Home / Advertorial / Pemerintah / Politik

Rabu, 16 Agustus 2023 - 11:26 WIB

Ketua DPRD Kukar Beri Perhatian Terhadap Musibah Longsor di Jembayan

Abdul Rasid - Ketua DPRD Kukar

Abdul Rasid - Ketua DPRD Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com –  Tanah longsor yang terjadi di bantaran Sungai Mahakam, tepatnya di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu mendapat perhatian dari Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Abdul Rasid.

Rasid mengatakan bahwa musibah ini perlu menjadi perhatian bersama, agar longsor tidak meluas dan memakan lebih banya korban.

“Mungkin menindaklanjuti apa yang disampaikan masyarakat kepada kami, bahwa terjadinya musibah tanah longsor yang ada di Jembayan tentunya ini perlu menjadi perhatian kita bersama Pemerintah Kabupaten Kukar,” ujar Rasid.

Ia mengungkapakan, rencana tanah longsor tersebut posisinya tepat berada di samping Jalan Poros Tenggarong-Loa Janan. Menurut informasi yang ia dapat, tanah yang berada di bawah jalan utama yang menghubungkan Tenggarong-Loa Janan tersebut tanahnya berongga atau kosong, sehingga masih rawan terjadi longsor.

Baca Juga :  Sekda Kukar Hadiri Sertijab Camat Muara Jawa, Harapkan Kemajuan Karena Masuk Kawasan OIKN

“Kemarin kita sempat sidak kesana, memang disampaikan warga bahwa di bawah dari pada jalan itu pada saat dilakukan pengeboran kosong,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, ia pun meminta agar dinas terkait yang ada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dapat menindaklanjutinya, karena kawasan tersebut menjadi kewenangan Pemprov Kaltim.

“Mudah-mudahan dinas terkait yang ada di provinsi secepatnya menindaklanjuti ini, supaya tidak terlalu banyak korban rumah yang ada disitu,” sebutnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kutim Dorong Maksimalkan Kerja Sama Antara Pemkab dan Legislatif Demi Kesejahteraan Masyarakat

Ia juga berharap agar pemerintah desa setempat segera berkoordinasi dengan Pemkab Kukar soal kondisi tanah usai terjadinya longsor tersebut. Sehingga, Pemkab Kukar bisa cepat mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi kejadian yang serupa.

“Kita koordinasikan dengan pemerintah daerah kalau memang benar disitu rawan longsor. Tentunya pemerintah daerah harus cepat mengambil tindakan, supaya tidak ada kejadian lagi yang seperti itu,” jelasnya.

Musibah tanah longsor yang terjadi di Dusun Margasari, Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar), pada Kamis (10/8/2023) lalu, menyebabkan satu bangunan rumah roboh. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Sekda Kukar Beri Pembekalan Taruna Akmil Tingkat IV yang Akan Mengikuti Pelatihan Latsitarda

Advertorial

Fraksi AKB DPRD Kutim Bacakan Raperda Ketertiban Umum

Infrastruktur

Pembangunan Landmark Ikon Baru di Kukar Sudah 40 Persen

Advertorial

Anggota DPRD Kukar yang Baru Resmi Dilantik, Jumiati Siap Menjalankan Tugas

Advertorial

Dinas PU Kukar Benahi Drainase di Sejumlah Desa dan Kelurahan di Tenggarong

Advertorial

Pemkab Kutim Akan Jalankan MPP dan UMKM Center pada Tahun 2024

Advertorial

Ikuti Donor Darah, Diskominfo Kukar Berpartisipasi Sukseskan PMI Idaman

Advertorial

DLHK Kukar Libatkan Seluruh Lapisan Melakukan Aksi World Cleanup Day