Home / Advertorial / Pemerintah

Selasa, 17 Oktober 2023 - 16:39 WIB

Sekda Membuka Rakor PKH yang Digelar Dinsos Kukar

Sekda Kukar, Sunggono

Sekda Kukar, Sunggono

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Program Keluarga Harapan (PKH), yang digelar Dinas Sosial Kukar, di Hotel Harris Samarinda, pada Senin (16/10/2023).

Sunggono mengatakan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga yang ditetapkan sebagai penerima manfaat. PKH bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.

“Kesejahteraan sosial yang disasar PKH adalah pelayanan dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan dan pendampingan serta perlindungan sosial lainnya,” ujar Sunggono.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaannya pendamping PKH akan ditugaskan melakukan kegiatan sosialisasi kepada aparat pemerintahan ditingkat kecamatan dan desa/kelurahan, OPD dan masyarakat umum. Selain itu pendamping juga melakukan pertemuan awal dan validasi data calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, melakukan verifikasi komitmen kehadiran KPM PKH pada layanan fasilitas pendidikan dan kesehatan pada waktu yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Dispora Kukar Harap Porprov di Berau Tidak Ditunda

Serta, melakukan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) bagi seluruh KPM PKH sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan serta melakukan mediasi, fasilitasi dan advokasi kepada KPM PKH untuk memperoleh bantuan sosial PKH dan bantuan program lainnya.

Baca Juga :  KORMI Kukar Gelar Turnament Olahraga Tradisional untuk Kesiapan Atlet di Fornas 2022

“Pendamping PKH diharapkan melaksanakan tugas sebaik–baiknya dan memotivasi KPM dampingan untuk menggali potensi diri dan kemampuan agar mampu berdaya dengan diri sendiri, agar kehidupannya lebih sejahtera,” ucapnya.

Kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) seyogianya harus lebih intens dilaksanakan oleh pendamping PKH, karena momentum kegiatan ini adalah saat yang tepat, untuk menyampaikan informasi, motivasi dan edukasi kepada penerima manfaat.

“Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara mendukung penuh program keluarga harapan di wilayah Kutai Kartanegara dengan memberikan support dan dukungan berupa fasilitasi penunjang dan operasional pendamping PKH,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

DPRD Kukar Sahkan RAPBD 2024 Sebesar 12,6 Triliun, Untuk Selanjutnya Akan Disampaikan ke Pemprov

Advertorial

Kabupaten Kukar Meraih Penghargaan dari Kemendikbud Ristek Karena Melestarikan Bahasa Daerah kepada Pelajar

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Sayangkan Sejumlah Fasilitas Kebutuhan Dasar yang Belum Sepenuhnya Tersalurkan ke Masyarakat

Advertorial

SIFT Ramaikan HUT ke-24 Kutim, 109 Peserta ikuti Lomba Mancing

Ekonomi

Presiden Jokowi Perintahkan Para Menteri Jaga Stok dan Stabilitas Warga Pangan

Advertorial

Dinas PU Kukar Melakukan Pengerjaan Sistem Drainase di 8 Titik yang Tersebar di 5 Kecamatan

Advertorial

Dinas PU Kukar Siapkan Strategi Khusus Optimalkan KegiatanTahun 2023

Advertorial

Ketua DPRD Sambut Baik Rencana KPK yang Akan Sosialisasi ke Kutim