Home / Pemerintah / Pendidikan-Kesehatan

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:17 WIB

Otorita IKN Menggelar Perkemahan Tentang Konservasi Alam Libatkan Ratusan Pelajar

Suasana perkemahan yang digelar Otorita IKN

Suasana perkemahan yang digelar Otorita IKN

KALIMANTAN TIMUR, eksposisi.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyelenggarakan Kemah Konservasi pada 18-20 Agustus 2023 di Kawasan Bukit Bangkirai, Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) dengan melibatkan ratusan pelajar dari berbagai daerah.

Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air Otorita IKN Pungky Widiaryanto, melalui rilis mengungkapkan, acara ini bertujuan untuk mengajak generasi muda meningkatkan kesadaran akan pentingnya mewujudkan IKN sebagai kota hutan.

Selama Kemah Konservasi, para pelajar SMP dan SMA tersebut diberikan bekal sedari dini, supaya mereka mengenal konsep IKN untuk senantiasa melestarikan alam, pembangunan yang serasi dengan alam, dan konservasi keanekaragaman hayati.

Pemahaman tentang konservasi alam sangat penting untuk dikenalkan ke generasi muda, karena mereka akan menjadi tulang punggung IKN ke depannya.

Baca Juga :  Pemuda di Kelurahan Maluhu Memanfaatkan Teknologi Berinovasi Kelola Lahan Sempit Untuk Bertani

“Para generasi muda inilah yang akan melanjutkan pembangunan IKN, dan mereka yang akan menjadi penggerak, sehingga mulai sekarang mereka harus dikenalkan dengan konsep konservasi dan hal lain terkait IKN,” kata Pungky Widiaryanto.

Pada hari pertama, para peserta yang berasal dari berbagai sekolah dari, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kukar, dan Kutai Barat (Kubar) mulai mendirikan tenda di lapangan kemah Bukit Bangkirai.

Kemah konservasi diikuti oleh siswa dan siswi dari SMP Negeri 2 PPU, SMP Negeri 6 PPU, SMA Negeri 3 PPU, SMK Negeri 1 PPU, SMK Negeri 6 PPU, SMP Negeri 1 Samboja, SMP Negeri 7 Samboja, SMP Al-Hayat Samboja, SMP Duta Terpadu Samboja, dan MTs Darun Nafi Samboja.

Baca Juga :  Sinergikan Program Prioritas, DLHK Kukar Menggelar Forum Perangkat Daerah

Kemudian dari SMA Negeri 1 Samboja, SMA Negeri 2 Samboja, SMK Negeri 1 Samboja, SMK Duta Bangsa Samboja, SMK Al Jabar Nur, SMK Pesisir Samboja, MA Nuruddin Samboja, MTs Negeri 4 Kutai Kertanegara, dan SMA Negeri 1 Jempang.

Selama tiga hari kegiatan, para peserta diajarkan pentingnya hidup berdampingan bersama satwa liar dan melestarikan hutan di IKN dan sekitarnya.

“Setelah mengikuti kemah konservasi, para peserta diharapkan dapat menjadi duta konservasi yang dapat menularkan kepedulian, pengetahuan, dan kapasitas generasi muda terhadap kelestarian lingkungan hidup,” pungkasnya. (adm)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Asisten I Setkab Kukar Membuka Kegiatan Peningkatan Berbahasa dan Bersastra Daerah

Advertorial

Lurah Maluhu Terima Kunjungan Kepala Desa Jantur, Tukar Informasi Terkait Program Karang Taruna

Advertorial

Pansus DPRD Kaltim Telah Mermpungkan Naskah Raperda Tratibumlinmas

Advertorial

Bankeu Kukar 2023 Direalisasikan Untuk Tiga Sub Kegiatan Infrastruktur di Daerah

Advertorial

Sekda Resmi Menutup MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Kukar di Kota Bangun Darat

Pemerintah

Bupati Bisa Ajukan Raperda di Luar Propemperda, DPRD Kukar Setujui Melalui Sidang Paripurna

Advertorial

DP3A Kukar Bakal Hadirkan Pusat Pelayanan Khusus Perempuan dan Anak Korban Kekerasan

Advertorial

Jelang Pemilu 2024, DP3A Kukar dan DKP3A Kaltim Menggelar Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula