Home / Advertorial / Pemerintah

Rabu, 5 Juni 2024 - 14:39 WIB

Pemkab Kukar Terus Berupaya Membantu Permasalahan yang Dihadapi Petani

Tego Yuwono - Camat Tenggarong Seberang

Tego Yuwono - Camat Tenggarong Seberang

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Untuk mewujudkan Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN), Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang, terus berupaya membantu permasalahan yang dihadapi para petani di lapangan.

Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono mengatakan, belakangan ini para petani sedang menghadapi persoalan keperluan BBM, pupuk serta pengadaan alat pertanian. Permasalahan ini akan dipenuhi dan diperbaiki secara bertahap, sehingga persoalan para petani teratasi.

“Kami terus respon laporan masyarakat petani yang sering kesulitan, khususnya mendapatkan BBM. Sudah kita koordinasikan dengan pihak penyedia,” ujar Tego Yuwono.

Menurutnya BBM sangat krusial bagi petani yang saat ini menggunakan alat-alat modern. Namun, kesulitan mereka adalah distribusi BBM ke alat pertanian dengan jerigen, yang hingga kini  belum diperbolehkan membeli BBM di SPBU menggunakan jerigen. Selain itu, manajemen pembagian pupuk bersubsidi di kalangan para petani yang menjadi juga menjadi kendala yang harus dihadapi.

Baca Juga :  Diskominfo Staper Sediakan Jaringan Internet Fiber Optik di Seluruh OPD di Kutim

“Kendala yang dihadapi telah terkendali dan kami sudah berkomunikasikan dengan pihak SPBU untuk distribusi BBM kepada petani,” jelasnya.

Pihaknya juga sedang fokus menangani keperluan petani, yakni dengan mengajak kalangan pemuda. Dikarenakan, petani yang lanjut usia mulai berkurang. Dan kebutuhan petani muda ini sangat diperlukan.

“Kami berencana melibatkan pemuda dalam pembinaan petani. Dan kami akan terus mengedukasi mereka agar pemahamannya terkait sektor pertanian ini luas,” katanya.

Baca Juga :  Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Saat kemarau, Anggota DPRD Kaltim Dorong Pemda Gelar Operasi Pasar Murah

Sejumlah desa di Tenggarong Seberang, masuk kawasan pertanian prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, setelah ditetapkan menjadi pertanian berbasis kawasan.

Dari lima kawasan, Tenggarong Seberang terbagi menjadi dua kawasan. Yakni kawasan Tenggarong Seberang I mencakup Desa Bangun Rejo, Karang Tunggal, Manunggal Jaya, Bukit Raya, Loa Lepu, Teluk Dalam, Loa Ulung, dan Embalut dengan luasan lahan mencapai 1.650 hektare.

Kemudian kawasan Tenggarong Seberang II meliputi Desa Kertabuana, Buana Jaya, Bukit Pariaman, Sukamaju dan Separi dengan luas pertanian kurang lebih 2.160 hektare. (adv/diskominfo/kukar)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Anggota BPBD se-Indonesia Kunjungi Kukar Dalam Rangka Peringatan Pengurangan Resiko Bencana

Advertorial

DKP Kukar Wacanakan Bangun SPBN di Pesisir, Sebagai Upaya Meminimalisir Kelangkaan Solar Bagi Nelayan

Advertorial

KPU Kukar Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Maskot Pun Diperkenalkan ke Publik

Advertorial

Tingkatkan Literasi Siswa, Disdikbud Kukar Terapkan Pembelajaran yang Menyenangkan

Advertorial

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Sebut Peran Orang Tua Sangat Penting Dalam Memperhatikan Anak

Advertorial

Kesbangpol Kutim Menggelar Sosialisasi Netralitas Perangkat Desa

Advertorial

Komisi II DPRD Kukar menggelar RDP Bahas Upaya Peningkatan PAD Melalui Aktivitas Tunda dan Pandu di Muara Muntai

Advertorial

Pemkab Meluncurkan Program Kredit Kukar Idaman Diperuntukkan Bagi Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan