Home / Advertorial / Pemerintah

Rabu, 26 April 2023 - 12:00 WIB

Pemkab Kukar Anggarkan Rp4,5 Miliar untuk Program 1.000 Guru Sarjana

Dendy Irwan Fahriza - Kabag Kesra Setkab Kukar

Dendy Irwan Fahriza - Kabag Kesra Setkab Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), memberikan perhatian lebih kepada tenaga pendidik atau guru. Sebagai tanda apresiasi, guru yang belum bergelar sarjana pun akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan dunia pendidikannya ke jenjang Strata satu (S1).

Melalui program 1.000 guru sarjana yang telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Bahkan, pada tahun ini pemerintah daerah telah menyediakan anggaran sebesar Rp4,5 miliar untuk program 1.000 guru sarjana.

Program yang digagas oleh pemerintah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidik yang ada di Kabupaten Kukar. Program ini menyasar kepada guru yang mengajar di sekolah Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca Juga :  Safari Ramadan ke Kembang Janggut, Wabup Kukar Tegaskan Konektivitas Antar Wilayah Jadi Prioritas Pemkab Kukar

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Dendy Irwan Fahriza mengatakan, syarat penerima beasiswa yakni tenaga pendidik tersebut berstatus non Pegawai Negri Sipil (PNS) yang belum linier atau S1. Kemudian para tenaga honorer yang ada di bidang Tata Usaha (TU) sekolah.

“Jadi beasiswa ini diberikan kepada non PNS. Misalnya, seperti pekerja TU sekolah, tapi diberi jam pelajaran (untuk mengajar). Orang-orang seperti itu boleh mendapatkan program ini,” ujar Dendy Irwan Fahriza.

Baca Juga :  AHY Resmi Dilantik Sebagai Menteri ATR BPN Gantikan Hadi Tjahjanto

Beasiswa tersebut diberlakukan hanya sampai dengan delapan semester dan para penerima manfaat dari program tersebut harus mendapat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) sesuai standar yang ditentukan.

“Jadi dia bisa ikut program ini maksimalnya delapan semester dan IPK-nya 2,75,” ungkapnya.

Program beasiswa ini pun dibuka sejak bulan April tahun 2023. Para peserta yang ingin mendaftar diimbau agar segera melampirkan berkas secara lengkap.

“Tahun 2023 ini targetnya 800 (penerima beasiswa). Beasiswa ini dibuka mulai bulan April, sembari kami evaluasi capaian dan regulasinya agar tepat sasaran,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Bunda PAUD Kukar Sebut Peran Aktif Orang Tua dalam Mendidik Anak Sangat Penting

Advertorial

SIFT Ramaikan HUT ke-24 Kutim, 109 Peserta ikuti Lomba Mancing

Pemerintah

Anggapan Miring Tentang Pulau Kumala Tidak Benar, Pemkab Kukar Terus Melakukan Pengembangan Fasilitas

Advertorial

Ketua DPRD Kutim Sampaikan Pengerjaan Jalan Rantau Pulung Capai 100 Persen

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Apresiasi Perda Terkait Pajak Restoran dan Hotel

Pemerintah

Sekda Sebut Generasi Milenial, Z dan X Menjadi Harapan Besar Bagi Masyarakat Kaltim

Advertorial

Wakil Ketua DPRD Kutim Ingin Pengembangan SDM dan UMKM Dilakukan Secara Optimal

Advertorial

Pantai Tanah Merah Penyumbang PAD Terbesar Sektor Pariwisata di Kukar