Home / Pemerintah

Selasa, 29 Maret 2022 - 14:19 WIB

Dengarkan Persoalan Langsung dari Masyarakat, Ketua DPRD Kukar Lakukan Reses di Loa Ipuh Darat

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid, menggelar reses di Bukit Durian, Km 19 Kelurahan Loa Ipuh Darat, Tenggarong, pada Senin (28/3/2022).

Kegiatan ini dilakukan untuk mendengarkan beberapa persoalan yang disampaikan langsung oleh masyarakat. Diantaranya permintaan fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, dan peningkatan infrastruktur pertanian.

Abdul Rasid mengatakan keinginan masyarakat akan keberadaan TPA di Loa Ipuh Darat, didasari jauhnya lokasi mereka, dari pusat TPA Tenggarong yang ada di Bekotok, Kelurahan Loa Ipuh.

Rasid mengaku sudah memang sudah ada wacana pemindahan TPA yang diketahui selama ini mencakup Kecamatan Tenggarong, Kecamatan Tenggarong Seberang serta Kecamatan Loa Kulu.

Baca Juga :  Tingkatkan PADes, Desa Separi akan Benahi Potensi Pariwisata

Faktor ketidaklayakan, seperti dikelilingi pemukiman penduduk, hingga aroma tak sedap yang timbul ketika hujan turun menjadi salah satu pertimbangan pemindahan TPA.

“Kita memang ingin mendengar langsung usulan dari masyarakat ini. Tadi salah satunya memang adalah TPA yang tidak ada di Loa Ipuh Darat ini. Kita akan tindaklanjuti ini,” kata Rasid.

Selain itu, banyaknya lokasi eks-tambang pasca operasi di wilayah Loa Ipuh Darat, sehingga memungkinkan untuk dijadikan TPA.

Selain membahas TPA dalam reses tersebut juga membahas persoalan mekanisasi alat pertanian, yang mana saat ini mayoritas petani di Loa Ipuh Darat masih bertani secara tradisional.

Baca Juga :  Wabup Kukar Rendi Solihin Salurkan Bantuan kepada Petani di Muara Kaman

Sehingga hasil panen yang didapat jadi kurang maksimal. Warga juga meminta dukungan dari pemerintah terkait pembuatan pupuk organik, yang memang saat ini agak sulit didapatkan.

Menurutnya produksi pertanian di Loa Ipuh Darat perlu terus ditingkatkan mengingat posisinya sangat dekat dengan IKN Nusantara dan Sekolah Polisi Negara (SPN).

“Begitu juga dengan kebutuhan alat pertanian modern yang juga diperlukan untuk memperbaiki kualitas pertanian di Kukar,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Tingkatkan Literasi Siswa, Disdikbud Kukar Terapkan Pembelajaran yang Menyenangkan

Advertorial

Pemkab Kukar Salurkan Bantuan Sepeda Motor untuk Ketua RT

Advertorial

Pansus LKPJ DPRD Kaltim Menggelar Rapat Kerja Bersama Sejumlah OPD Pemprov

Advertorial

Bupati Kukar Pimpin Upacara May Day 2024, Ajak Seluruh Pihak Bersinergi Dukung Pembangunan

Advertorial

Wabup Kukar Buka Peringatan HUT ke-44 Kelurahan Sarijaya

Pemerintah

Disperindag Kukar Datangkan Puluhan Ribu Liter Minyak Goreng untuk Didistribusikan ke Masyarakat

Advertorial

Safari Subuh ke Kembang Janggut, Bupati Kukar : Mengaji akan Jadi Syarat Seleksi Jabatan

Advertorial

DPRD Kaltim Menggelar Rapat Paripurna dengan Agenda Membahas Pencabutan Dua Perda