Home / Pemerintah

Rabu, 13 Juli 2022 - 14:22 WIB

6 Negara dan 11 Provinsi di Indonesia akan Ramaikan TIFAF 2022

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Tenggarong International Folk and Arts Festival (TIFAF) merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pertunjukan yang menampilakan berbagai kesenian tradisional daerah yang sempat vakum dua tahun akibat Covid-19 itu akhirnya kembali digelar di tahun 2022 ini.

Pagelaran TIFAF yang berlangsung pada tanggal 20-24 Juli 2022 mendatang akan dilaksanakan di empat lokasi yang berbeda. Yakni, di Taman Kota Raja Tenggarong, Amphitheater bawah jembatan Kutai Kartanegara, lapangan parkir stadion Rondong Demang, dan di lapangan basket Kelurahan Timbau, Tenggarong.

Festival ini nantinya juga diramaikan oleh 11 Provinsi di Indonesia yang akan menampilkan kesenian daerahnya secara langsung. Kemudian 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) juga turut menampilkan kesenian daerahnya masing-masing. Sedangkan Kabupaten Kukar akan ada 18 kecamatan yang turut tampil dalam pagelaran TIFAF 2022 ini.

Baca Juga :  Wujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemkab Kukar Meluncurkan Aplikasi SRIKANDI

“Harapan Bupati Kukar, kecamatan harus diutamakan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kukar, melalui Kabid Ekonomi Kreatif, David Haka.

Tak hanya 11 Provinsi di Indonesia saja yang turut meriahkan TIFAF 2022, tetapi ada enam negara juga yang akan menampilkan kesenian negaranya masing-masing. Yakni, Lithuania, Turkey, Korea Selatan, Venezuela, Romania, dan Uni Emirat Arab. Namun keenam negara tersebut tidak menampilkan keseniannya secara langsung, melainkan ditampilkan melalui video streaming.

“Durasi video setiap negara yang diundang maksimal lima menit (penampilannya). Sementara ini masih proses tahap pengumpulan video enam negara,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Kukar Buka Secara Resmi Program Karya Bakti TNI, untuk Fokus Bangun Infrastruktur Tani

Rencananya TIFAF 2022 ini akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Diketahui, Sandiago Uno juga akan melakukan kunjungan ke Desa Pela Kecamatan Kota Bangun, dalam rangka agenda kunjungan serta melakukan penilaian terhadap desa yang masuk 50 besar di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan staf Kementerian Pariwisata, agar Sandiago uno bisa membuka pagelaran TIFAF 2022 di Tenggarong.

“Kami berharap bisa datang (Sandiago Uno) 20 Juli, terus lanjut ke Pela. Mudah-mudahan tidak ada kendala,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Tingginya Antusias Masyarakat Dukung Timnas Indonesia, Pemkab Kukar Kembali Gelar Nobar di Pendopo

Advertorial

Bupati Edi Damansyah Melantik 7 Pejabat, Sebagai Penguatan dan Perbaikan Kinerja

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Dorong Pemkab Agar Prioritaskan Aliran Listrik di Sejumlah Desa

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Angkat Bicara Terkait Pemekaran DOB Sangkulirang

Advertorial

Wabup Kukar Hadiri Festival Etam Begenjoh Garapan Mahasiswa Kukar di Kota Malang

Advertorial

Peringati May Day 2024, Pemkab Kukar Gelar Apel Upacara

Advertorial

24 Tahun Tanpa Listrik, Angola DPRD Kutim Prioritaskan Dua Desa di Kecamatan Bengalon

Pemerintah

Penanaman Padi Perdana Varietas Mikongga Menggunakan Mesin Rice Transplater