Home / Advertorial / Pemerintah

Jumat, 6 Oktober 2023 - 19:29 WIB

Festival Pesisir 2023 Akan Digelar di Muara Badak, Pemkab Kukar Dukung Garapan Pemuda Daerah

Rendi Solihin - Wakil Bupati Kukar

Rendi Solihin - Wakil Bupati Kukar

KUTAI KARTANEGARA, ekspoisisi – Event bertaraf nasional kembali hadir di Kutai Kartanegara (Kukar), pada bulan Oktober 2023 ini.  Event yang bertajuk Festival  Pesisir 2023 dilaksanakan di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, selama tiga hari. Dimulai sejak tanggal 15 Oktober 2023 mendatang.

Kegiatan ini digelar melalui kolaborasi Tirtonegoro Art Festival dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Festival Pesisir 2023 ini digelar dengan  beberapa rangkaian acara, yakni, Lomba Tari Pesisir, Pertunjukan Seni dan Budaya, Lomba Baca Puisi, Lomba Domino, Lukis Kanvas serta Jalan Santai.

Selain itu, ada juga pertunjukan tradisional, pemutaran film, gelar UMKM, pesisir coffee, Talkshow Pemuda Pesisir, parade musik, penyematan duta pesisir, seni outbond pesisir, demo masak, lomba lari, voli pantai, pemuda inovatif dan sepak bola pantai.

Baca Juga :  Dengarkan Persoalan Langsung dari Masyarakat, Ketua DPRD Kukar Lakukan Reses di Loa Ipuh Darat

Nantinya, juga ada pemaparan dari Komunitas Anak Nelayan mengenai cara membuat “Rakang” alat tradisional menangkap kepiting, tutorial mencabut duri Ikan Bandeng, mengenali ciri-ciri ikan segar dan cara menangkap ikan “Ijar pesisir”.

“Festival Pesisir ini kegiatan untuk memberikan edukasi tentang pariwisata serta edukasi seni dan budaya di Kaltim,” kata Rahmat Azazi, sebagai penyelenggara Festival Pesisir 2023.

Dijelaskannya, selain melibatkan berbagai pihak dari kecamatan-kecamatan di Kukar, pihaknya juga melibatkan unsur lainnya yang ada di kabupaten dan kota se-Kaltim.

Pihaknya memang sengaja berkolaborasi dengan Pemkab Kukar di tahun ini. Apalagi pemerintah terlihat getol mendukung event-event garapan pemuda di daerah. Bahkan, Di tahun-tahun sebelumnya, event ini kerap berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga :  SDN 005 Tenggarong Telah Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar

“Selain dengan Pemkab Kukar, kita juga bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti pengelola Pantai Panrita Lopi yang telah menyediakan tempat,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menyambut baik event garapan Tirtonegoro Art Festival. Nantinya festival itu juga akan melibatkan pelaku usaha kreatif dan UMKM.

“Ini komitmen pemerintah untuk mendukung aktivitas positif yang digelar pemuda-pemuda Kukar,” kata Rendi.

Ia juga mengajak masyarakat Kukar dan sekitarnya untuk ikut serta meramaikan Festival Pesisir 2023. Rencananya, Wakil Bupati Kukar ini juga akan membuka secara resmi Festival Pesisir 2023.

“Kapan lagi ada acara seperti ini, bisa menikmati parade musik, pertunjukkan kesenian, sekaligus liburan di pantai. Makanya, ayo kita ramaikan event ini,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pengembangan Pertanian Menjadi Prioritas Pemkab Kukar

Pemerintah

Komisi IV DPRD Kukar Menggelar RDP, Membahas Penerimaan PPPK Tenaga Pendidikan dan Kesehatan

Advertorial

Disdikbud Kukar Ajak Lestarikan Budaya Daerah Menggunakan Ciri Khas Pada Setiap event

Advertorial

Ketua DPRD Kukar Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Muara Kaman

Advertorial

DPRD Kukar Hadiri Musrembangdes di Salo Cella, Masyarakat Minta Perhatikan Infrastruktur Desa

Advertorial

Wabup Kukar Safari Ramadan ke Desa Muara Pantuan, Penyediaan Air Bersih Jadi Fokus Pemerintah di Wilayah Ini

Advertorial

Kepala Desa Loh Sumber Harap Pemkab Kukar Tingkatkan Jalan Penghubung Sejumlah Desa di Loa Kulu

Advertorial

Warga Desa Embalut Dapat Bantuan Rehabilitasi Rumah dan Pembangunan Toilet Individual