Home / Advertorial / Infrastruktur / Pemerintah

Senin, 27 Maret 2023 - 22:25 WIB

Tingkatkan PADes, Desa Separi akan Benahi Potensi Pariwisata

Gua Batu Gelap di Desa Separi

Gua Batu Gelap di Desa Separi

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Desa Separi yang berada di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki sejumlah objek wisata yang dapat dimaksimalkan sebagai pendapatan desa.

Kepala Desa Separi Sugianto mengatakan, Desa Separi memiliki tiga objek destinasi wisata seperti Gua Batu Gelap, Waduk dan Air Terjun. Jika ini bisa dimaksimalkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan baik, maka destinasi tersebut sangat menjanjikan untuk PADes.

“Namun untuk wisata goa dan waduk saat ini masih dalam tahap perbaikan baik jalan akses masuk goa maupun sarana pendukung lainnya. Selain itu ada juga beberapa lahan tidur yang nantinya akan ditanami buah utk melengkapi desa wisata sekitar 25 hektar,” kata Sugianto.

Baca Juga :  Pemkab Kutim Sediakan Puluhan Unit Ambulans Untuk Didistribusikan ke Sejumlah Kecamatan

Sugianto mengungkapkan Desa Separi memiliki waduk yg dibangun sekitar tahun 1975, namun kondisinya sekarang rusak parah. Rencananya waduk ini akan dihidupkan kembali untuk pertanian, agar desa wisata itu benar–benar alami.

Untuk waduk ini sudah dibikin potensi untuk mengairi persawahan padi itu 600-1000 hektar yang berbatasan dengan Desa Bukit Pariaman dan Suka Maju, karena air kiriman dari atas itu sangat deras sehingga banjir.

“Oleh karena itu kita berharap waduk tersebut segera dibangun kembali karena waduk itu kurang baik dan tidak terawat, harapannya bisa cepat dibangun,” ucapnya.

Ia mengatakan dalam waduk itu nantinya akan dipelihara ikan, kalau banjir ada sistem mina padi. Karena hutannya masih alami dan belum ada tambang.

Baca Juga :  Escape to the Caribbean for Stress-Free Holidays

“Potensi perikanan, perkebunan berpotensi sehingga kita siapkan lahan untuk tanam buah juga sebagai pelengkap wisata,” jelasnya.

Kemudian untuk pengelolaannya melalui BUMDes, karena Bupati Kukar saat ini sedang giat mengintruksikan agar ada pengembangan BUMDes. Ketika BUMDes berkembang tentu PADes bertambah.

“Sebagai desa tua, Separi harus melirik dan membantu perbaikan waduk. Kita juga menginginkan ada perubahan nantinya dijadikan PADes pasca tambang karena tambang juga nanti akan habis dan masyarakat akan kembali bertani dan berkebun,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

206 Peserta Ikuti Sprint Race Swimming Open 2023 di Kutim

Advertorial

Pemerintah Kecamatan Samboja Lakukan Pendataan Aset Kukar yang Masuk IKN

Advertorial

Bupati Edi Damansyah Serahkan Bantuan Rp100 Juta untuk 15 Pondok Pesantren se-Kukar

Advertorial

Bupati Cup Bola Voli Kutim Resmi Dibuka Bupati Kutim

Advertorial

Ketua DPRD Kukar Berpesan kepada Pemkab dan Pemuda untuk Terus Melestarikan Adat dan Budaya

Advertorial

Bupati Kutim Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Masjid Al Fatihah Sangatta Utara

Advertorial

Dinilai Ramah Lingkungan, Pemkab Kukar Upayakan Peralihan Penggunaan Perahu Kayu Menjadi Fiber

Advertorial

Pekan Wisata Ramaikan HUT ke-20 Desa Selangkau, Bupati Kutim Sebut Potensi Wisata Sudah Dikelola Dengan Baik