Home / Advertorial / Pemerintah / Pendidikan-Kesehatan

Jumat, 29 Maret 2024 - 20:23 WIB

Disdikbud Kukar Gaungkan Gerakan Sekolah Sehat, Cerdas dan Berkarakter

Ilustrasi sekolah berbasis lingkungan

Ilustrasi sekolah berbasis lingkungan

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang PAUD dan PNFI menggaungkan Gerakan Sekolah Sehat bagi semua lembaga satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SKB dan PKBM bersama-sama berkewajiban untuk mewujudkan sekolah sehat, cerdas dan berkarekter.

“Gerakan sekolah sehat ini sebenarnya sudah ada sebelumnya melalui UKS dimasing-masing sekolah dan sekarang sekolah sehat tersebut dengan lima aspeknya yakni sehat fisik, sehat gizi, sehat imunisasi, sehat jiwa, dan sehat lingkungan,” kata Ida Wahyu Sayekti, Kasi Kurikulum dan Pengembangan Mutu PAUD dan PNFI saat Sosialisasi Pelaksanaan Uji Kesetaraan.

Menurut Ida Wahyu gerakan sekolah sehat tersebut juga dalam waktu dekat akan disosialisasikan kembali dalam upaya penguatan gerakan sekolah sehat di masing-masing sekolah baik sekolah formal dan non formal.

“Dalam waktu dekat gerakan sekolah sehat ini akan disosialisasikan kembali sehingga dapat dipedomani, pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang sehat dalam mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarekter,” katanya.

Bahkan gerakan sekolah sehat tersebut akan dilombakan mulai tingkat sekolah se-Kabupaten hingga tingkat nasional.

Baca Juga :  Topang Perekonomian, Mayoritas Warga Desa Batu Batu Mengelola Lahan Sawit Sendiri

“Untuk itu saya mengajak semua lembaga pendidikan yang ada di Kutai Kartanegara untuk menerapkan gerakan sekolah sehat yang nantinya akan dilombakan dan ditingkat nasional lomba sekolah sehat berupa video gerakan sekolah sehat. Silahkan mulai sekarang dipersiapkan,” ujarnya.

Dikutif pada laman https://ditpsd.kemdikbud.go.id/ Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim menjelaskan, ada tiga prioritas yang perlu dicapai melalui kampanye Sekolah Sehat, yaitu sehat bergizi, sehat fisik, dan sehat imunisasi.

Sehat bergizi diperoleh dengan memberikan pemahaman gizi seimbang melalui Isi Piringku dengan pembiasaan makan dan minum dengan gizi seimbang; dan menghindari/meminimalisir konsumsi makanan cepat saji, makanan/minuman yang berpemanis, berpengawet, kuang serat, tinggi gula, garam, dan lemak; serta dengan pembiasaan kantin sehat.

Selain itu, untuk mencapai sehat fisik maka ada beberapa pembiasaan yang harus dilakukan, misalnya melakukan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) seminggu sekali, melakukan gerakan peregangan saat pergantian jam pelajaran, optimalisasi Lompat, Lari, Lempar, Loncat (4L) melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional pada jam istirahat, optimalisasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler olahraga, serta dengan melakukan pembiasaan jalan kaki.

Baca Juga :  Jabat Kepala Dinas PU Kukar, Wiyono Siap Kawal Pembangunan di Daerah

Pada sehat imunisasi, ada tiga hal yang bisa dilakukan yaitu pemetaan status imunisasi, pemberian rekomendasi, dan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap bagi usia sekolah.

Untuk mewujudkan Revitalisasi UKS melalui Sekolah Sehat, ada lima sasaran yang terlibat yaitu SD seluruh Indonesia, pendidik dan tenaga kependidikan, tim pembina dan pelaksana UKS, orang tua, serta masyarakat. Gerakan Sekolah Sehat akan dimulai dari jenjang SD untuk kemudian berkembang ke jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat.

“Sekali lagi saya ingin mengajak Ibu dan Bapak kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, serta orang tua, adik-adik pelajar, dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk dari pemerintah dan swasta, untuk menggerakkan kampanye Sekolah Sehat untuk anak-anak Indonesia bisa belajar dengan merdeka dalam keadaan sehat,” jelas Nadiem Makarim. (adv/diskominfo/kukar/072)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Menuju Titik Nol IKN, Kirab Pemuda Nusantara Dilepas Bupati Kukar

Advertorial

Ketua Komisi II DPRD Kaltim Dukung Peternak Domba Dapat Ruang Mengembangkan Usahanya

Pemerintah

Program Kukar Kaya Festival Raih Indonesia Award 2023, Wabup Rendi Solihin Terima Penghargaan di Jakarta

Advertorial

SMPN 6 Tenggarong Berencana Kembangkan Pembelajaran Berbasis Lingkungan

Advertorial

5 Atlet Kempo Kukar Toreh Prestasi di Jepang, Wabup Rendi Solihin Komitmen Berikan Bonus

Hukum - Kriminal

Kejari Kukar Melakukan Komitmen Bersama Wujudkan WBK dan WBBM

Advertorial

Komisi II DPRD Kaltim Menggelar RDP Membahas Aset Pemprov di Mal Lembuswana dan Komplek Pergudangan

Advertorial

Bupati Edi Damansyah Buka Bulan Bhakti Gotong Royong di Kukar