Home / Pemerintah

Selasa, 7 Desember 2021 - 14:18 WIB

Gubernur Kaltim Tinjau Pembangunan Infrastruktur di Kukar

EKSPOSISI.COM, KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin mendampingi Gubernur Kaltim Isran Noor melakukan kunjungan kerja, dalam rangka meninjau pembangunan infrastruktur di Kukar, Senin (6/12/2021).

Gubernur Kaltim akan meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Biogas di PT. REA Kaltim Plantations, Kecamatan Kembang Janggut. Kemudian, meninjau pembangunan Jembatan Belayan yang dikerjakan oleh Bayan Group di antaranya PT Bara Tabang, PT Fajar Sakti Prima, PT Tiwa Abadi, dan PT Tanurjaya.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan kegiatan diawali meninjau pembangkit tenaga listrik yang dihasilkan dari limbah oleh PT REA Kaltim Plantations dengan daya sebesar Tujuh Megawatt, yang mana daya tersebut didistribusikan ke Desa Perdana dan Cakra.

Baca Juga :  Dukung IKN di Kaltim, Ahli Waris Tiga Pilar Kesultanan Kutai Bawa Air dan Tanah untuk Kendi Nusantara

“Itu dibangun untuk mensuplai kurang lebih 45 persen kebutuhan listrik masyarakat yang berada di 25 desa dari tiga kecamatan yang ada di Kukar, yaitu Kecamatan Kembang Janggut, Kecamatan Tabang dan Kecamatan Kenohan,” ujar Isran Noor.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan dari daya listrik yang dihasilkan tersebut nantinya akan dinikmati kurang lebih sekitar 7.766 Kepala Keluarga (KK) yang berada di tiga kecamatan tersebut.

“Sektor industri kelapa sawit secara perlahan secara nyata menunjukkan keunggulannya menjadi komoditas strategis di tanah air, tidak hanya pada aspek ekonomi sebagai penopang devisa non-migas, juga andalan dalam percepatan pencapaian desa berlistrik,” ucap Isran Noor.

Sementara itu, berkenaan dengan pembangunan jembatan sungai Belayan, Isran Noor mengapresiasi pembangunan jembatan yang dilaksanakan oleh perusahaan tersebut, karena menurutnya seyogyanya infrastruktur dibangun oleh negara.

Baca Juga :  Mengenal Nur Hidayat, Caleg Partai Demokrat yang Ingin Membawa Suara Rakyat ke Kursi Legislatif Kukar

Ditambahkannya, jembatan tersebut dalam pengerjaannya menghabiskan anggaran kurang lebih sebesar US Dollar 45 juta, dengan spesifikasi lebar 7 meter dan panjang kurang lebih 530 meter.

“Jembatan ini dibangun dengan dua fungsi, fungsi pertama untuk kepentingan publik, dan fungsi kedua untuk holing perusahaan,” ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi kehadiran perusahaan yang beroperasi di Kukar, menurutnya perkembangan geliat ekonomi sangat dirasakan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan, menurutnya perubahan sangat terlihat saat ini dibandingkan beberapa tahun belakangan terdahulu.

“Kalo dulu dua malam tiga hari baru sampai ke Tabang, sekarang mobil sudah banyak behamburan, kemajuan kita luar biasa,” ungkapnya.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pengelolaan Arsip Diskominfo Kukar Dinilai Memenuhi Standar Usai Dilakukan Pengauditan

Advertorial

Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap MPP di Kukar Mencapai 93,11 Persen

Advertorial

Upaya Dapatkan Akreditasi A dari Kemenhub, Dishub Kukar Tingkatkan Pelayanan Uji KIR

Advertorial

Bupati Mengajak Seluruh Lapisan Menyalurkan Zakat Melalui BAZNAZ Kukar

Advertorial

Jalan Poros Kota Bangun-Tabang Ditargetkan Mulus di Tahun 2025 Mendatang

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Sebut Perempuan Memiliki Pandangan Unik Terkait Isu Sosial

Advertorial

Pendapatan Restribusi Parkir Lampaui Target yang Ditetapkan

Advertorial

Masa Kerja Belum Efektif, Pansus Pajak Daerah dan Retribusi Daerah DPRD Kaltim Optimalkan Target