Home / Advertorial / Infrastruktur / Pemerintah

Jumat, 28 April 2023 - 14:51 WIB

Respon Cepat, Pemkab Kukar Anggarkan Rp13 Miliar untuk Perbaikan Jembatan Sambera

Rendi Solihin - Wakil Bupati Kukar

Rendi Solihin - Wakil Bupati Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) merespon cepat keluhan masyarakat terkait kerusakan Jembatan Sambera yang terletak di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak.

Jembatan Sambera merupakan akses vital, selain menjadi penghubung Kecamatan Muara Badak – Marang Kayu, jembatan itu juga menjadi akses untuk menuju akses wisata di Kecamatan Muara Badak.

Namun, jembatan yang sempat diperbaiki pada tahun 2021 dengan memakan anggaran Rp1 miliar, kini kondisinya memprihatinkan.

“Terkait jembatan Sambera di Muara Badak, sudah kita minta Dinas PU untuk menguji dengan baik penanganannya agar tepat,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin.

Baca Juga :  Bupati Edi Damansyah Tinjau Pusban Loa Tebu Usai Dilakukan Perbaikan

Perbaikan jembatan Sambera nantinya akan dilakukan secara permanen dengan menggunakan biaya sebesar Rp13 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023. Proses lelang pun dilakukan secepatnya guna memastikan jembatan tersebut segera mendapat penanganan.

“Sudah kita anggarkan penanganan permanen jembatan tersebut, di Minggu bulan ke-3 ini saya minta paling lambat PU segera lelang,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Dinas PU Kukar, Restu Irawan, menjelaskan, perbaikan jembatan Sambera akan dilakukan tahun ini. Namun, perbaikan jembatan teresebut sistemnya menggunakan pengalihan jalan. Jembatan Sambera tersebut akan dibangun sepanjang 60 meter dengan lebar 8 meter.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kukar Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Muara Kaman

Dinas PU juga akan memanfaatkan tiang jembatan yang ada untuk pembangunannya, karena tiang tersebut masih layak untuk digunakan.

“Kalau membangun jembatan panjang 60 meter itu butuh anggaran Rp25 miliar. Untuk mengefisiensi anggaran kita manfaatkan kondisi yang ada dan ternyata masih layak, makanya kita menambah perkuatan – perkuatan terhadap lantai dan lain-lain. Jadi nanti kita cor selebar 8 meter dan panjang 60 meter, mungkin rampungnya sekitar bulan Oktober atau November,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Kukar Bersholawat Jilid 2 Sukses Digelar, Ribuan Masyarakat Padati Taman Kota Raja

Advertorial

Disdikbud Kukar Dorong Pengembangan Kegiatan P5 untuk Hasilkan Karya Kreativitas

Advertorial

Wahana Waterboom Sedang Dibangun di Pulau Kumala, Pembenahan Objek Wisata Andalan Ini Terus Dilakukan

Infrastruktur

Kementerian Komunikasi dan Informatika Targetkan Pembangunan PDN Tuntas Pada Agustus 2024

Advertorial

Siapkan Reward, Dorong Pemdes Maksimalkan Pajak dan Retribusi

Advertorial

Bupati Kukar Melakukan Safari Subuh di Masjid Al Fajar Kelurahan Maluhu

Advertorial

Kutim Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Kaltim

Advertorial

Disdikbud Kukar Menggelar Sosialisasi Uji Kompetensi Bagi Pengawas dan Guru SD Sebagai Syarat Kenaikan Jenjang Jabatan