Home / Hukum - Kriminal / Pemerintah / Serba Serbi

Selasa, 14 Februari 2023 - 19:29 WIB

Minim Jumlah Prajurit, Kodim 0912 Kubar Tetap Maksimal Melayani Masyarakat Dua Kabupaten

Perayaan HUT ke-14 Kodim 0912 Kubar

Perayaan HUT ke-14 Kodim 0912 Kubar

KUTAI BARAT, eksposisi.com – Komandan Kodim (Dandim) 0912 Kutai barat (Kubar) Letkol Kav Yudi Prasetyo mengungkapkan jumlah prajurit TNI yang bertugas di wilayah Kodim 0912 sebanyak 240 orang.

Sedangkan Kodim 0912 Kubar harus melayani 2 kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu) yang ada di wilayah perbatasan Indonesia Malaysia.

Yudi menerangkan jumlah personelnya sekitar 51% dari jumlah maksimal ini tidak menjadi hambatan untuk melayani masyarakat.

“Jadi setiap Kodim itu berbeda-beda dan tergantung jumlah kampung dan kecamatan, sekarang jumlah personel 240 dan sekitar 51% dan maksimalnya 450 personil, tapi kita sudah berusaha untuk mengajukan tambahan,” ungkap Dandim saat merayakan HUT ke-14 Kodim 0912 Kubar, pada Selasa (14/2/2023)

Baca Juga :  Desa Giri Agung Tawarkan Konsep Wisata Menarik di Bukit Tak Berpenghuni

Menurut Yudi prinsip kerja harus dimaksimalkan dalam melayani masyarakat mulai dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) sampai ke jajaran tertinggi.

“Jadi misalnya seorang Babinsa dia mampu melakukan bisa mengajari masyarakat bercocok tanam mengajari anak sekolah untuk mungkin membaca mengajari misalnya ibu-ibu membuat kain dan lain sebagainya. meskipun hanya satu orang tapi dia punya kapabilitas mungkin melebihi dari kekuatan dua atau tiga orang itu yang kita harapkan,” jelasnya.

Dia menjabarkan sesuai dengan undang-undang TNI nomor 34 selain melakukan operasi militer perang, TNI juga bertugas membantu kepolisian dan pemerintah daerah, terutama menjaga stabilitas keamananan.

Baca Juga :  Terhambatnya Program Sapras di Sejumlah Sekolah di Kutim Dapat Sorotan Anggota DPRD

“Intinya menjaga stabilitas keamanan di wilayah kemudian sinergitas kita dengan kepolisian dan pemerintah untuk mewujudkan pertahanan dan keamanan yang baik dan solid,” tegasnya.

Ia mengintruksikan jajarannya untuk mendeteksi secara dini setiap gangguan kamtibmas, baikĀ  tindakan kriminal maupun pihak yang membahayakan keamanan danĀ  kedaulatan negara.

“Sebelum itu terjadi kita optimalkan yang ada, jadi prinsip kerja personil boleh kurang tapi kualitas tugas dua kali lipat,” tutupnya. (kbr)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Rencana Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Sejumlah Tempat Dapat Dukungan Anggota DPRD Kutim

Advertorial

SDN 001 Tenggarong Rutin Melakukan Kegiatan P5 Pada Akhir Pekan Sebagai Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar

Pemerintah

Kemenag Kukar Tentukan Kadar Zakat Fitrah

Advertorial

Sebulan Dibuka Objek Wisata Pulau Kumala Hasilkan Omzet Rp70 Juta

Pemerintah

AHY Resmi Dilantik Sebagai Menteri ATR BPN Gantikan Hadi Tjahjanto

Advertorial

Peningkatan Infrastruktur Jalan Terus Dilakukan Pemkab Kukar, 14 Desa di Sebulu Turut Disasar

Serba Serbi

Keluarga Bubuhan Banjar Se-Dunia Gelar Pra Kongres di Balikpapan

Advertorial

Kabupaten Kutim Meraih Penghargaan Kota Layak Anak, Anggota DPRD Minta Tetap Perhatikan Hak Anak-anak