Home / Advertorial / Pemerintah

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:50 WIB

Asisten I Setkab Kukar Membuka Kegiatan Peningkatan Berbahasa dan Bersastra Daerah

Asisten I Membuka Kegiatan Peningkatan Berbahasa dan Bersastra Daerah

Asisten I Membuka Kegiatan Peningkatan Berbahasa dan Bersastra Daerah

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat membuka kegiatan peningkatan berbahasa dan bersastra daerah, yang digelar Kantor Bahasa Provinsi Kaltim, di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, pada Senin (20/5/2024).

Kegiatan yang dirangkai dengan pelatihan guru utama revitalisasi bahasa Melayu Kutai itu, diawali dengan pemberian cendramata oleh Asisten I Akhmad Taufik Hidayat kepada Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kaltim Halimi Hadibrata dan juga sebaliknya.

Ketua panitia Diyan Kurniawati dalam laporannya mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menghasilkan para pengajar yang mampu mengimbaskan ilmunya kepada pengajar sejawat di daerahnya masing-masing dan menjadi pemantau dalam pembelajaran revitalisasi bahasa daerah.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan revitalisasi bahasa daerah yang nantinya akan menuju Festival Tunas Bahasa Ibu, yaitu untuk unjuk kebolehan siswa-siswi dalam bahasa Melayu Kutai.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari yaitu sejak tanggal 20 sampai dengan 23 Mei 2024, kegiatan ini mengundang 70 peserta yang terdiri atas guru SD guru SMP dan penggiat bahasa Melayu Kutai dari Kabupaten Kukar, Kubar dan Kutim.

Baca Juga :  Pemusatan Latihan Kafilah MTQ Kukar Resmi Berakhir

“Harapannya, melalui kegiatan ini ke depan para peserta pelatihan dapat menularkan materi yang telah diperoleh dari para narasumber kepada guru-guru lainnya, dan siswa-siswi partisipan di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan Akhmad Taufik Hidayat pada saat membuka kegiatan mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam upaya bersama untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa dan sastra daerah khususnya bahasa Melayu Kutai.

Bahasa dan sastra daerah merupakan warisan budaya tak ternilai. Menurutnya bahasa dan sastra bukan hanya sekedar alat komunikasi tetapi juga merupakan cermin identitas sejarah dan kekayaan budaya.

“Saya berterima kasih dan terus mendukung berbagai upaya yang telah dilaksanakan oleh semua pihak, yang telah berkiprah di tengah masyarakat khususnya di dunia pendidikan dan kebudayaan untuk mewujudkan misi kedua kepala daerah, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya,” ucapnya.

Baca Juga :  Hari Pertama Kukar Land Festival 2023 Pecah, Puluhan Ribu Pengunjung Padati Stadion Aji Imbut

Ia mengatakan dalam era globalisasi ini semua pihak dihadapkan pada tantangan besar untuk mempertahankan dan menghidupkan kembali bahasa-bahasa daerah yang mulai tergerus oleh perkembangan zaman, oleh karenanya peran para guru sangatlah penting dalam upaya revitalisasi.

Karena keberadaan guru menurutnya bukan hanya sebagai pengajar, akan tetapi juga sebagai penjaga dan pelestarian budaya melalui pendidikan yang diberikan kepada para generasi muda penerus bangsa.

“Mari sama-sama menjadikan kegiatan ini sebagai momentum dalam memperkuat komitmen guna melestarikan bahasa dan sastra daerah, sehingga dengan semangat dan kerja keras bersama bahasa Melayu Kutai akan terus menjadi bagian penting bagi kehidupan budaya ditengah masyarakat,” tutupnya. (adv/diskominfo/kukar)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Panggung Budaya Akan Dibangun di Tepi Danau Semayang Kawasan Desa Pela

Advertorial

Tangani Permasalahan Sampah, Pemerintah Kecamatan Loa Kulu Akan Menggelar Pelatihan Pengelolaan Sampah

Advertorial

Bupati Kukar Edi Damansyah Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Kecamatan Loa Kulu

Advertorial

Pemkab Kukar Pastikan Stok Bahan Pokok di Pasar Aman Selama Ramadan

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Aktif Dengarkan Aspirasi Warga, Pengembangan UMKM Banyak Diinginkan

Advertorial

Hari Sumpah Pemuda 2023, Wakil Bupati Kukar Berpesan Agar Pemuda Bergerak Cepat

Advertorial

PT MKI – MHU Bersama Polresta Samarinda Bantu Musdalifah Agar Terus Sekolah

Pemerintah

Otorita IKN Menggelar Perkemahan Tentang Konservasi Alam Libatkan Ratusan Pelajar