Home / Advertorial / Pemerintah

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:21 WIB

Festival Etam Begenjoh 2024 Sukses Digelar di Kota Malang, Akan Dilanjutkan di Dua Kota Lain

Festival Etam Begenjoh 2024

Festival Etam Begenjoh 2024

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Event festival kebudayaan Etam Begenjoh 2024 garapan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), bekerja sama dengan himpunan mahasiswa dan pelajar asal Kukar, digelar di Alun-alun Merdeka, Kota Malang, pada Sabtu (18/5/2024).

Tersaji beragam atraksi dan kegiatan, di antaranya, Beseprah, makan bersama dengan masyarakat umum dengan sajian makanan khas Kutai; Olahraga Tradisional, lomba gasing, egrang dan bakiak; Talkshow Kebudayaan; dan penampilan seni budaya Kukar, menampilkan budaya Pesisir, Budaya Kesultanan Kutai Kartanegra Ing Martadipura, budaya Dayak pedalaman.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, berkesempatan hadir langsung dan ikut menyemarakkan Etam Begenjoh 2024. Rendi Solihin mengatakan, Etam Begenjoh 2024 akan dilaksanakan di tiga kota, di antaranya Kota Malang, Kota Yogyakarta dan Kota Makassar.

Baca Juga :  Wabup Rendi Solihin Berikan Bantuan Bibit dan Alat Penunjang kepada Petani Rumput Laut di Samboja

“Bulan depan kita hadir di Yogyakarta, dan terakhir di Makassar,” ujar Rendi Solihin.

Ia menjelaskan, Etam Begenjoh bertujuan untuk mempromosikan seni budaya, kuliner, olahraga tradisional dan bahasa Kutai secara nasional.

“Ini adalah ajang momentum memperkenalkan budaya kita secara nasional, terlebih saat ini Kukar merupakan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN),” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Etam Begenjoh 2024, Rafif Fitrayasa, menerangkan, event tersebut disambut antusias oleh masyarakat Malang, bahkan sejumlah wisatawan mancanegara juga ikut hadir menyaksikan berbagai atraksi dan kegiatan.

“Kegiatan ini memang terbuka untuk umum, termasuk wisatawan mancanegara juga turut hadir,” ucap Rafif.

Terkait Talkshow Kebudayaan, Ia secara khusus ingin Bahasa Kutai bisa seperti Bahasa Betawi yang menasional, dikenal dan digunakan banyak orang dari berbagai daerah.

Baca Juga :  Sektor Pariwisata Sumbang PAD Kukar Rp343 Juta di Triwulan I Tahun 2023

“Kukar sebagai mitra IKN, sedini mungkin untuk kita perkenalkan budaya yang ada, termasuk Bahasa Kutai. Kita ingin Bahasa Kutai seperti Bahasa Betawi yang menasional,” paparnya.

Ia mengapresiasi kinerja Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin. Menurutnya, Edi-Rendi merupakan pemimpin yang peduli dengan seluruh kalangan masyarakat, termasuk mahasiswa dan pelajar yang tengah menimba ilmu di perantauan.

“Mereka benar-benar memperhatikan mahasiswa dan pelajar yang di luar daerah, termasuk himpunan mahasiswa. Selain itu, mereka juga sangat mendukung dengan program-program kerja yang dibuat mahasiswa,” tutupnya. (adv/diskominfo/kukar)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Distanak Kukar Miliki Drone Sprayer untuk Membantu Petani Mengendalikan Hama dan Penyakit

Advertorial

Komisi II DPRD Kukar menggelar RDP Bahas Upaya Peningkatan PAD Melalui Aktivitas Tunda dan Pandu di Muara Muntai

Advertorial

Pesta Laut Berlangsung Meriah, Wabup Kukar Pastikan Acara Ini Rutin Digelar

Advertorial

Pemusatan Latihan Kafilah MTQ Kukar Resmi Berakhir

Advertorial

Sekda Kukar Hadiri Evaluasi Kinerja Bidang Kesehatan

Advertorial

Demi Kesejahteraan Rakyat, DPRD dan Mitra Kerja Harus Terus Bangun Sinergi dan Komunikasi

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Menyebut Perempuan Punya Potensi Besar Berkontribusi Dalam Pembangunan

Advertorial

Disdikbud Kukar Menggelar Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IX