Home / Infrastruktur / Pemerintah

Senin, 3 Juli 2023 - 08:23 WIB

Manfaat Pembangunan Infrastruktur Jalan di Desa Ponoragan Langsung Dirasakan Masyarakat

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin melakukan pengecekan progres pembangunan sejumlah infrastruktur.

Pengecekan tersebut merupakan upaya pengawasan terhadap proyek pembangunan yang didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kukar.

“Hari ini kita lakukan rangkaian pengawasan terhadap pembangunan jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya,” ucap Rendi Solihin, pada Selasa (27/6/2023).

Rendi Solihin menjelaskan, terdapat dua kecamatan yang ia kunjungi, di antaranya Loa Janan dan Loa Kulu.

Hal ini dilakukan guna melihat langsung perkembangan sejumlah program prioritas yang telah dijalankan, maupun yang sedang dalam proses pengerjaan. Dari pantauannya di lapangan, ia melihat proyek pengerjaan jalan sudah berjalan dengan baik.

“Secara kasat mata semua berjalan dengan baik, bahkan pembangunan jalan sudah selesai sebelum masa kontrak berakhir. Semoga tidak mengurangi kualitas jalan, nanti instansi terkait akan melakukan pengecekan lebih detail mengenai kualitas jalan ini,” tutur Rendi.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kutim Akan Berikan Dukungan Bagi Kepentingan Perempuan

Rendi menjelaskan, jalan penghubung antar desa menjadi salah satu perhatian pihaknya, bahkan di 2024 terdapat beberapa titik yang akan dilanjutkan pengerjaannya.

“Pembangunan jalan lingkungan penghubung antar desa menjadi salah satu prioritas kami yang tertuang dalam RPJMD Kukar Idaman, dan di ada beberapa titik yang akan dilanjutkan pada tahun depan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ponoragan, Sarmin menjelaskan, dengan perbaikan jalan yang telah dilakukan Pemkab Kukar, masyarakat sangat terbantu untuk aktivitas sehari-hari.

Desa Ponoragan yang di kenal dengan penghasil bibit ikan air tawar terbesar di Kalimantan Timur (Kaltim) ini akhirnya, merasakan jalan mulus.

Menurutnya, dengan perbaikan jalan, ditambah saluran air berfungsi dengan baik, turut mendukung aktivitas masyarakat di bidang pertanian dan perikanan.

Baca Juga :  Tangani Permasalahan Sampah, Pemerintah Kecamatan Loa Kulu Akan Menggelar Pelatihan Pengelolaan Sampah

Masyarakat Desa Ponoragan mengandalkan bidang pertanian dan perikanan sebagai mata pencaharian, di mana membutuhkan sarana prasarana jalan yang memadai.

“Jalan sudah baik, saluran air juga baik. Keduanya tak bisa dipisahkan karena berkaitan dengan sektor pertanian dan perikanan yang digeluti masyarakat sekitar,” jelasnya.

Ia bersyukur dan berterima kasih kepada Wabup Kukar, Rendi Solihin yang telah memperjuangkan perbaikan jalan di desanya.

Untuk tahap pertama, jalan telah mulus sepanjang 469 Meter, dan selanjutnya akan kembali dilakukan perbaikan jalan sepanjang 2,5 kilometer.

“Jalanan di Desa Ponoragan Akhirnya Mulus, Warga Bersyukur Punya Dwi Tunggal Pemimpin dalam sosok Edi Damansyah – Rendi Solihin,” pungkasnya. (kkr)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Kecamatan Tenggarong Beri Bantuan Keperluan Kantor Kelurahan Maluhu Pasca Kebakaran

Advertorial

Ketua DPRD Kutim Tanggapi Terkait Sosialisasi Perda Ketertiban Umum di Kecamatan Muara Wahau

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Sebut Penyaluran Beasiswa Sudah Cukup Baik, Namun Perlu Perbaikan dan Pemerataan

Bisnis

Pemprov Kaltim Berikan Emas PROPER kepada 14 Perusahaan Saat Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Advertorial

Anggota DPRD Kukar Minta Jalan Rimba Ayu menuju SP 1 Kota Bangun Segera Diperbaiki

Advertorial

Kelurahan Mangkurawang Akan Melakukan Normalisasi Anak Sungai Mahakam

Pemerintah

Erau Adat Pelas Benua 2023 Resmi Dibuka, Usung Tema Semangat IKN Nusantara Menjaga Adat Dan Tradisi Budaya

Advertorial

Anggota DPRD Ungkapkan Bahwa Analisis Akademik Ranperda Kutim Masih Proses