Home / Advertorial / Pemerintah

Sabtu, 27 Mei 2023 - 17:24 WIB

Sekda Kukar Intruksikan Seluruh Kecamatan Harus Menggelar MTQ

Penyambutan Kafilah asal Kukar peserta MTQ Provinsi Kaltim

Penyambutan Kafilah asal Kukar peserta MTQ Provinsi Kaltim

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono menginstruksikan seluruh kecamatan di Kukar untuk melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) setiap tahunnya.

Sunggono yang juga sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kukar mengatakan, MTQ Tingkat kecamatan merupakan syarat utama untuk mengikuti lomba MTQ di tingkat Kabupaten Kukar.

“Kalau tidak bisa melaksanakan kemungkinan mereka tidak boleh ikut MTQ kabupaten. Karena harapannya kita bisa membumikan Al-Qur’an di Kukar,” tegas Sunggono.

Sunggono menyebut, di Kukar tidak sampai 25 persen kecamatan yang tidak atau belum melaksanakan kegiatan MTQ. Tetapi dirinya sering mendengar keluhan dari pengurus LPTQ kecamatan dan para kafilah soal tidak rutinnya MTQ digelar di beberapa kecamatan.

Keluhan ini didengar Sunggono pada saat berkunjung di sejumlah kecamatan, seperti Tenggarong Seberang dan Tabang. Padahal pada prinsipnya, para tokoh agama serta ustaz dan ustazah di kecamatan sangat menginginkan MTQ dapat diselenggarakan. Namun, mereka merasa tidak adanya dukungan dan koordinasi yang dilaksanakan pemerintah kecamatan.

Baca Juga :  Kunjungi Kota Samarinda, Presiden Jokowi Tinjau Kebutuhan Pokok di Pasar Merdeka

“Akhirnya nggak dilaksanakan. Faktornya ya pengurus yang tidak terlalu aktif di kecamatan, pemerintah kecamatannya atau karena pengurus LPTQ kecamatannya abai,” sebutnya.

Instruksi diadakannya MTQ di setiap kecamatan ini bagian dari penegasan agar talenta-talenta di kecamatan bisa terjaring maksimal. Sebagaimana diketahui, Kukar menjadi daerah yang berhasil mempertahankan predikat Juara Umum MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebanyak enam kali berturut-turut.

Sebagaimana diketahui, tahun 2023 ini Kukar kembali membawa pulang piala Juara Umum pada ajang MTQ Provinsi Kaltim yang diselenggarakan di Balikpapan. Kemudian Lima penghargaan lainnya yang diraih Kukar, yaitu di Penajam Paser Utara (2017), Berau (2018), Paser (2019), Bontang (2021) dan Samarinda (2022).

Baca Juga :  Bupati Edi Damansyah Apresiasi Sejumlah Kegiatan Positif Isi Peringatan Hari Buruh Internasional di Kukar

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah, mengatakan, keberhasilan atas prestasi ini tak lepas dari program pengembangan yang dilakukan LPTQ Kabupaten Kukar. Ia pun meminta agar prestasi yang telah diraih bisa dievaluasi untuk diimplementasikan kembali. Sehingga, kedepannya pengembangan tilawatil qur’an di Kukar bisa semakin baik.

“Bidang apapun pembinaannya, kami akan optimalkan membina anak asli Kukar. Saya sangat percaya, jika pembinaan baik pasti hasilnya baik. Anak-anak di Kukar juga merupakan anak yang hebat dan membanggakan,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Kukar Bersholawat Jilid 2 Dipadati Ribuan Jemaah, Bupati Ajak Masyarakat Jadikan Sholawat Amalan Sehari-hari

Advertorial

10 Tenaga Pengawas SMP Ikuti Bimtek Peningkatan Manajerial dan Akademik yang Digelar Disdikbud Kukar

Pemerintah

Kemenag Kukar Tentukan Kadar Zakat Fitrah

Advertorial

Disdikbud dan TACB Kukar Menggelar Sidang Penetapan Objek Cagar Budaya Peringkat Kabupaten

Advertorial

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Soroti Sejumlah Aset Pemprov yang Tidak Terurus

Advertorial

Kesan Ketua DPRD Kukar pada HUT ke-241 Tenggarong, Pembenahan dan Penataan Terus Dilakukan

Advertorial

Pejabat Pemerintah dan Kerabat Kesultanan, Hingga Warga Makan Bersama Dalam Acara Beseprah

Advertorial

Sangasanga Juara Umum Lomba BKPAKSI Kukar