesin ces 15HP 20 Unit. KN. Budidaya Mawar Desa Melintang, mesin ces 9HP 20 Unit. KUB Cahaya Nelayan Desa Melintang mesin ces 15HP 19 Unit.

Kemudian KUB Ranex Berkarya Desa Melintang, berupa mesin ces 13HP 17 Unit. KUB Haur Serumpun Desa Melintang, berupa mesin ces 13HP 23 Unit. KN Maju Beimbei Desa Melintang, berupa mesin ces 9HP 20 Unit. KN. Harapan Jaya Desa Melintang, berupa 9HP 20 Unit. KUB Sumber Rejeki Desa Melintang, berupa mesin ces 9HP 20 Unit. KN. Kenohan Bestari Desa Enggelam, berupa mesin ces 13HP 13 Unit. KN. Maju Bersama  Desa Muara Enggelam, berupa mesin ces 13HP 10 Unit. KN. Maju Bersama Desa Sebemban, berupa mesin ces 13HP 12 Unit.

Baca Juga :  Bupati Kukar Berikan Bantuan di Pondok Pedanten Desa Loa Janan Ulu

Selain mesin ces nelayan, Edi Damansyah juga menyerahkan alat tangkap ikan ramah lingkungan berupa rengge/jaring 500CS sebanyak 500 Unit untuk KUB Nelayan Sejahtera Desa Melintang.

“Saya melihat aktivitas masyarakat khususnya profesi nelayan di Muara Wis ini ditekuni masyarakat dengan baik. Profesi ini merupakan penopang ekonomi keluarga dan Pemkab Kukar hadir di tengah-tengah masyarakat memastikan kehidupan ekonomi berjalan baik, sehingga nelayanlah yang lebih paham apa saja yang dibutuhkan dalam menunjang aktifitas sehari-hari,” kata Edi Damansyah.

Penyerahan bantuan nelayan tersebut merupakan realisasi dari program dedikasi Kukar Idaman di dalamnya terdapat program 25 Ribu Nelayan Produktif dimana salah satu kegiatannya memberikan bantuan berupa mesin ces untuk kelompok pembudaya ikan sebanyak 13 kelompok yang tersebar di Desa Sebemban, Muara Enggelam, Melintang, dan Pela Lama.

Baca Juga :  Upaya Pemkab Kukar Penuhi Tenaga Medis, Sediakan Beasiswa Tematik Bidang Kesehatan

“Saya sangat berharap apa yang sudah diserahkan bagi kelompok nelayan agar bisa dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Edi Damansyah mengungkapkan belum semua kelompok mendapatkan bantuan dan masih banyak kelompok-kelompok yang menunggu bantuan.

“Kelompok nelayan ini sudah terhimpun dengan baik khususnya di zona hulu, tengah dan pesisir dengan berbagai macam karekteristiknya, di Muara Wis kegiatan perikanan air tawar, budidaya dan penangkapannya,” ungkapnya.

Ia berharap kelompok masing-masing mengedepankan kebersamaan dan tidak boleh dalam satu kelompok itu ada yang tertekan dan ada yang gembira, melainkan jika ada kelompok yang kesulitan harus dibantu dan itu prinsip dan kaedah dalam berkelompok.

“Kelompok harus dilakukan pembinaan dengan baik, ketua kelompok bertanggungjawab untuk memastikan bahwa seluruh anggotanya masih produktif dan orangnya masih ada. Pastikan data kelompok itu dengan baik sehingga bantuan pemerintah itu tidak bisa diturunkan kepada individu atau orang perorang melainkan harus melalui kelompok,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

SDN 003 Muara Kaman Tingkatkan Mutu Pendidikan Dengan Mendorong Kompetensi Tenaga Pendidik

Advertorial

Optimalkan Penggunaan APBD, Pemkab Kutim Komitmen Alokasikan Belanja Daerah Tepat Sasaran

Pemerintah

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Pemkab Kukar Usulkan Tambahan Kuota PPPK Tenaga Pendidikan

Advertorial

Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid Membacakan Teks Proklamasi Dalam Upacara Peringatan HUT ke-78 RI

Pemerintah

MPP Kukar, Terobosan Edi-Rendi Ciptakan Pelayanan Maksimal Bagi Masyarakat

Advertorial

Upaya Pemkab Kukar Penuhi Tenaga Medis, Sediakan Beasiswa Tematik Bidang Kesehatan

Advertorial

Wakil Ketua DPRD Kutim Sebut Pencegahan dan Arahan Dari KPK Penting Untuk Penganggaran yang Transparan

Advertorial

Bupati Edi Damansyah Resmikan Masjid Darul Ni’mah di Desa Tani Harapan