Home / Pemerintah

Selasa, 29 Maret 2022 - 14:19 WIB

Dengarkan Persoalan Langsung dari Masyarakat, Ketua DPRD Kukar Lakukan Reses di Loa Ipuh Darat

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid, menggelar reses di Bukit Durian, Km 19 Kelurahan Loa Ipuh Darat, Tenggarong, pada Senin (28/3/2022).

Kegiatan ini dilakukan untuk mendengarkan beberapa persoalan yang disampaikan langsung oleh masyarakat. Diantaranya permintaan fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, dan peningkatan infrastruktur pertanian.

Abdul Rasid mengatakan keinginan masyarakat akan keberadaan TPA di Loa Ipuh Darat, didasari jauhnya lokasi mereka, dari pusat TPA Tenggarong yang ada di Bekotok, Kelurahan Loa Ipuh.

Rasid mengaku sudah memang sudah ada wacana pemindahan TPA yang diketahui selama ini mencakup Kecamatan Tenggarong, Kecamatan Tenggarong Seberang serta Kecamatan Loa Kulu.

Baca Juga :  Maknai Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT MHU Gelar Seminar Satu Bumi untuk Masa Depan

Faktor ketidaklayakan, seperti dikelilingi pemukiman penduduk, hingga aroma tak sedap yang timbul ketika hujan turun menjadi salah satu pertimbangan pemindahan TPA.

“Kita memang ingin mendengar langsung usulan dari masyarakat ini. Tadi salah satunya memang adalah TPA yang tidak ada di Loa Ipuh Darat ini. Kita akan tindaklanjuti ini,” kata Rasid.

Selain itu, banyaknya lokasi eks-tambang pasca operasi di wilayah Loa Ipuh Darat, sehingga memungkinkan untuk dijadikan TPA.

Selain membahas TPA dalam reses tersebut juga membahas persoalan mekanisasi alat pertanian, yang mana saat ini mayoritas petani di Loa Ipuh Darat masih bertani secara tradisional.

Baca Juga :  Polres Kukar Bagikan Beras untuk Masyarakat yang Terdampak Covid-19

Sehingga hasil panen yang didapat jadi kurang maksimal. Warga juga meminta dukungan dari pemerintah terkait pembuatan pupuk organik, yang memang saat ini agak sulit didapatkan.

Menurutnya produksi pertanian di Loa Ipuh Darat perlu terus ditingkatkan mengingat posisinya sangat dekat dengan IKN Nusantara dan Sekolah Polisi Negara (SPN).

“Begitu juga dengan kebutuhan alat pertanian modern yang juga diperlukan untuk memperbaiki kualitas pertanian di Kukar,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Bupati Kukar Terbitkan Surat Edaran : Idul Adha Tanpa Sampah Plastik

Pemerintah

Pemkab Kukar Targetkan 20 Ribu Petani dan Nelayan Produktif

Pemerintah

Bawaslu dan Diskominfo Kukar Gelar Rakor Persiapan Pemilu dan Pilkada 2024

Pemerintah

Gelar Rakerda, PKS Kukar Optimis Rebut Sembilan Kursi Legislatif

Pemerintah

18 Desa di Kukar Mengajukan Pemekaran Wilayah

Pemerintah

Bupati Harap Jembatan Long Penjalin Bisa Digunakan Sebelum Akhir Tahun

Pemerintah

Bansos yang Sempat Terkendala, akan Segera Tersalurkan

Pemerintah

Kukuhkan Kepala Adat di Tabang,Bupati Kukar Dukung Kelestarian Adat dan Budaya