Home / Advertorial / Infrastruktur / Pemerintah

Sabtu, 25 Maret 2023 - 16:19 WIB

Dua Desa di Kecamatan Muara Kaman akan Dialiri Listrik 24 jam Dalam Waktu Dekat

Arianto - Kepala DPMD Kukar

Arianto - Kepala DPMD Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) mengalokasikan anggaran sekitar Rp12 milliar, untuk pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal, di 2 desa padahan tahun 2023.

Pengadaan PLTS komunal tersebut merupakan realisasi dari program terang kampung ku, yang telah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

Kepala DPMD Kukar Arianto mengatakan, pengadaan PLTS komunal akan dilakukan di Desa Kupang Baru Dusun Nangka Bonang Desa Tunjungan dengan masing-masing anggaran sekitar Rp6 Milliar perdesa.

“Untuk realisasi program tersebut, saat ini prosesnya penyusunan APBDes atau perencanaan, setelah selesai penyusunan APBDes nanti kita koordinasikan dengan BPKAD akan segera ditransfer bertahap,” kata Arianto.

Baca Juga :  Pemkab Kukar Siap Mendukung SDN 010 Muara Jawa Sebagai Sekolah Percontohan

Ia menjelaskan pengerjaan pemasangan PLTS komunal diestimasikan sekitar 3  hingga 4 bulan bisa selesai. Untuk pengerjaan pemasangan tiang jaringan yang membutuhkan waktu 2 bulan.

Ia mengungkapakan, ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang belum teraliri listrik selama 24 jam.

“Mereka selama ini menggunakan listrik dari diesel pemerintah desa, yang hanya 12 jam saja. Dan yang menjadi keluhan juga beban bahan bakar, maka dari itu dibangun PLTS komunal,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Kukar Bersilaturahmi Bersama Jajaran Sempekat Keroan Kutai dan Pengurus Masjid

Ia berharap, dengan adanya sambungan PLTS komunal yang dapat mengaliri listrik 24 jam, masyarakat dengan nyaman melakukan aktivitasnya setiap saat.

Sejak tahun 2021 ada 6 unit yang sudah terpasang PLTS komunal, diantaranya 2 unit di Desa Enggelam, dan masing-masing 1 unit di Menamang Kiri dan Kanan. 4 unit PLTS tersebut bantuan dari Kemendes PDTT dan Pemprov Kaltim.

“Lalu 2 unitnya lagi tahun ini di Kupang Baru dan Nangka Bonang. Masih ada 1 desa lagi yang akan dipasang PLTS komunal yakni, Desa Liang Buaya. Nanti kita pasang di APBD Perubahan 2023,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Erau Adat Pelas Benua 2023 Resmi Dibuka, Usung Tema Semangat IKN Nusantara Menjaga Adat Dan Tradisi Budaya

Infrastruktur

Siapkan Sejumlah Skema, Bentuk Keseriusan Pemkab Kukar Tangani Perbaikan Jalan di Desa Tuana Tuha

Advertorial

Perhatikan Ribuan Tenaga Honorer, Pemkab Kutim Nikkan Gaji Hingga 50 Persen

Advertorial

Peringatan Hardiknas 2023, Ketua DPRD Kaltim Ajak Perdalam Filosofi Pengajar

Advertorial

Jabat Kalak BPBD Kukar yang Baru, Fida Hurasani Langsung Pimpin Apel Gelar Pasukan dan Cek Sarpras

Advertorial

DPRD Kaltim Menggelar Rapat Paripurna Membahas Raperda Pengarusutamaan Gender

Advertorial

Dispora Kukar Terus Upayakan Tingkatkan Sarparas Atlet Disabilitas

Advertorial

Kelurahan Maluhu akan Menggelar Perayaan HUT ke-53, Banyak Hiburan Bagi Masyarakat Disiapkan