Home / Pemerintah

Senin, 6 Desember 2021 - 14:17 WIB

Pemkab Kukar Hibahkan Tanah Untuk BPS

EKSPOSISI.COM, KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghadiri penyerahan hibah tanah Pemkab Kukar kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar, sekaligus pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kukar, di Halaman Kantor BPS Kukar, Senin (6/12/2021).

Rangkaian kegiatan itu diawali deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas BPS Kukar menuju WBK dan WBBM oleh seluruh pegawai BPS Kukar. Piagam pencanangannya ditandatangani saat itu oleh Kepala BPS Kukar Srie Sis Sugianto disaksikan para tamu undangan yang hadir.

Kemudian Penandatangan berita acara serah terima hibah daerah antara Bupati Kukar Edi Damansyah dan Sekda Kukar Sunggono dengan Kepala BPS Kukar.

Baca Juga :  Tumpukan Gulma yang Terseret Arus Sungai Mahakam Robohkan Tiang Listrik

Edi mengatakan, secara administratif proses hibah tanah sudah dilakukan dan ditandatangani, baik Bupati maupun Sekda. Secara defaktonya, tanah ini sudah dimanfaatkan oleh kantor BPS Kukar beserta rumah dinasnya.

“Kami berharap aset ini, karena semuanya telah beralih ke badan statistik pemanfaatannya, agar tetap dilakukan sebagaimana permohonan hibah ini,” harapnya.

Pemkab Kukar saat ini terus berbenah diri, khususnya untuk membenahi neraca aset daerah. Karena kebijakan Pemkab terkait aset-aset daerah yang selama ini telah dimanfaatkan oleh instansi vertikal, semuanya telah dihibahkan dan tidak tercatat lagi di neraca Kabupaten Kukar.

“Ini kami lakukan, karena kebijakan kelembagaan kementerian maupun instansi yang ada di daerah, itu sedang melakukan penertiban aset,” ujarnya.

Baca Juga :  Dishub Kukar Tertibkan Truk yang Mengantre di SPBU Tenggarong

Terkait pembentukan zona integritas menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah, itu merupakan upaya konkrit untuk mengawal komitmen jajaran instansi pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas dan berintegritas.

Pencanangan BPS Kukar sebagai zona integritas WBK dan WBBM adalah langkah maju yang harus terus dilakukan sebagai bentuk respon ekspektasi masyarakat terhadap kinerja pemerintahan yang lebih baik. Atas nama Pemkab Kukar, Edi mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada BPS Kukar atas langkah positif yang telah dilakukan.

“Mengingat komitmen dalam membangun integritas berarti membangun sistem, membangun manusia, dan membangun budaya, yang tentunya akan berimbas pada proses pembangunan Kukar yang lebih baik,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Bupati Kukar Ingin Kawasan Pertanian Menggunakan Konsep Mekanisasi Penuh

Pemerintah

Dishub Kukar Tertibkan Truk yang Mengantre di SPBU Tenggarong

Pemerintah

DPRD Kukar Gelar RDP Cari Solusi Sikapi Kelangkaan Minyak Goreng

Pemerintah

Hingga Hari Terakhir 4.000 Lebih Pendaftar Beasiswa Kukar Idaman

Pemerintah

18 Desa di Kukar Mengajukan Pemekaran Wilayah

Pemerintah

Ngapeh Hambat : Birokrasi dan ASN Kunci Keberhasilan “Kukar IDAMAN”

Pemerintah

6 Negara dan 11 Provinsi di Indonesia akan Ramaikan TIFAF 2022

Pemerintah

Bupati Kukar Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Kepada Warga Samboja