Home / Serba Serbi

Kamis, 3 Maret 2022 - 13:56 WIB

Kiprahnya Diapresiasi, Dua Warga Diangkat jadi Tokoh Besar Kecamatan Tabang

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Dua Warga asal Kecamatan Tabang yakni Misran Banau dan Yahya Ubai diangkat sebagai tokoh besar oleh Kepala Adat Besar Pemangku Adat Besar Dayak Wilayah Kecamatan Tabang M Daleq Jempung Liu.

Kiprah dua nama tersebut menurut Daleq sudah tak asing lagi karena telah banyak membantu warga secara langsung maupun perkembangan Kecamatan Tabang pada umumnya.

Kiprah dua nama tersebut menurut Daleq sudah tak asing lagi karena telah banyak membantu warga secara langsung maupun perkembangan Kecamatan Tabang pada umumnya.

Daleq menjelaskan, untuk Misran yang memiliki latar belakang pengusaha, memiliki kontribusi besar dalam membantu masyarakat yang mengalami kondisi perekonomian kurang beruntung. Bahkan kata dia, sejumlah masyarakat Tabang pernah dibantu melakukan perbaikan rumah.

“Pada saat hari besar keagamaan atau lainnya, Pak Misran ini juga sering membantu masyarakat. Sikapnya yang ringan tangan sangat kami apresiasi,” katanya.

Begitu juga dengan Yahya Ubai yang selama ini memiliki kontribusi atau kiprah besar dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Tabang. Menurut Daleq, kepedulian dari sosok Yahya Ubai selama ini, cukup mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan masyarakat Tabang.

Baca Juga :  Khawatir Pengunjung Membludak, Lokasi Acara Kukar Land Festival Dipindahkan ke Stadion Aji Imbut

“Dia sangat peduli dan memberi dukungan untuk kepentingan masyarakat Tabang, lanjutnya

Terlebih lagi, keduanya juga merupakan warga Tabang yang selama ini menjadi kebanggaan dan memiliki sepak terjang di Kaltim. Sehingga sudah selayaknya, keduanya kata Daleq dinobatkan sebagai tokoh besar asal Tabang

Diwartakan sebelumnya, pemasangan bluko atau topi mahkota khas suku Dayak menandai pengukuhan M Daleq Jempung Liu sebagai Kepala Adat Besar Pemangku Adat Besar Dayak Wilayah Kecamatan Tabang pada Selasa, (22/2/2022). Prosesi tersebut berlangsung khidmat penuh suka cita.

Berbagai kesenian, budaya serta tradisi  menjadi bagian prosesi pengukuhan M Daleq Jempung Liu sebagai kepala adat. Dikenal sosok yang memiliki kiprah besar dalam perkembangan di Kecamatan Tabang, masyarakat pun turut antusias mengikuti prosesi pengukuhan tersebut.

Kegiatan yang berlangsung di Kecamatan Tabang itu dihadiri langsung Bupati Kukar Edi Damansyah. Juga turut hadir Dandim 0906/Kukar Letkol Inf Jeffry Satria, Wabup Kukar Rendi Solihin, anggota DPRD Kukar Betaria Magdalena, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar Rinda Desianti, Camat Tabang Paisyal, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Tabang, beberapa Kepala Desa yang berada di Kecamatan Tabang. Juga hadir sejumlah tokoh adat serta perwakilan perusahaan diantaranya.

Baca Juga :  Tugboat dan Ponton Berisi Tumpukan Batu Bara Tabrak Jembatan Martadipura

Bupati Kukar Edi Damansyah berharap di bawah kepemimpinan M Daleq tradisi, seni dan budaya leluhur yang ada di Tabang mampu dipertahankan, ditingkatkan dan dikibarkan lebih luas lagi, bukan hanya di Kukar namun juga hingga tingkat nasional, sehingga nantinya tradisi, seni dan budaya leluhur yang ada tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kukar.

Bupati juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat adat Tabang yang sudah berkontribusi dalam melestarikan adat istiadat, budaya dan tradisi luhur yang ada, serta dalam menjaga kondisi keamanan dan ketertiban yang berjalan dengan baik selama ini.

“Saya optimistis dengan tangan dingin saudara saya ini akan bisa membawa perubahan, akan bisa membawa peningkatan, khususnya untuk menjaga tradisi, seni dan budaya yang ada di Tabang,” ujarnya.

Share :

Baca Juga

Serba Serbi

Mahasiswa UMKT Berikan Penyuluhan Terkait HIV-AIDS kepada Ibu Hamil

Advertorial

Desa Jembayan Menggelar Erau Pelas Benua Pemarangan 2023, Asisten III Setkab Kukar Hadiri Acara Pembukaan

Pemerintah

Puluhan Ribu Warga Padati Stadion Aji Imbut pada Malam Puncak, Kukar Land Festival 2023 Dapat Apresiasi Positif

Politik

Tokoh Pemuda Kubar Frederick Edwin Salurkan 4,7 Ton Beras Hasil Petani Lokal Kepada Masyarakat

Advertorial

Desa Batuah Kembangkan Agrowisata Perkebunan Elai, Tiga Varietas Buah Endemik khas Kalimantan Tersedia

Pemerintah

HPN 2024, Wabup Kukar Ungkap Jurnalis Sebagai Teman Diskusi Bertukar Pikiran

Politik

Tokoh Pemuda Kubar Frederik Edwin Berikan Bantuan Sosial Kepada Warga Kampung Minta

Pemerintah

Pecah dan Sukses, Kukar Land Festival Ditetapkan Menjadi Agenda Tahunan Pemkab Kukar