Home / Bisnis / Energi / Serba Serbi

Senin, 19 Februari 2024 - 12:12 WIB

Peringati Bulan K3 Nasional 2024, MHU Bawa Misi Merajut Keselamatan Bersama Mitra Kerja

Rangkaian perinatal Bulan K3 National 2024 yang digelar PT MHU

Rangkaian perinatal Bulan K3 National 2024 yang digelar PT MHU

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Sebagai salah satu bagian dari MMS Group Indonesia (MMSGI), PT Multi Harapan Utama (MHU) menggelar serangkaian kegiatan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Bulan K3 Nasional yang dilakukan dari Januari hingga Februari 2024.

Dengan mengusung tema: ”Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha,” rangkaian kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan implementasi praktik K3 di lokasi kerja.

Kepala Teknik Tambang (KTT) MHU, Aris Subagyo mengatakan bahwa MHU berkomitmen untuk tidak hanya mematuhi standar K3, namun juga mendorong setiap karyawan menjadi duta keselamatan dan kesehatan kerja.

“Melalui kegiatan ini, bertujuan meningkatkan kesadaran dan praktik K3 di kalangan karyawan, serta memastikan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sebagai landasan utama keberlangsungan operasi perusahaan,” terang Aris.

MHU memulai Peringatan Bulan K3 Nasional dengan menggelar upacara pembukaan pada tengah Januari lalu (11/1)/2024). Bertempat di area parkir salah satu mitra kerja MHU, upacara dihadiri oleh perwakilan manajemen, dinas terkait, karyawan MHU dan mitra kerja yang menandai komitmen bersama dalam menerapkan dan mengimplementasikan K3.

Baca Juga :  Pecah dan Sukses, Kukar Land Festival Ditetapkan Menjadi Agenda Tahunan Pemkab Kukar

Setelah melakukan upacara pembukaan, agenda peringatan Bulan K3 MHU dilanjutkan dengan kegiatan Donor Darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebanyak 168 karyawan berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini sebagai bentuk dukungan konkret perusahaan terhadap kegiatan kemanusiaan.

Selain aksi donor darah, MHU bersama mitra kerja juga menggelar kompetisi untuk memperkuat kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat di tempat kerja yang berlangsung pada akhir Januari lalu (27/1/2024).

Gelaran yang bertajuk MHU Fire & Rescue Challenge (MFRC) ini dihelat untuk menguji keterampilan dan responsivitas anggota Emergency Response Team (ERT) dalam penangan Road Accident Rescue (RAR).

Guna memeriahkan Bulan K3 tahun 2024, MHU juga mengajak karyawan berpartisipasi mengikuti ajang lari Fun Run 5K pada awal Februari (4/2) di Taman Kota Tenggarong, Kalimantan Timur. Selain mempromosikan gaya hidup sehat, kegiatan ini turut disemarakkan dengan senam bersama, penampilan atraksi K3 dan pembagian doorprize.

Selanjutnya, K3 Idol menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu, di mana karyawan MHU dan mitra kerja berkesempatan untuk menunjukkan bakat bermusik yang dimiliki. Lomba ini bertujuan untuk menjaring potensi karyawan dalam menciptakan Jingle K3, sebagai upaya memperluas ajakan kampanye keselamatan kerja.

Baca Juga :  Penanaman Pohon di Desa Bendang Raya, Tindaklanjut Gerakan Serentak di Seluruh Indonesia

Rangkaian peringatan Bulan K3 MHU ditutup dengan workshop keselamatan kerja yang digelar pada tengah Februari (17/2). Kegiatan ini diikuti oleh karyawan MHU dan perwakilan mitra kerja. Workshop yang digelar di Hotel Mercure Samarinda ini menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya: Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara atau Kepala Inspektur Tambang, Sunindyo Suryo Herdadi; Koordinator Kelompok Kerja Pertambangan, Warid Nurdiansyah; Penyelidik Bumi Ahli Muda ESDM Provinsi Kalimantan Timur, Rini Diana Setyawati; serta Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Profesor Fatma Lestari.

Melalui serangkaian kegiatan ini, MHU dan mitra kerja berharap dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi seluruh karyawan dalam menerapkan praktik keselamatan dan kesehatan kerja, guna terus menjaga lingkungan kerja yang sehat dan aman. (fdl)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Disdikbud Kukar Ajak Masyarakat Ikut Berperan Majukan Kebudayaan, 10 Objek Pemajuan Kebudayaan Ditetapkan

Serba Serbi

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, KBB Kukar Turut Berbagi di Panti Asuhan

Hukum - Kriminal

Kejari Kukar Melakukan Komitmen Bersama Wujudkan WBK dan WBBM

Bisnis

Carrageenan: Sustainability From Farm to Table

Advertorial

Pemkab Meluncurkan Program Kredit Kukar Idaman Diperuntukkan Bagi Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan

Politik

KPU Kubar Sudah Melaksanakan Sejumlah Tahapan Jelang Pemilu 2024

Advertorial

Desa Batuah Kembangkan Agrowisata Perkebunan Elai, Tiga Varietas Buah Endemik khas Kalimantan Tersedia

Bisnis

PHM Pecahkan Rekor Pemboran Sumur Tercepat