Home / Ekonomi / Finansial / Serba Serbi

Selasa, 16 Mei 2023 - 07:28 WIB

PT MHU dan TNI Berkolaborasi Membangun Fasilitas Air Bersih di Desa Lung Anai

Bangunan penampungan air yang dibangun PT MHU bersama TNI

Bangunan penampungan air yang dibangun PT MHU bersama TNI

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, yang penting untuk dipenuhi. Menyadari akan hal itu, PT Multi Harapan Utama (MHU) berkolaborasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Komando Distrik Militer (Kodim) 0906 Kutai Kartanegara (Kukar) membangun fasilitas air bersih untuk warga Desa Lung Anai, Kecamatan Loa Kulu.

Fasilitas air bersih ini diresmikan oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, pada Sabtu  (13/5/2023). Kepala Teknik Tambang PT MHU, Aris Subagyo menyampaikan bahwa kolaborasi MHU dengan TNI ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat yang sebelumnya memiliki keterbatasan dalam mendapatkan air bersih.

“Dengan adanya proyek air bersih, masyarakat Desa Lung Anai akan mendapatkan akses yang lebih baik terhadap air bersih yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari dan juga untuk kegiatan pertanian mereka,” kata Aris.

Menurut Aris, peresmian fasilitas air bersih di Desa Lung Anai akan menjadi sebuah momen penting bagi masyarakat desa dan juga bagi pembangunan di Kutai Kartanegara.

Baca Juga :  Warga Kelurahan Loa Ipuh Gotong Royong Bersihkan Sampah di Sungai

Inisiatif ini akan memperlihatkan bahwa pembangunan yang berkelanjutan dan terencana dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

Fasilitas air bersih yang dibangun PT MHU Bersama TNI ini, akan dinikmati oleh sebagian besar penduduk desa, yakni sekitar 116 KK dari total 148 KK atau sekitar 78% dari total penduduk.

Sebelumnya masyarakat setempat telah memiliki sumber air bersih dari sungai kecil dengan system gravitasi, namun kondisi saluran air tersebut sudah rusak dan seringkali mengalami kemacetan.

Guna mengatasi hal tersebut, PT MHU bersama TNI melakukan kolaborasi membangun fasilitas lengkap berupa kolam penangkap air di sekitar sumbernya yang disalurkan melalui jaringan pipa sepanjang 1,5 kilometer yang terhubung ke bak penampungan di desa dengan debit 2 liter per detik.

Baca Juga :  Pemerintah Kecamatan Anggana Libatkan Perusahaan Swasta Melakukan Pemugaran Makam Habib Tunggang Parangan

Bupati Kutai Kartanegara, Drs. Edi Danansyah, M.Si dalam sambutannya menyampaikan Desa Lung Anai ini ditetapkan menjadi salah satu Desa Budaya, hal ini menjadi prioritas bagi kami untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa, dan berharap bisa menjadi lokasi wisata di Kecamatan Loa Kulu.

Suasana peresmian fasilitas air bersih di Desa Lung Anai

Kepala Desa Lung Anai, Lukas Nay juga menyampaikan harapannya dari program TMAB ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga Desa Lung Anai, dan akan terus berupaya memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat.

Ia juga berharap kolaborasi yang telah dikerjakan dalam 3 bulan terakhir ini akan terus berlanjut.

Desa Lung Anai, merupakan Desa Budaya dengan mayoritas penduduknya adalah Suku Dayak Kenyah. Sebagai sentra penghasil coklat, mayoritas masyarakat setempat berprosesi sebagai petani, baik petani coklat maupun petadi padi ladang. (kkr)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Lomba Balap Ketinting Meriahkan Erau 2023, Puluhan Peserta dari Berbagai Daerah Turut Meramaikan

Advertorial

Anggota Komisi III DPRD Kaltim Menilai Alokasi APBD 20 Persen untuk Pendidikan Masih Belum Optimal

Hukum - Kriminal

Jalin Silaturahmi Bersama Masyarakat, Polres Mahakam Ulu Rutin Menggelar Jumat Curhat

Hukum - Kriminal

Sosialisasikan dan Beri Kesadaran Hukum kepada Masayarakat, Kejari Kukar Rutin Siaran di RPK FM

Advertorial

Maksimalkan Potensi Lokal, Pembentukan Kepengurusan Kekraf Kecamatan Terus Dikebut

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Soroti Perubahan Undang-undang Terkait Keuangan Pusat dan Daerah

Pemerintah

Anggapan Miring Tentang Pulau Kumala Tidak Benar, Pemkab Kukar Terus Melakukan Pengembangan Fasilitas

Advertorial

Desa Muara Ritan akan Kembangkan Wisata Air Terjun dan Pulau di Sungai Belayan