Home / Advertorial / Pemerintah

Rabu, 3 Mei 2023 - 15:48 WIB

Pemkab Kukar akan Bangun Dua Unit Pabrik Kelapa di Pesisir

Totok Heru Subroto - Asisten III Sekretariat Daerah Kukar

Totok Heru Subroto - Asisten III Sekretariat Daerah Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan membangun 2 (dua) unit pabrik kelapa yang siap memproduksi 6 (enam) jenis produk dengan lokasi bahan bakunya  berada diwilayah pesisir yakni Kecamatan Muara Jawa, Muara Badak dan Samboja.

“Alhamdulillah potensi kelapa di Kukar sangat menjanjikan. Kedua pabrik ini akan dibangun pada anggaran perubahan APBD tahun 2023 yang berlokasi di Muara Jawa dan Samboja melalui anggaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag),” kata Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto.

Totok menjelaskan, saat ini potensi komoditas kelapa tersebut setelah diestimasikan sangatlah menjanjikan yakni sekitar 700 Ton/Tahun dan rata-rata buah kelapa ini belum termanfaatkan dengan baik.

Baca Juga :  Puncak Festival Islami di Kukar Hadirkan Haddad Alwi dan Habib Alwi Assegaf

“Untuk itu, Pemkab Kukar melalui Disperindag akan membagun pabrik kelapa yang diharapkan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dengan berbagai macam produk yang akan dihasilkan dari industri kelapa,” ujarnya.

Disebutkan Totok ada dua jenis komoditas kelapa yang dapat dikembangkan yakni, khusus industri yang akan masuk ke pabrik dan khusus yang dikonsumsi tersendiri. Artinya, kolaborasi dinas perkebunan dan teknis lainnya terus berkolaborasi, sehingga industri pabrik yang dibangun kedepannya terus berproduksi dengan baik.

“Pembangunan dua unit pabrik kelapa akan menelan biaya Rp4 Miliar. Diharapkan keberadaan pabrik ini dapat dirasakan oleh petani kelapa untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kutim Soroti Kerusakan Hutan Akibat Banyaknya Aktivitas Perusahaan

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kukar H. Rendi Solihin mendukung pendirian pabrik kelapa di wilayah pesisir, tentu saja kata Rendi peran Dinas Perkebunan, Pekerjaan Umum (PU) dan Disperindag dapat bersinergi dalam menyiapkan infrastruktur maupun komoditi kelapa yang akan diproduksi.

“Saya minta dinas-dinas teknis ini berkolaborasi dan disiapkan baik itu sarana prasarananya hingga masuk ke tahap produksi dan pemasarannya,” ucap Rendi Solihin. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Atasi Permasalahan Pertanian Desa Loh Sumber, Dinas PU Kukar Bangun Jaringan Irigasi

Advertorial

Disdikbud Kukar Gaungkan Gerakan Sekolah Sehat, Cerdas dan Berkarakter

Advertorial

Pansus DPRD dan BPKAD Kaltim Sepakat Raperda Pengelolaaan Keuangan Daerah Menjadi Perda

Advertorial

Pemkab Kukar Tengah Melakukan Persiapan Penetapan Nilai UMK Tahun 2023

Advertorial

Fraksi Amanat Keadilan Berkarya Menanggapi Penyampaian Bupati Kutim Tentang Nota Penjelasan RAPBD 2024

Advertorial

Disdukcapil Kukar Hadirkan Pelayanan SKTT Bagi WNA, Banyak Manfaat yang Didapat Daerah

Advertorial

Tingkatkan Pelayanan Publik Menjadi Lebih Baik, Pemkab Kukar Menggelar Pekan Inovasi

Advertorial

Ringankan Beban Masyarakat, Wakil Ketua II DPRD Kutim Apresiasi Operasi Pasar Murah di Bengalon