Home / Advertorial / Pemerintah

Kamis, 16 Maret 2023 - 18:26 WIB

Pemkab Kukar Meraih Peringkat ke-3 Realisasi Pendapatan Tertinggi Pada APBD Award 2023

Kepala BPKAD Kukar Sukotjo usai menerima penghargaan APBD Award 2023

Kepala BPKAD Kukar Sukotjo usai menerima penghargaan APBD Award 2023

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan APBD Award tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai peringkat ke-3  “Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi APBD tahun 2022” untuk kategori Kabupaten se Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Sukotjo, pada acara  APBD Award dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keuangan Daerah (Keuda) 2023, di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, pada Kamis (16/3/2023).

Penghargaan itu, diserahkan oleh Wakil Menteri (Wamen) Dalam Negeri Republik Indonesia, John Wempi Wetipo kepada Kepala BPKAD Kukar Sukotjo, mewakili Bupati Kukar.

Baca Juga :  Rangkaian Peringatan Peristiwa Merah Putih, Pemkab Kukar Gelar Festival Kota Juang di Kecamatan Sanga-sanga

“Ini merupakan bagian apresiasi dari Pemerintah Pusat terkait dengan kinerja keuangan yang dimiliki oleh masing-masing Pemerintah Daerah,” kata Sukotjo.

Menurut Sukotjo, ada tiga indikator penghargaan yang diberikan oleh Kemendagri kepada masing-masing daerah (Pemprov, Pemkab, dan Pemkot). Diantaranya, Realisasi Peningkatan Pendapatan Daerah Tertinggi, Realisasi Peningkatan Atas Serapan Belanja Tertinggi serta Realisasi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tertinggi.

Walaupun ada tiga Indikator, kata Soekotjo, tetapi penilaiannya berimbang tidak mungkin kemudian tertinggi saja di peningkatan pendapatan, tetapi kemudian belanjanya tidak sehingga pemilihannya lebih normatif dan fleksibel. Sehingga kemudian Kukar masuk dari bagian tiga Pemerintah Daerah dengan pendapatan daerah tertinggi.

Baca Juga :  Bupati Kutim Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Masjid Al Fatihah Sangatta Utara

“Langkah-langkah kedepannya sudah dilakukan oleh Pemkab Kukar terkait dengan berbagai macam hal, agar kemudian terjadi percepatan pengadaan Barang dan Jasa di semua OPD. Apabila itu yang terjadi maka bisa jadi ketiga indikator tersebut akan bisa kita dapatkan,” pungkasnya.(adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Dukung Program Jaminan Kesehatan Pekerja Rentan, Pemkab Kukar Meraih Penghargaan Paritrana Award 2023

Advertorial

Bupati Edi Damansyah Melantik 7 Pejabat, Sebagai Penguatan dan Perbaikan Kinerja

Advertorial

Disdikbud Kukar Menggelar Pembekalan Penguatan Bagi Calon Peserta PPG Tingkat PAUD

Advertorial

Jabat Kepala Dinas PU Kukar, Wiyono Siap Kawal Pembangunan di Daerah

Advertorial

Sekda Membuka Sosialisasi Program Kolaborasi Penanggulangan Kemiskinan Kukar

Advertorial

Pimpin Apel Gabungan Korpri, Sekda Kukar Minta ASN Tingkatkan Kinerja

Advertorial

Atasi Permasalahan Pertanian Desa Loh Sumber, Dinas PU Kukar Bangun Jaringan Irigasi

Advertorial

Pemkab Kukar Apresiasi Acara Peringatan HGN dan HUT PGRI, Diramaikan Expo Sekolah