Home / Advertorial / Infrastruktur / Pemerintah / Serba Serbi

Minggu, 7 Mei 2023 - 11:11 WIB

Desa Muara Ritan akan Kembangkan Wisata Air Terjun dan Pulau di Sungai Belayan

Air terjun di Desa Muara Ritan

Air terjun di Desa Muara Ritan

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki kekayaan potensi alam yang bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata yang indah. Hal ini dimanfaatkan Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Ritan, Kecamatan Tabang, untuk fokus terhadap pengembangan potensi wisata alam di wilayahnya.

Kepala Desa Muara Ritan, Ardy Maroni, mengatakan beberapa potensi wisata alam yang ingin dikembangkan, yakni wisata air terjun dan pulau yang berada ditengah Sungai Belayan. Wisata pulau ditengah Sungai Belayan itu pun dinilai mempunyai daya tarik yang kuat untuk menarik perhatian para wisatawan atau pengunjung.

“Jadi daya tariknya karena pulau itu ada ditengah sungai. Seandainya musim kemarau pulau itu timbul dan semua orang kumpul disitu. Mereka kemping dan cari ikan, kemudian ikannya dibakar disitu juga, jadi seru,” ujar Ardy Maroni.

Baca Juga :  24 Tahun Tanpa Listrik, Angola DPRD Kutim Prioritaskan Dua Desa di Kecamatan Bengalon

Untuk menuju wisata pulau ditengah sungai tersebut, para wisatawan difasilitasi dengan ferry penyeberangan yang ada di desa. Cukup dengan membayar uang sebesar Rp5000, para wisatawan akan diantar pulang pergi (PP). Bahkan, tidak jarang juga wisatawan menyeberang tanpa menggunakan feryy. Karena apabila air terlalu surut, pulau tersebut dapat diseberangi dengan jalan kaki saja.

“Apalagi di momen libur besar itu ribuan orang datang ke Muara Ritan. Karena secara posisi strategis lokasinya, kita didukung dengan dengan desa-desa lainnnya yang punya wisata unggulan. Seperti desa Tukung Ritan dan Ritan Baru itu ada kebudayaan, yang mayoritasnya adalah suku Dayak Kenyah. Kemudian Desa Buluk Sen itu mempunyai daerah pegunungan. Jadi kalau libur pasti datangnya ke wilayah kita (wisatawan),” ungkap Ardy.

Pengembangan potensi wisata alam ini juga menjadi program unggulan bagi Desa Muara Ritan. Pemerintah desa juga sudah menyiapkan langkah untuk menjadikan Muara Ritan Sebagai Desa Wisata. Diantaranya, membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga :  Bupati Kukar Inginkan Program yang Dikerjakan Forum TJSP Sejalan dengan Pemerintah

“Kita aktifkan pemudanya, karena salah satu tonggak keberhasilan pembangunan itu peran serta pemuda. Nanti dalam waktu dekat kita akan memberikan pelatihan kewirausahaan dan membentuk kelompok wirausaha, agar nanti kita fokus dalam pembangunan infrastruktur pendukung desa,” sebutnya.

Kedepannya, potensi-potensi wisata alam yang ada di Desa Muara Ritan ini pun akan dikelola secara profesional oleh Pokdarwis yang berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Pada dasarnya semua usaha disana harus dilibatkan di BUMDes, nanti kolaborasi antar pemerintah desanya dan itu harus sinkron,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

SDN 019 Tenggarong Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Siswa

Advertorial

Grup Musik Bagindas Sukses Menghibur Masyarakat di Tenggarong

Advertorial

DPRD Kukar Menggelar Sidang Paripurna Istimewa Peringati HUT ke-241 Kota Tenggarong

Advertorial

Pertanggungjawaban Belanja Online CAKEP, Upaya BPKAD Evaluasi ATKP dan SP2D Online

Advertorial

Kota Bangun Darat Jadi Tuan Rumah MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Kukar, Sejumlah Persiapan Dilakukan

Advertorial

Peringati Hut Satpol PP dan Satlinmas, Bupati Kukar Berpesan Tingkatkan Tanggung Jawab Jelang Pemilu 2024

Ekonomi

Respon Cepat Pemkab Kukar Atasi Kelangkaan Pupuk, Wabup Rendi Berikan Bantuan 217 Ton Pupuk kepada Petani

Hukum - Kriminal

Didi Tasidi Ziarah ke Makam Raja Kutai, Minta Restu Jadi Jaksa Agung