Home / Advertorial / Pemerintah

Rabu, 15 Maret 2023 - 18:01 WIB

Kejar Target, Disdukcapil Kukar Jemput Bola Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Petugas Disdukcapil Kukar memandu warga aktivasi IKD

Petugas Disdukcapil Kukar memandu warga aktivasi IKD

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan jemput bola dalam aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Disdukcapil Kukar menyasar warga RT yakni Rt 002 dan 003 Kelurahan Timbau, untuk melakukan aktivasi IKD yang berlangsung di Jalan Ruan, Kecamatan Tenggarong, pada Rabu (15/3/2023) pagi.

Warga di dua RT tersebut dipandu oleh petugas Disdukcapil mendowload aplikasi Identitas Kependudukan Digital melalui handphone masing-masing. Kemudian secara bergiliran melakukan aktivasi melalui operator yang sudah disiapkan Disdukcapil dengan melakukan pemidaian barcode online dan foto diri menggunakan kamera ponsel yang bersangkutan untuk mendapatkan aktivasi identitas kependudukan berbasis digital.

Baca Juga :  Sempat Vakum karena Covid-19, Kesbangpol Kukar kembali Jalankan Fungsinya ke Sekolah

“Alhamdulillah antusias warga di dua RT Kelurahan Timbau Tenggarong yang jumlahnya mencapai 600 orang sangat antusias untuk melakukan aktivasi identitas kependudukan berbasis digital,” kata Kadisdukcapil Kukar, Muhamad Irianto.

Irianto menjelaskan, jemput bola ke instansi pemerintah hingga ke masyarakat untuk mengejar target aktivasi IKD Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 25 persen atau sekitar 170 ribu  dari 527 ribu total perekaman E-KTP di Kukar hingga akhir 2023 mendatang.

“Artinya dengan telah melakukan aktivasi IKD, kedepannya warga tidak perlu lagi menenteng fisik KTP atau fotocopi KTP cukup dengan scan kode batang (barcode) dalam melakukan pelayanan publik melalui telepon pintar berbasis Android masing-masing. Data seperti KTP maupun Kartu Keluarga (KK), NPWP, Sertifikat Vaksin Covid-19, Informasi Kepemilikan Kendaraan, Informasi BKN serta daftar Pemilih tetap juga dengan sendirinya akan terintegrasi secara online dan tercantum di IKD,” ujarnya.

Baca Juga :  Disdikbud Kukar Terus Berupaya Maksimalkan Kualitas Setiap Sekolah

Irianto mengatakan meski diwajibkan untuk mengaktivasi IKD, bukan berarti meniadakan keberadaan fisik KTP, karena variasi penggunaan KTP yang belum memiliki perangkat digital masih digunakan.

“Disdukcapil selalu proaktif jemput bola selain membuka pelayanan di kantor maupun di MPP (Mall Pelayanan Publik) setiap hari jam kerja memberikan pelayanan kependudukan, termasuk di semua operator kecamatan sudah dilatih untuk mengaktivasikan identitas kependudukan berbasis digital,” pungkasnya.(adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Bupati Edi Damansyah Resmi Membuka Trail Adventure Blukar Idaman

Advertorial

Anggota DPRD Kaltim Dorong Pengembangan Hewan Kurban, Agar Tidak Ketergantungan dari Luar

Pemerintah

Rangkaian Peringatan Peristiwa Merah Putih, Pemkab Kukar Gelar Festival Kota Juang di Kecamatan Sanga-sanga

Advertorial

Bupati Kutim Melakukan Audiensi Bersama Jajaran Lapas Kelas II Bontang

Advertorial

Ketua DPRD Kutim Serap Usulan Konstituen Saat Reses, Semua Penyampaian dari Masyarakat Priortas Baginya

Advertorial

Sinergi Pemkab dan TNI Wujudkan Kukar Sebagai Lumbung Pangan Penunjang IKN

Advertorial

Wakil Ketua DPRD Kaltim Minta Pemprov Naikkan Anggaran Pertanian

Advertorial

Asisten I Setkab Kukar Melakukan Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Muso Bin Salim saat Peringatan Hari Pahlawan