Home / Advertorial / Pemerintah

Jumat, 17 Maret 2023 - 12:51 WIB

Sekda Kukar Mengajak Seluruh Stakeholder Bekerjasama Mengembangkan Potensi Perkebunan Kelapa Sawit

Sunggono - Sekda Kukar

Sunggono - Sekda Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Sekertaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono mengajak stakeholder untuk bekerjasama mengembangkan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan melalui pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sunggono mengatakan berdasarkan data tahun 2022, Kukar memiliki lahan perkebunan kelapa sawit seluas 258.423 hektare, yang terdiri dari lahan yang diusahakan oleh perusahaan perkebunan seluas 199.596 hektare dan lahan perkebunan rakyat sebesar 58.827 hektare, dengan total produksi mencapai 3.033.847 ton, yang mengalami kenaikan sebesar 56.981 ton dari tahun 2021 yang mencapai 2.976.866 ton.

Ia mengatakan Kukar berkontribusi menyumbang produksi kelapa sawit  di Provinsi Kaltim sekitar 19,74 persen. Ini merupakan kontribusi terbesar kedua setelah Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Baca Juga :  Panggung Budaya Akan Dibangun di Tepi Danau Semayang Kawasan Desa Pela

Dengan besarnya kotribusi ini sudah semestinya harus segara dibarengi dengan melakukan percepatan pembangunan di daerah. Melalui berbagai program kerja dan agenda kegiatan yang lebih bermakna khususnya di berbagai bidang pembangunan daerah, dengan cara melibatkan seluruh stakeholder yang ada di Kukar.

“Untuk itu kita mengajak seluruh stakeholder terkait bahu membahu membangun produktivitas kerja yang prima dalam menghadirkan formulasi kebijakan dan pelaksanaan pembangunan di daerah.” kata Sunggono.

Baca Juga :  Atasi Minimnya Pelayanan Kesehatan, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Pemerintah Tambah Rumah Sakit Baru

Upaya yang dilakukan salah satunya dengan menghadirkan berbagai inovasi dan pengembangan IPTEK bernilai tinggi dan berkualitas dengan menghadirkan ide-ide pemikiran yang ilmiah, otentik, menarik, dan cemerlang.

Serta dikreasikan dengan nilai potensi strategis di daerah, sesuai situasi dan kondisi yang terjadi, terutama upaya bersama dalam persiapan menyambut perpindahan IKN di Provinsi Kaltim.

“Kami mendukung dan berkomitmen agar rencana pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di Kabupaten Kutai Kartanegara bisa diwujudkan sesuai asas pembangunan perkebunan berkelanjutan,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

SDN 015 Tenggarong Berpartisipasi Tampilkan Kerajinan Siswa di Stan Expo Sekolah

Advertorial

Wakil Bupati Kukar Ajak Pemilik NPWP Segera Melaporkan SPT Tahun 2023

Advertorial

Pertama di Indonesia, Dishub Kukar Miliki BLUD PKB

Advertorial

Pengerjaan Landmark Menara Tuah Himba Ditargetkan Selesai Desember 2023

Advertorial

Antisipasi Penyebaran PMK, Distanak Kukar Rutin Melakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Ternak

Advertorial

TPA di Kecamatan Loa Kulu Akan Dibangun Dinas PU Kukar di Kawasan Desa Jembayan Tengah

Advertorial

Anggota DPRD Tegaskan Pentingnya Pembentukan Desa Baru di Kutim untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Advertorial

Minimalisir Banjir, Dinas PU Kukar Usulkan Normalisasi Anak Sungai Tenggarong