Home / Pemerintah

Kamis, 2 Juni 2022 - 12:39 WIB

Sukseskan Program K3F, Dispar Kukar Targetkan 20 Event Dalam Setahun

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Dalam rangka mensukseskan program dedikasi Bupati dan Wabup Kutai Kartanegara (Kukar) yakni Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F), Dinas Pariwisata Kukar menargetkan 20 event festival dalam setahun.

Kadispar Kukar, Slamet Hadirahardjo mengungkapkan, akan ada 100 festival yang digelar dalam program K3F hingga 2026 mendatang.

“Targetnya 20 event dalam setahun, tetapi sebenarnya fakta yang ada itu banyak sekali, bisa dalam satu bulan di atas 20 event, tapi itu memang di agendakan minimal 20 event dalam setahun,” kata Slamet.

Sebelumnya beberapa event yang direncanakan sempat tunda karena Covid-19. Namun dengan melandainya Covid-19 di Kukar, secara perlahan pihaknya akan mengadakan beberapa event kembali. Harapannya, semua stakholder terkait mendukung dan mengizinkan pelaksanaannya.

Baca Juga :  Pecah dan Sukses, Kukar Land Festival Ditetapkan Menjadi Agenda Tahunan Pemkab Kukar

“Jangan satgas mengizinkan tetapi disatu sisi instansi melarang, pasti mempengaruhi target yang kita kejar nantinya,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tujuan program K3F untuk melestarikan budaya kesenian dan ekonomi kreatif lokal. Pemerintah memberikan fasilitas atau panggung kepada pelaku kesenian sebagai bentuk perhatian khusus. Sisi lain, diharapkan menjadi pertumbuhan dan pengembangan ekonomi. Karena di dalam festival pasti ada UMKM yang berjualan, sehingga diharapkan menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

“Jika event dibatasi atau dilarang berkerumun tentunya roda perekonomian di level bawah tidak berjalan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Kutim Resmi Membuka Kejuaraan Tenis Lapangan

Dalam kurun Januari hingga Mei hampir 10 event terlaksanakan, diantaranya Tenggarong Art Festival, Kukar Youth Festival, Mencak Undat, Nutuq Beham Festival Kutai Adat Lawas di Loa Duri Ilir dan Kedang Ipil. Dalam waktu dekat, bakal mengelar festival jaranan, ogoh-ogoh, festival Samboja dan Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF).

“Dalam waktu dekat saya minta kawan-kawan bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) itu suruh melaksanakan. Karena ada kalender event, jadi mana yang terpending itu harus segera dilaksanakan. Jangan sampai nanti terpending semuanya,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Soroti Perubahan Undang-undang Terkait Keuangan Pusat dan Daerah

Advertorial

Bupati Kukar Serahkan Bantuan Alsintan Bagi Petani di Kecamatan Muara Kaman

Advertorial

Kecamatan Tenggarong Seberang Ditetapkan Sebagai Pilot Project Pertanian Berbasis Kawasan

Advertorial

Dinas PU Kukar Akan Muluskan Jalan Desa di Sebulu Secara Bertahap

Advertorial

Pemkab Kukar Menggelar Gerakan Yok Etam Mengaji, Ribuan Pelajar Antusias Ramaikan Acara

Advertorial

Assisten I Setkab Kukar Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Muara Kaman

Advertorial

Hasil Pengembangan Produksi Garam Belum Maksimal, Pemdes Desa Kersik Ingin Pendampingan Tenaga Ahli

Advertorial

Komisi IV DPRD Kukar Telah Melakukan Evaluasi Kinerja Disdikbud, Progres Kegiatan APBD Murni Baru 85 Persen