Home / Serba Serbi

Senin, 12 Juni 2023 - 09:44 WIB

Kukar Mendapat Penghargaan dari Mendes PDTT Dalam Pagelaran TTGN 2023

TTGN 2023 di Lampung

TTGN 2023 di Lampung

LAMPUNG, eksposisi.com – Pagelaran Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) XXIV tahun 2023 yang mengangkat Tema “Menguatkan Daya Saing Desa dan Mensejahterakan Warga”, dilaksanakan di PKOR Way halim, Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Dalam acara tersebut Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi salah satu daerah peserta yang turut memberikan gagasan dan sumbangsih terhadap kemajuan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dimanfaatkan oleh masyarakat.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan Kukar, Muhammad Mansyur sebagai narasumber Lokakarya TTGN XXIV Tahun 2023.

Dalam Lokakarya itu, Muhammad Mansyur berbagi inovasi dalam pengembangan teknologi tepat guna salah satunya terkait dengan potensi perikanan yang berada di wilayah Pangempang Kecamatan Muara Badak, Desa Tanjung Limau Kutai Kartanegara.

Baca Juga :  DBH Kukar Sektor Sawit Digunakan Bangun Jalan Perkebunan Milik Masyarakat

“Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki potensi yang luar biasa, salah satunya perikanan yang menjadi sumber penghidupan pundi-pundi rupiah bagi masyarakat,” ujar Muhammad Mansur saat berbagi pengetahuan dan inovasi dalam lokakarya teknologi tepat guna saat itu.

Sementara itu, Menteri Desa, PDT Abdul Halim Iskandar mengapresiasi atas keikutsertaan para peserta kabupaten/kota di Indonesia dalam GTTGN XXIV di Provinsi Lampung.

“Saya mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan dan perlu diingat juga bahwa kepala desa dalam menjalankan tugas pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat desa, harus memanfaatkan teknologi tepat guna, hal tersebut tertuang pada pasal 26 ayat 2,” ujarnya.

Baca Juga :  Varietas Durian Long Iram Dipatenkan Melalui Kontes Durian Unggul

Untuk itu, kata Abdul Halim dihadapan peserta GTTGN menyampaikan gelar teknologi tepat guna nusantara merupkan even nasional yang diselenggarakan setiap tahun, dalam rangka penyebarluasan informasi dan promosi dengan teknologi tepat guna dalam upaya percepatan alih teknologi dari inventor/penemu kepada masyarakat pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi UMKM yang begitu banyak di desa.

“Kegiatan ini sangatlah bermanfaat untuk mendorong dan memotivasi pengembangan daya kreativitas dan inovasi TTG yang mempunyai prospek, sehingga dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat ekonomi produktif dan kreatif berbasis potensi unggulan desa/daerah,” tutupnya. (adm)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Lomba Balap Ketinting Meriahkan Erau 2023, Puluhan Peserta dari Berbagai Daerah Turut Meramaikan

Advertorial

Desa Kota Bangun III Manfaatkan Kolam Bekas Tambang Menjadi Objek wisata yang Ramai Pengunjung

Peristiwa

PW KBBKT Gelar Ibadah Kurban, Sembilan Sapi dan Satu Kambing Disembelih Pada Iduladha 1444 Hijriah

Serba Serbi

Puluhan Seniman Eks LPKK Menggelar Haul dan Doa Bersama Mengenang Rekan yang Telah Wafat

Serba Serbi

Kerukunan Bubuhan Banjar Kukar Gelar Musdalub, Buka Penjaringan Ketua Umum

Politik

Relawan Santri Dukung Ganjar Gelar Senam Bersama PDI-P Kukar

Advertorial

Komisi I dan II DPRD Kaltim Menggelar RDP Terkait Hibah Lahan Yayasan Masjid Nurul Khoir

Bisnis

PT MHU- MMSGI Bagikan Puluhan Hewan Kurban pada Iduladha 1444 Hijriah